6 Trik Nggak Gampang Haus Saat Berpuasa di Tengah Cuaca Terik. Bakal Fresh Terus Sampai Magrib

Nggak gampang haus saat puasa

Saat puasa, menahan haus jauh lebih sulit dibandingkan menahan lapar. Padahal, kalau sudah haus, badan jadi gampang lemas dan memicu sakit kepala. Haus bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti halnya melakukan aktivitas berat saat cuaca terik atau mengonsumsi sembarang makanan saat sahur.

Advertisement

Supaya puasanya lancar dan nggak pakai drama-dramaan, kendalikan rasa hausmu selama puasa agar tak menyebabkan dehidrasi serius. Berikut beberapa triknya ala Hipwee Tips.

1. Cukupi konsumsi air putih dengan tertib saat berbuka hingga menjelang sahur

cukupi kebutuhan air putih via www.stocksy.com

Meski sedang puasa, kamu tetap harus minum delapan gelas air sehari agar tubuh tetap terhidrasi. Terapkan aturan minum sebagai berikut; dua gelas saat sahur, dua gelas ketika berbuka, dan empat gelas pada malam hari. Di jeda waktu setelah berbuka hingga mau tidur, usahakan untuk minum air putih satu gelas tiap sejam sekali.

2. Kurangi konsumsi minuman berkafein saat sahur, bikin dehidrasi, tahu~

hindari minuman berkafein via www.saibumi.com

Minuman berkafein ternyata bisa meningkatkan sekresi urine atau buang air kecil. Akibatnya, tubuh pun jadi lebih gampang haus atau bahkan dehidrasi. Minuman berkafein ini nggak cuma ada di kopi saja, bahkan teh juga lo. Boleh-boleh aja, tapi dibatasi, ya. Banyakin air putihnya aja.

Advertisement

3. Hindari mengonsumsi makanan asin dan pedas saat sahur maupun berbuka

hindari makanan asin dan pedas via www.mashed.com

Jenis makanan ini ternyata bisa menarik banyak cairan dalam tubuh, sehingga kita gampang merasa haus. Melansir laman Kompas, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menganjurkan kita untuk membatasi konsumsi sodium atau yang mengandung garam sebanyak 2.400 miligram atau setara 1 sendok teh garam per hari.

4. Jagalah suhu tubuh agar tetap normal

jaga suhu tubuh via well.blogs.nytimes.com

Kalau cuaca mulai panas dan suhu tubuh naik, cobalah berbaring di lantai tanpa alas. Selain itu, usahakan untuk nggak melakukan aktivitas berintensitas tinggi di luar ruangan. Pastikan kamu memakai baju yang nyaman dan dingin agar tak gampang berkeringat.

5. Perhatikan waktu dan instensitas berolahraga saat sedang berpuasa

olahraga ringan saja via hellosehat.com

Olahraga saat puasa dapat membuat tubuh lebih bugar. Meski begitu, ada hal yang harus diperhatikan supaya kamu nggak mengalami dehidrasi. Misalnya, seperti melakukan olahraga ringan saja, joging atau senam mungkin. Selain itu, lakukan olahraga selama 30 hingga 60 menit menjelang waktu berbuka agar asupan energi bisa langsung dipulihkan.

Advertisement

6. Lakukan kompres dingin di leher dan pergelangan tangan setelah melakukan aktivitas berat dan mengeluarkan keringat

tempel es batu di leher via palembang.tribunnews.com

Kamu bisa menaruh es batu di dalam handuk tipis, kemudian taruh di leher atau pergelangan tangan selama dua menit. Jika diletakkan pada area pembuluh darah yang tepat, cara ini bisa bantu mentransfer dingin ke seluruh tubuh.

Memang sulit rasanya untuk nggak merasa haus ketika berpuasa. Apalagi di bulan Ramadan ini cuaca sedang terik-teriknya. Makanya, biar nggak mengalami dehidrasi, coba lakukan beberapa cara di atas, ya!

Yuk, terus tambah kebaikanmu di bulan ramadan ini bersama Hipwee! Jangan lupa kunjungi halaman #RamadanDirumah ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE