6 Panduan Beli Sepatu Online Biar Nggak Kena Tipu atau Salah Ukuran. Awas Nyesel Belakangan!

Panduan beli sepatu online

Sekarang, hampir semua barang sudah dipasarkan secara online, termasuk sepatu. Memang lebih praktis, tapi kita mesti lebih jeli dan teliti saat belanja sepatu online. Nggak cuma soal ukurannya, kadang ada penjual nakal yang berbohong dan menjual sepatu KW.

Advertisement

Nah, biar nggak kena tipu atau bahkan salah ukuran, terapkan tips berikut saat mau beli sepatu online. Daripada terlanjur beli dan malah nggak kepakai lo!

1. Mulailah dengan mengukur telapak kaki lebih dulu

ukur telapak kaki dulu via parenting.firstcry.com

Meski sudah tahu ukuran yang dipakai, mengukur telapak kaki tetap mesti dilakukan. Soalnya kadang ada sepatu yang beda merek beda panjangnya juga. Biar ukurannya pas, gambar telapak kakimu di atas kertas, kemudian ukur dengan penggaris.

2. Nggak ada salahnya minta penjual untuk memotret detail sepatu

minta foto detail via www.reddit.com

Kalau sudah tahu ukuran sepatumu, mintalah penjual untuk menunjukkan label size yang ada di lidah sepatu. Tak hanya itu, minta juga foto jahitan serta insole dan outsole agar bisa memastikan keaslian produknya. Nggak apa-apa kok rewel sedikit, daripada ketipu beli KW, kan?

Advertisement

3. Kalau mau aman, ambil sepatu dengan merek yang sudah pernah dibeli sebelumnya

beli merek sama via nl.pinterest.com

Karena sudah pernah beli merek yang sama, kamu pasti bakal lebih paham mengenai ukurannya. Jadi nggak akan keliru lagi. Nah, untuk detail dan modelnya, bisa minta foto dari penjual sambil dicocokkan dengan gambar sepatu yang ada websiteย resmi merek tersebut.

4. Pastikan kamu sudah mengecek ulasan atau testimoni pelanggan di akun online shop-nya

cek testimoni via sepatujamansekarang.com

Cek komentar pada unggahan sepatunya. Kalau ada pelanggan yang menyertakan gambar, kamu juga bisa melihat detail dari gambar tersebut. Jika belinya lewat Instagram, kamu bisa mengecek testimoni yang biasa dimasukkan dalam highlight. Nah, kalau nggak ada, lihat dari tagged-nya saja.

5. Kalau belinya lewat e-commerce, mending cari di official store-nya saja

beli di official store-nya via arenalte.com

Daripada ambil risiko beli sepatu KW atau palsu, mending beli langsung di official store-nya. Sekarang banyak kok merek-merek yang membuka toko lewat e-commerce. Bahkan kadang mereka juga mengadakan promo yang lumayan menggiurkan lo!

Advertisement

6. Kalau bisa, carilah toko online yang menyediakan garansi atau penukaran

cari yang ada garansi via shopee.co.id

Umumnya, online shop sepatu terpercaya akan memberikan garansi penukaran jika barang yang didapat nggak sesuai foto atau salah ukuran. Alih-alih mengambil risiko belanja di sembarang toko, mending ke online shop yang begini. Toko online seperti ini bisa jadi pilihan kedua jika sepatu yang kamu beli nggak ada official store-nya.

Memang lebih aman kalau beli di toko langsung, tapi dengan sedikit usaha, kamu juga bisa kok dapat sepatu bagus meski belanja online. Tapi ya itu, kuncinya mesti teliti dan mau lebih rewel. Pastikan kamu sudah mencari ciri-ciri fisik sepatu yang mau dibeli, biar nanti bisa lebih paham ketika penjual mengirimkan foto detailnya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE