Deretan Olahraga Sesuai Waktu. Pastikan Pas biar Hasilnya Maksimal!

Menjalani aktivitas yang padat kerap kali membuat kita lalai untuk berolahraga. Padahal, olahraga sangat penting untuk dilakukan agar menjaga tubuh tetap bugar dan sehat.

Advertisement

Tidak adanya waktu yang cukup juga menjadi salah satu alasan yang menyebabkan orang-orang tidak sempat untuk berolahraga. Padahal, terdapat berbagai olahraga yang bisa dilakukan secara ringan di tengah-tengah padatnya aktivitas.

Namun, bagaimana jika aktivitas yang padat tersebut membuat jadwal olahraga kita menjadi tidak rutin? Saking padatnya, mungkin waktu senggang yang kita miliki menjadi sulit untuk diprediksi. Lalu, bagaimana cara agar kita tetap produktif, tapi bisa mengimbanginya dengan olahraga?

Nah, berikut Hipwee beri rekomendasi apa saja olahraga yang baik dilakukan dengan menyesuaikan waktu. Cek selengkapnya yuk, SoHip!

Advertisement

1. Olahraga pagi hari

Jogging olahraga pagi hari

Jogging jadi salah satu pilihan olahraga ringan di pagi hari | Credit: Unsplash/Andrew Tanglao

Olahraga di pagi hari banyak dipilih oleh sebagian orang karena dianggap memiliki manfaat baik bagi tubuh. Waktu ini dianggap efektif untuk berolahraga. Selain menyehatkan tubuh, olahraga di pagi hari juga memiliki manfaat baik untuk tubuh. Adapun manfaat olahraga pagi hari yaitu mampu menumbuhkan suasana hati yang lebih baik, serta mampu memberikan energi untuk beraktivitas seharian.

Ada beberapa olahraga ringan yang dapat dilakukan pada pagi hari sebelum memulai aktivitas. Selain ringan, olahraga ini juga dianggap tidak membutuhkan waktu banyak dan dapat dilakukan secara kilat sebelum beraktivitas.

Advertisement

Jogging atau lari santai di pagi hari merupakan salah satu olahraga ringan yang paling banyak dilakukan. Tak hanya jogging, jalan pagi juga dinilai mampu meningkatkan metabolisme tubuh serta membantu proses pembakaran lemak.

Kedua olahraga tersebut memang paling banyak dipilih sebagai alternatif untuk berolahraga pagi. Namun, jika SoHip ingin mencoba olahraga pagi hari di rumah saja, kamu dapat mencoba beberapa gerakan olahraga pagi, seperti plank, jumping jack, push-up, lompat tali, atau bahkan senam.

Sebelum memulai olahraga pagi, sebaiknya SoHip juga perlu memerhatikan beberapa tips olahraga pagi agar tidak adanya efek samping pada tubuh. Misalnya dengan melakukan pemanasan, minum air yang cukup, serta mencukupi kebutuhan gizi yang sesuai setelah olahraga.

2. Olahraga siang hari

treadmill olahraga siang hari

Treadmill menjadi pilihan olahraga di siang hari | Credit: Unsplash/Intenza Fitness

Berbeda dengan olahraga di pagi hari, mungkin tidak banyak orang yang memilih untuk berolahraga di siang hari. Sebab, siang hari biasanya menjadi puncaknya padat aktivitas serta cuaca yang tengah panas terik membuat sebagian orang malas untuk berolahraga pada siang hari.

Namun, tidak sedikit juga orang yang memilih untuk berolahraga pada siang hari karena adanya waktu luang yang dimiliki. Biasanya, orang-orang yang berolahraga di siang hari akan memilih untuk melakukan olahraga indoor atau di dalam ruangan saja.

Ada beberapa olahraga yang dapat dilakukan pada siang hari, seperti naik turun tangga, berjalan, berlari, hingga yoga. SoHip juga bisa memanfaatkan treadmill untuk berolahraga lari atau jalan di tempat secara indoor pada siang hari.

Olahraga di siang hari juga dianggap memiliki beberapa manfaat baik bagi tubuh. Manfaat olahraga siang hari umumnya dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan stamina tubuh, serta membakar kalori.

Namun sayangnya, olahraga di siang hari ternyata dapat memicu terjadinya berbagai bahaya bagi tubuh. Adapun bahaya olahraga di siang hari dapat berupa suhu tubuh yang meningkat, metabolisme tubuh yang tidak stabil, hingga fungsi kinerja jantung yang tidak optimal.

3. Olahraga sore hari

Bersepeda sore hari

Bersepeda menjadi pilihan olahraga di sore hari | Credit: Pexels/Noelle Otto

Disela-sela padatnya aktivitas, olahraga sore juga banyak dianggap oleh sebagian orang sebagai waktu yang tepat untuk melakukannya. Pasalnya, cuaca saat sore hari sangat mendukung untuk melakukan berbagai jenis kegiatan olahraga outdoor. Hal ini dikarenakan cuaca yang teduh dan sinar matahari yang tidak terlalu terik membuat waktu sore menjadi alternatif favorit untuk berolahraga.

Beberapa olahraga outdoor dapat dilakukan pada sore hari, seperti berlari, berjalan, bersepeda, bermain bola, hingga berenang. Jika ingin berolahraga di rumah saja, SoHip juga bisa melakukan berbagai olahraga sore di rumah, salah satu contohnya ialah melakukan workout dengan mengikuti gerakan instruktur yang dapat ditemukan di berbagai kanal internet.

Untuk manfaat olahraga sore hari, selain dapat meningkatkan kesehatan tubuh, olahraga sore juga dianggap mampu untuk meningkatkan ketahanan tubuh, melatih sistem pernapasan, dan membakar asupan kalori yang diterima saat makan siang.

4. Olahraga malam hari

Fitness Gym

Fitness menjadi salah satu pilihan olahraga di malam hari | Credit: Pexels/Cottonbro Studio

Tak ketinggalan, waktu malam hari juga dipilih oleh sebagian orang untuk berolahraga. Biasanya, banyak orang yang baru memiliki waktu senggang saat malam hari sehingga tidak sedikit orang yang memutuskan untuk berolahraga saat malam hari setelah berhasil merampungkan seluruh aktivitasnya. Bahkan, tidak sedikit juga orang yang memilih untuk melakukan olahraga malam sebelum tidur.

Untuk melakukan olahraga malam, biasanya waktu terbaik untuk melakukannya adalah pada jam 8 hingga 9 malam atau dapat dilakukan juga pada 1-2 jam sebelum tidur. Jam tersebut dianggap sebagai jam ideal untuk berolahraga di malam hari karena mampu memberikan peregangan pada otot tubuh.

Beberapa olahraga ringan dapat dilakukan saat malam hari, seperti yoga, berjalan atau berlari santai, fitness, hinga tai chi. Ada juga beberapa olahraga malam yang dapat dilakukan di atas tempat tidur. Beberapa olahraga malam di kasur ini bisa berupa plank, half bridge, pillow exercise, dan lain sebagainya.

Olahraga malam hari juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Selain itu, manfaat olahraga malam hari juga dapat membantu menjernihkan pikiran, meningkatkan gairah seksual, serta mengurangi kadar stres dalam tubuh setelah lelah beraktivitas seharian.

Itu tadi deretan olahraga yang disarankan untuk dilakukan sesuai dengan waktunya. Olahraga memang sangat dianjurkan agar dapat membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Namun, pastikan jangan sampai salah memilih waktu olahraga ya, SoHip~

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE