7 Cara Membedakan Nanas Madu dengan Nanas Biasa. Nggak Cukup Dibuktikan dengan Manisnya Saja

Nanas madu

Tinggal di negara tropis ternyata cukup menguntungkan lo! Kamu jadi bisa menikmati buah tropis seperti nanas di setiap waktunya. Sama dengan buah lainnya, nanas memiliki banyak varietas yang menarik untuk dicoba. Dari sekian banyak varietas nanas, nanas madu lumayan banyak peminatnya. Konon katanya karena rasa nanas madu ini lebih manis daripada nanas biasa. Benar nggak, ya?

Advertisement

Rasa manis nanas madu memang sudah terkenal. Tapi kamu juga perlu hati-hati, karena mitosnya nanas madu bisa gugurin kandungan. Itulah kenapa kamu perlu memperhatikan efek samping nanas madu saat mengonsumsinya. Terlepas dari itu, cermati juga nanas madu yang dibeli, sebab beberapa orang kerap keliru mengambil nanas biasa. Berikut perbedaan nanas madu dan nanas biasa yang bisa dijadikan patokan saat membeli.

1. Kalau diperhatikan dengan saksama, ukuran nanas madu biasanya lebih besar dan gendut

ukuran nanas madu lebih besar | Foto oleh Deden Dicky Ramdhani dari Pexels via Foto%20oleh%20Deden%20Dicky%20Ramdhani%20dari%20Pexels

Kalau dilihat sekilas, kelihatannya sama saja. Tapi jika diperhatikan betul, ukuran nanas madu biasanya lebih gendut dan besar, apalagi untuk jenis nanas madu jumbo. Jadi, pilihlah nanas yang ukurannya paling besar. Bahkan bintik-bintiknya pun akan kelihatan lebih menonjol daripada nanas biasanya. Kalau ragu, bisa minta penjual untuk menimbangnya. Bedakan dari segi harganya juga. Harusnya sih harga nanas madu lebih mahal daripada nanas biasa, meski cuma beda 3 sampai 5 ribu.

2. Coba sentil nanas madu yang mau dibeli. Kalau bunyinya cukup nyaring, berarti ini benar-benar nanas madu, bukan nanas biasa

kalau disentil nyaring bunyinya | Photo by Joseph Almendarez on Pixy via pixy.org

Menurut beberapa pelaku budidaya nanas madu, buah ini akan mengeluarkan suara cukup nyaring saat disentil. Coba tekuk telunjuk jari tanganmu lalu sentilkan ke nanas madu. Kalau nanas mengeluarkan suara seperti sentilan telunjuk ke punggung, bisa dibilang ini nanas madu. Prinsipnya sama dengan semangka, makin nyaring bunyinya, maka makin manis pula daging buahnya, begitu kata para petani nanas madu.

Advertisement

3. Jika dicermati betul, warna kulit dan daging buah nanas madu sunpride beda dengan nanas biasanya

warna nanas madu matang hijau kekuningan | Gambar oleh Daniel Dan outsideclick dari Pixabay via pixabay.com

Nanas madu yang sudah matang warna kulitnya akan cenderung hijau kekuningan. Pada dasarnya, makin kuning kulit nanas, makin manis pula rasanya. Jadi, kalau memang mesti memilih nanas dalam kondisi yang belum dikupas, lebih baik pilih yang warnanya hijau kekuningan saja, jangan yang hijau terang lo, ya!

Namun jika nanas sudah dikupas, pilih yang warna dagingnya kuning tapi kelihatan cerah serta memiliki bintik yang tak begitu kelihatan. Biasanya, nanas yang seperti ini cenderung lebih manis.

4. Bicara soal mata pada nanas madu, ternyata ini dapat juga dimanfaatkan untuk membedakannya dengan jenis nanas biasa

Advertisement

lebih menonjol matanya | Credit: pxhere via pxhere.com

Nanas madu yang sudah matang ukuran matanya cenderung lebih besar daripada nanas biasa. Kalau diraba, biasanya teksturnya pun akan lebih menonjol tapi terasa lebih lembut. Kalau takut keliru membeli nanas madu dengan nanas biasa, lebih baik pilih yang belum dikupas lalu cek matanya. Sebab jika nanas sudah dikupas, tentu kamu akan kesulitan membedakannya.

Kalau memang nggak memungkinkan untuk mengupasnya, setelah memilih, barulah minta pembeli untuk mengupaskannya untukmu. Jaga-jaga, nggak apa-apa lo!

6. Aroma nanas madu, terutama nanas madu Subang ternyata agak beda dari nasi biasanya. Perbedaan ini bisa dimanfaatkan saat membelinya

baunya manis dan segar | credit: needpix via www.needpix.com

Tentu kamu tak akan bisa membedakan mana nanas madu asli atau biasa jika hanya melihat gambar nanas madu saja. Meski diraba, dicek warna, dan cium baunya. Nanas madu yang sudah matang akan mengeluarkan bau harum khas buah yang lebih manis dan fruity. Hindari membeli nanas madu Subang atau nanas madu Palembang yang aromanya asam atau seperti difermentasikan, karena bisa jadi ini bukan nanas madu atau nanas madu yang hampir busuk.

7. Terakhir, rasa nanas madu tentu berbeda daripada nanas biasanya. Jauh lebih manis dan segar~

rasanya lebih manis | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via www.pexels.com

Sebagai pecinta nanas madu, tentu kamu tahu kalau buah tropis ini memiliki rasa yang jauh lebih manis daripada nanas biasanya. Tak ada cara lain untuk mengetahui kebenaran nanas madu dari segi rasa selain dengan mencobanya. Usahakan membeli nanas madu di tempat yang sekiranya mengizinkanmu untuk mencicipi. Pastikan kamu memilih nanas madu sendiri dan jangan tergoda oleh pilihan penjual, supaya benar-benar tahu letak perbedaan rasanya. Meski lebih manis, nanas madu kalorinya sama dengan nanas biasa kok. Kamu yang lagi diet nggak perlu khawatir!

Selain dimakan  langsung, nanas madu juga bisa diolah menjadi jus, rujak, atau bahkan selai buah. Pastikan kamu memilih nanas madu yang benar dan sudah masak supaya bisa mendapatkan rasa manis segar yang pas.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE