7 Kebiasaan Cuek yang Bikin Pakaian Dalam Cepat Melar. Belum Apa-Apa Udah Rombeng Semua

Pakaian dalam

Meski nggak terlihat dari luar, pakaian dalam tetap perlu diperhatikan baik kebersihan maupun kelayakan pakainya. Pakaian dalam yang baik adalah yang berbahan katun yang bisa menyerap keringat dan nggak bikin lembap. Nggak berbeda jauh dengan orang dewasa, pakaian dalam anak yang ringan dan cepat kering pada dasarnya menggunakan bahan katun yang halus. Nah, kali ini yang akan Hipwee Tips bahas adalah celana dalam.

Advertisement

Baik cewek maupun cowok, banyak yang masih memperlakukan celana dalamnya dengan sembarangan. Padahal kalau sampai jadi kebiasaan, dampaknya celana dalam bakal lebih cepat melar dan rusak bahannya. Masa pakainya kan jadi lebih singkat. Pokoknya, jangan sampai kamu melakukan beberapa kebiasaan berikut yang bikin celana dalam jadi gampang melar dan berkurang fungsinya.

1. Memilih celana dalam yang bahannya seadanya, yang penting suka sama motifnya

nggak memilih bahan katun via news.nestia.com

Sudah dibilang sebelumnya, bahwa pakaian dalam, terutama celana dalam yang direkomendasikan itu yang bahannya katun lembut dan menyerap keringat. Tujuannya adalah supaya organ vital bisa leluasa bernapas, nggak lembap, dan terhindar dari jamur atau bakteri. Padahal model celana dalam wanita berbahan katun sendiri ada banyak, tergantung penggunaannya. Pun banyak modelnya, mulai dari model celana dalam wanita putih motif bunga hingga yang polosan aja.

Kalau kamu cuma ngikutin ego saja dan lebih mementingkan motif atau model celana yang kamu suka tanpa menghiraukan bahannya, bukan cuma organ vitalmu yang akan kena dampaknya, tapi celana dalammu sendiri nggak bakalan tahan lama.

Advertisement

2. Pakai ukuran celana dalam yang nggak pas, entah kebesaran atau kesempitan

Pakai yang ukurannya pas yak via id.depositphotos.com

Selain pemilihan bahan, pemilihan ukuran celana dalam juga penting banget. Kalau pakai yang kebesaran, jelas bikin nggak nyaman, khawatir melorot dan segala macam. Sedang kalau kesempitan, bagian organ vitalnya yang kasihan. Kalau terlalu sempit, gesekan saat kita lagi berjalan dapat membuat lubang pada celana dalam lo! Belum lagi kalau lagi di posisi tertentu yang memungkinkan celana dalam jadi rentan sobek. Nggak heran kalau celana dalammu gampang rusak.

3. Malas ganti celana dalam, ‘nggak keringetan’ sering banget jadi alasan

nggak ganti celana dalam saat udah kotor via www.mirror.co.uk

Hayoo, siapa yang sering pakai celana dalam lebih dari sehari? Atau dipakai side A-side B gitu?

Celana dalam itu gampang banget mengunci kelembapan sehingga berdampak pada munculnya bakteri pada area organ vital. Sekalipun kamu nggak keringatan dan nggak ke mana-mana, tetap saja yang namanya celana dalam mesti sering diganti. Kalau nggak, kotoran yang menempel di celana dalam bakal susah hilang. Kayak misalnya noda kekuningan bekas air pipis yang nggak sengaja keluar. Misalnya pun kamu lagi di tempat yang nggak memungkinkan untuk mencuci celana dalam, segera cuci begitu sampai rumah dan jangan ditunda-tunda, ya!

Advertisement

4. Asal-asalan pakai detergen saat mencuci celana dalam

mencuci dengan detergen via www.goodhousekeeping.com

Detergen mengandung beragam bahan kimia yang bisa mengiritasi kulit dan melonggarkan kainnya jika digunakan berlebihan atau nggak dibilas sampai bersih. Kalau kamu terbiasa mencuci celana dalam dengan detergen yang mengandung bahan alergen keras seperti surfaktan atau parfum, maka bahan pada celana dalam akan mudah rusak. Gunakan detergen cair atau sabun bayi yang kandungan kimianya lebih lembut.

5. Keseringan mencuci celana dalam pakai mesin cuci, padahal kalau mencuci sendiri pakai tangan bakal lebih awet bahannya

mencuci dengan mesin cuci via www.suara.com

Kebiasaan mencuci dengan mesin cuci ini paling riskan bikin celana dalam cepat melar. Gimana nggak? Di dalam mesin cuci, celana dalam bakalan diputer, dibentangkan, dan ditarik-tarik. Apalagi kalau dibarengin nyucinya sama pakaian lain. Sebisa mungkin cuci celana dalam secara manual biar lebih aman. Kalau nggak pengin capek dan menumpuk banyak, cuci langsung celana dalam begitu kotor dan bakal diganti. Pakai sabun mandi aja aman kok!

6. Selalu pakai pengering pakaian untuk mengeringkan celana dalam

langsung jemur aja via www.thetimes.co.uk

Setelah mencuci, seringnya kita pengin pakaian dalam yang dicuci bisa cepat kering. Apalagi kalau stok pakaian dalam di lemari udah habis-habisan. Tapi, please, jangan kebiasaan mengeringkannya pakai mesin pengering karena bakal bikin celana dalam justru menyusut. Lebih parah lagi kalau masih ada kotoran yang menempel di celana dalam, karena bakal makin sulit dihilangkan kalau udah kena panas dari mesin pengering. Mending langsung jemur di bawah sinar matahari, ya!

7. Masih suka pakai celana dalam menjelang tidur malam

Dilepas aja sat tidur malam hari | Photo by Ivan Oboleninov from Pexels via www.pexels.com

Tahu nggak sih kalau celana dalam itu nggak selalu dibutuhkan setiap saat? Kamu bisa melepasnya menjelang tidur malam supaya organ vitalmu bisa bernapas dan nggak lembap semalaman. Bagi cewek, melepas celana dalam dapat mengurangi potensi organ vital terinfeksi bakteri. Sedang bagi cowok, melepas celana dalam memberikan ruang supaya organ vital nggak kepanasan dan tetap prima.

Terlepas dari masalah kesehatan tersebut, sesekali melepas celana dalam juga bisa memberinya jeda untuk istirahat sehingga nggak terpancang setiap saat. Jadi nggak gampang melar atau rusak, kan~

Jadi begitu ya, beberapa kebiasaan cuek yang justru sering dilakukan padahal bikin celana dalam cepat melar dan rusak. Tolong jangan diulangi lagi ya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE