Tentang OCD, Gangguan Mental yang Diderita Aliando Syarif

Pengakuan jujur aktor muda ini cukup mengejutkan banyak orang

Aliando Syarief, aktor tampan yang melejit namanya setelah membintangi sinetron Ganteng-Ganteng Serigala, baru saja membuat pengakuan yang cukup mengejutkan. Ketika mengadakan live Instagram tanggal 27 Januari ini, Aliando berbagi cerita bahwa dirinya sedang terkena musibah karena didiagnosis memiliki OCD atau Obsessive Compulsive Disorder yang ekstrem.

Advertisement

Cerita itu sedikit banyak juga menjelaskan kenapa Aliando Syarief memang jarang terlihat di depan publik selama dua tahun terakhir. Aliando pun menjelaskan lebih jauh, bahwa gangguan OCD yang ia derita cukup mengganggu sampai menghentikan beberapa proyek lagu yang sebenarnya sedang dikerjakan. Maka dari itu, ia kini sedang fokus terapi dan memulihkan diri.

Selain bersimpati dengan perjuangan Aliando, banyak orang juga penasaran dengan jenis gangguan mental OCD.

OCD adalah gangguan mental yang sebabkan pemikiran yang terus berulang dan sulit dikendalikan (obsesif) serta dorongan untuk melakukan sesuatu secara terus menerus (kompulsif)

Aliando Syarief OCD

Bisa ada orang yang obsesif atau kompulsif saja, ada yang keduanya | Credit: Instagram @aliandooo

Dilansir dari lama WebMD, Obsessive Compulsive Disorder adalah jenis gangguan mental yang menyebabkan penderitanya untuk terus memiliki pemikiran tertentu yang berulang sampai level obsesi (obsesif) dan dorongan untuk melakukan suatu hal secara berulang (kompulsif).

Advertisement

Penderita OCD seringkali merasa tidak punya kontrol terhadap apa yang mereka pikirkan atau lakukan. Meskipun tidak menikmati atau menyukainya, mereka tidak kuasa untuk menghentikan pemikiran atau tindakan yang berulang tersebut. Sampai akhirnya proses pengulangan itu mengganggu kehidupan mereka secara fundamental.

Mirip dengan deskripsi Aliando yang bercerita bahwa dia seperti harus berantem melawan pikirannya sendiri. Atau bagaimana ia sering tidak fokus karena pikiran dan otaknya tidak sinkron.

Baca konten menarik seputar inner child: Belajar Menyembuhkan Luka Masa Kecil Lewat Tokoh K-Drama Our Beloved Summer

Advertisement

Ada banyak tipe dan gejala OCD, tapi kalau ditarik garis besarnya, ada 4 penggolongan

Ciri OCD

Salah satu ciri penderita OCD yang terobsesi dengan kebersihan | Photo by CDC on Unsplash

Masih dilansir dari laman WebMD, OCD itu sebenarnya banyak sekali tipe, gejala, atau perwujudannya. Namun kalau ditarik garis besar, kebanyakan kasus termasuk salah satu dari 4 kategori ini :

  • checking : terus menerus merasa butuh mengecek sesuatu seperti kunci, alarm, kompor, dan lain-lain
  • contamination : ketakutan mendalam terhadap kontaminasi atau ingin selalu bersih
  • symmetry and ordering : merasa harus mengatur segalanya dengan pengaturan tertentu, kalau tidak nanti akan terjadi sesuatu yang buruk
  • rummination and intrusive thought : terobsesi dengan pemikiran berulang yang bisa penuh kekerasan dan disturbing 

Salah satu wujud OCD yang paling terkenal seperti clean freak atau berulang kali mencuci tangan, termasuk kategori contamination. Berbeda dengan mereka yang hobi bersih-bersih, penderita OCD sebenarnya tidak menikmati dorongan untuk terus mengulang aktivitas itu tapi mereka juga tidak memiliki kuasa untuk bisa berhenti.

Namun, jangan serta merta mendiagnosis diri sendiri karena merasa relate dengan ciri-ciri OCD di atas. Gangguan ini butuh diagnosis dan penanganan profesional. Walaupun memang tidak ada obat yang bisa menyembuhkan OCD sepenuhnya, namun terdapat terapi, obat, dan perawatan yang dapat membantu penderita mengontrol gejala mereka seperti psychoteraphy atau meditasi.

Gangguan mental yang diderita oleh Aliando menyadarkan kita bahwa penyakit mental menyerang siapa saja. Tidak mengenal muda atau tua, laki-laki atau perempuan, artis atau orang biasa. Jika kita mengetahui ada orang terdekat kita yang menderita gangguan mental, sudah seharusnya kita memberikan support dan semangat agar penderita segera sembuh.

Cepat sehat lagi ya, Aliando! Kita doakan bersama-sama yuk, SoHip!

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE