Waktu sudah memasuki pertengahan Desember. Sebelum berganti tahun, umat Kristiani pasti sangat bersuka-cita menantikan Hari Raya Natal. Ya, Natal merupakan momen spesial yang mesti dirayakan dengan riang dan gembira. Namun, bagi para perantau seperti anak kost, terkadang ada saja momen kurang beruntung di mana kamu tidak bisa pulang saat Natal. Padahal merayakan Natal yang paling khidmat tentu saja makan malam bersama keluarga di rumah dan saling bertukar kado.

Malam indah Natal bersama keluarga di rumah nggak bisa dilepaskan dari dekorasi pernak-pernik rumah yang membuat suasana semakin syahdu. Untukmu yang mengalami hal ini jangan berkecil hati apalagi bermuram durja. Kamu bisa kok menyiasatinya dengan mendekor kamarmu seperti ruang tamu rumahmu saat Natal tiba. Nggak perlu takut keluar uang banyak, cukup dengan barang-barang murah ini suasana kamar kosmu indah seperti merayakan Natal di rumah.

1. Pencahayaan ruangan yang remang membantumu menciptakan suasana yang syahdu. Kamu bisa membeli lampu seperti di bawah ini

Murah meriah via www.loversiq.com

Advertisement

Pencahayaan yang remang dan momen untuk berbicang adalah hal yang kamu idam-idamkan. Nah, untuk mengganti momen itu karena nggak bisa pulang, kamu bisa menciptakannya dengan membeli lampu tidur ini. Harganya murah, lho. Cukup mengeluarkan uang sekitar 35 ribu rupiah, kamu bisa membuat pencahayaan ruangmu menjadi syahdu. Dan, untuk mengobati rasa rindu akan keluarga dan rumah, kamu bisa menggantung foto-foto keluargamu pada rangkaian lampu tersebut.

2. Untuk menambah kesan hari Natal, nggak ada salahnya kamu menghias dindingmu kamarmu dengan pernak-pernik huruf ini

Selamat Natal via www.membuatbunga.ga

Selain pencahayaan pernak-pernik dinding yang hampir selalu ada dirumah adalah hiasan ucapan selamat Natal. Nggak perlu bingung dengan urusan kantong, hiasan itu nggak mahal-mahal banget, kok. Setidaknya kamu menghabiskan uang kurang dari 50 ribu rupiah untuk mempercantik ruanganmu. Kalau nggak bisa beli, kamu bisa buat sendiri.

3. Kudapan manis di malam Natal bisa membuat momen dan suasana kamar kosmu seperti dirumah sendiri. Masak bersama teman atau pacarmu biar lebih irit 😀

Kudapan manis via www.village-bakery.com

Momen khidmat yang selalu ditunggu adalah saat menghabiskan malam dengan makan bersama keluarga. Entah itu makan besar atau pun cuma kudapan-kudapan kecil. Untuk kamu yang hobi memasak, kamu bisa mengobati rasa rindumu akan suasana itu dengan membuat kudapan sendiri. Pasti bisa lah kalau cuma kue doang 😀 hehe. Nah, untuk memperirit budget ajak pacar kamu untuk membuat kue bersama.

4. Menghadirkan pohon Natal memang cukup menguras saku, tapi kamu bisa menyiasatinya dengan kreativitasmu. Manfaatkan barang-barang yang sudah tak terpakai

Do It Yourself via news.lewatmana.com

Advertisement

Untuk mengganti pohon Natal yang harganya memang susah terjangkau oleh isi dompetmu. Kamu bisa memanfaatkan benda-benda nggak dipakai di sekitarmu. 1) Kamu bisa menggunakan koran-koran bekas yang telah selesai kamu baca, 2) Kamu bisa memanfaatkan ranting-ranting pohon yang tumbang di halaman depan kos, 3) Kalau suka baca kamu bisa berkreasi dengan menumpuk buku-buku menjadi sebuah pohon cemara.

Tentu saja ketiga model tersebut hanya sebagai contoh saja. Tentu kamu punya imajinasi dan kreatifitas yang lebih baik untuk menghasilkan pohon natal yang lebih menarik. Dan kalaupun kehabisa ide,  kamu bisa mencarinya di Google. Di sana tersedia apa saja.

5. Setelah pohon Natalmu jadi, percantik dengan hiasan kecil-kecil biar semakin lucu

Pernak-pernik cantik via www.prakticideas.com

Ketika kamu sudah membuat pohon Natal. Jangan lupa menghiasnya dengan pernak-pernik cantik yang bisa membuat DIY pohon natalmu semakin menarik. Untuk pernak-pernik ini kamu nggak perlu biaya lagi, cukup manfaatkan kreativitasmu dengan barang-barang alakadarnya.

6. Kalau sepi masih menghampirimu, kamu bisa ajak teman-teman kosmu untuk bertukar kado biar makin seru

Tukeran kado via www.bintang.com

Meski nggak wajib tapi tukeran kado bisa membawamu semakin larut dalam semarak Natal. Kalau di rumah ada ayah, ibu, kakak, adik nenek dan lainnya, di perantauan kamu bisa bersepakat dengan teman-temanmu untuk bertukar kado di malam Natal. Nggak perlu bingung memberikan kado apa, nggak perlu minder juga dengan kado yang sederhana. Asal kamu tulus memberikannya temanmu akan menerima apa adanya. Supaya lebih adil, bisa kamu tentukan harganya misalnya maksimal 50ribu.

7. Biar semakin nyaman, bersih dan rapikan kamarmu, ganti sprei, sarung bantal dan selimutmu dengan warna merah khas Natal

Warna-warna khas natal via builddailys.com

Membersihkan dan merapikan kamar merupakan hal wajib yang harus kamu lakukan. Mengganti sprei dan selimut dengan warna merah khas Natal bisa sedikit membangun suasana. Selain karena ruangan yang bersih dan rapi membawa suasana tenang, membersihkan kamar merupakan bentuk ‘penghormatan’ spesial kepada malam raya Natal. Masa malam Natal sama malam basa nggak ada bedanya? Harus ada bedanya dong, kan malam spesial.

8. Menonton film-film Natal bisa menjadi alternatif kalau kamu bosan

Menonton film Natal bisa membuat natalmu semakin berasa. Kalau di rumah kamu biasa menonton dengan sanak saudaramu, namun di rantauan kamu bisa mengajak teman kosmu untuk menonton film bersama. Jadi sebelumnya kamu harus menyiapkan terlebih dahulu film-film yang bisa menemani malam natalmu. Film-film seperti Home Alone (1990), The Polar Express (2004), Elf (2003), dan lain sebagainya.

Ya, itulah tadi sedikit trik untuk menyiasati kesedihanmu tidak bisa pulang dan bersua dengan keluarga di rumah. Nggak perlu mengeluarkan biaya yang mahal, siapkan budget minimal 100 ribu rupiah dan sedikit kreativitas. Mumpung masih ada waktu, hal-hal itu masih bisa dipersiapkan sebelum Natal tiba. Tapi yang paling penting adalah jangan lupa untuk menelpon ayah-ibu saat malam Natal nanti. Percayalah itu adalah cara ampuh untuk mengobati rasa rindumu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya