Biar Nggak Dilaporin Polisi dan Bermasalah dengan Hukum, Mending Nagih Hutang ke Teman Pakai Cara-cara Ini Aja

Nagih hutang ke teman

Belakangan ini, jagad dunia maya baru saja dikejutkan oleh pemberitaan media tentang hebohnya kasus seorang perempuan yang menagih hutang ke istri Komisaris Besar polisi namun berujung dipidanakan. Hal ini tentunya membuat kita semua berpikir berkali-kali, kok bisa-bisanya ya nagih haknya sendiri malah jadi disalahin? Sebenarnya kejadian seperti ini pun bukan hanya sekali dua kali terjadi, ngasih hutangan ke teman, tapi giliran ditagih malah lebih susah.

Advertisement

Apalagi ditambah sekarang dengan adanya undang-undang ITE yang dianggap sebagai pasal karet dan bisa menyasar siapapun secara tidak masuk akal. Niat hati ingin haknya sendiri kembali, namun di mata hukum bisa jadi salah kaprah. Makanya, di zaman sekarang ini perlu cara-cara pinter buat nagih ke temen biar kamu nggak berakhir dipenjara. Simak deh~

1. Hindari memviralkan kasus hutang-piutang yang kamu alami melalui media sosial, apalagi sampai menyebarkan percakapan antara kamu dengan temanmu. Cukup bikin status sindiran aja kalau dirasa udah mengganjal banget

Hindari tagih hutang lewat medsos via www.kompas.tv

Nggak bisa dimungkiri lagi bahwa saat ini media sosial mempunyai banyak peran dalam berbagai hal, terlebih dalam kasus seperti ini. Nggak sedikit orang yang akhirnya melakukan blow up terkait kasus yang tengah dialaminya melalui media sosial karena udah benar-benar jengah. Tapi kamu harus tahu bahwa UU ITE yang ada sekarang ini, pelaksanaannya malah bisa membahayakan dirimu sendiri meski sebenarnya kamu memiliki posisi sebagai korban. Cara mengakalinya nggak terlalu sulit kok, kamu cukup membuat status sendiran tentang temanmu yang nggak segera membayar hutang tanpa harus menyebut namanya. Nanti kalau sadar juga dia bakal merasa nggak enak pasti.

2. Pura-pura buka percakapan ke temanmu yang punya hutang, ngeluh aja kalau kamu pengen beli sesuatu tapi lagi miskin banget. Kalau dia nggak ngerasa sih kebangetan!

Pura-pura curhat via parenting.orami.co.id

“Eh, aku tuh sebenarnya lagi pengen beli itu tuh lo, tapi pusing bener kalau nggak ada duit gini. Mana gajian masih lama banget”

Advertisement

Anggap aja kamu berlagak lupa bahwa yang kamu ajakin ngobrol itu adalah temanmu yang punya hutang. Jangan lupa sambil pasang muka semelas mungkin biar dia makin berasa ditonjok ulu hatinya. Tujuannya sih biar dia sadar bahwa kita saat ini nggak pegang duit itu ya karena duitnya udah dihutangin semuanya ke dia. Tapi kalau masih nggak sadar juga, kayaknya memang nggak ada akhlak deh 🙁

3. Sindir aja dengan halus ketika udah masuk tanggal gajian. Apalagi dia kelihatan seneng banget. Langsung tancap gas bilang, “Cieeee seneng banget nih kayaknya udah tanggal muda, gajian dong~”

Beri sindiran halus via www.euronews.com

Orang kalau udah punya hutang itu terkadang tingkat reseknya naik begitu drastis, pokoknya mendadak lupa kalau dia masih punya beban tanggungan mengembalikan hak milik orang lain. Udah gitu kadang masih nggak tahu malu pula kelihatan seneng-seneng dan foya-foya di depan temannya yang dihutangin. Cara yang satu ini bisa dinilai efektif banget sih. Kamu cukup memberikan sindiran halus ketika tanggal muda datang. pasti mau nggak mau dia bakal tertohok dengan kalimat tersebut dan sadar kalau ada hutang yang belum dibayarnya.

4. Masih juga nggak mempan? Coba deh bilang langsung sama orang tuanya. Dijamin telak banget!

Obrolin sama orangtuanya via mom.com

Jika beberapa cara di atas tadi masih juga dirasa kurang mempan dan nggak ada pengaruhnya sama sekali, kamu bisa menggunakan cara yang agak ‘keras’ satu ini. Lagian sih ditagih baik-baik nggak pernah diperhatikan, giliran disindir terus malah sukanya playing victim. Cara yang satu ini udah paling bener sih digunakan untuk menghadapi orang-orang bebal. Langsung aja kamu bilang ke orang tuanya kalau anak mereka punya hutang sama kamu yang belum dibayar. Malu nggak tuh~

Advertisement

5. Langkah terakhir kalau udah benar-benar mentok dan bingung mau gimana lagi, gantian aja pinjem uang balik sama mereka

Gantian pinjam uang via www.purewow.com

Cara yang satu ini bisa kamu terapkan sebagai langkah pamungkas alias langkah terakhir. Nggak sedikit kok teman yang mendadak berubah jadi bebal kalau punya hutang dan nggak kunjung membayarnya. Maka dari itu, kamu nggak perlu repot-repot harus nyindir ini-itu karena bakal bikin capek sendiri. Langsung aja gantian pinjam uang ke mereka sambil bilang kalau kamu lagi kesusahan finansial.

Terkadang cuma gara-gara masalah uang, pertemanan bisa benar-benar hancur. Makanya kamu kudu pinter-pinter mengelola masalah keuangan jika sama sahabat sendiri. Kamu juga perlu tahu, ngasih hutangan sama teman dekat itu urusannya lebih ribet dibandingkan dengan orang lain yang bukan teman dekat.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE