6 Trik Meregangkan Sepatu yang Ukurannya Kekecilan, Malah Jadi Pas di Kaki Buat Jalan-jalan

Meregangkan sepatu kekecilan

Siapa yang suka belanja sepatu online?

Advertisement

Kadang harga sepatu yang dijual online jauh lebih murah daripada di toko. Tapi suka bingung takut nggak sih kalau beli sepatu online? Bukan karena kualitas, tapi lebih takut kalau ukurannya nggak pas. Sebab, kadang ada saja beberapa sepatu yang ukuran sudah sesuai tapi ujungnya tetap kebesaran atau kekecilan.

Nggak perlu khawatir, ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk meregangkan sepatu yang kekecilan. Penasaran? Simak ulasan Hipwee Tips berikut, ya!

1. Lebih seringlah memakai sepatumu yang kekecilan di dalam rumah

pakai sepatu di rumah via www.theepochtimes.com

Kalau sering dipakai, sepatu lama-lama akan terasa lebih longgar. Untuk mempercepat prosesnya, kamu bisa memakai kaus kaki yang tebal dulu. Tapi segera sudahi jika kakimu mulai terasa capek dan sakit.

Advertisement

2. Pakailah alat peregang untuk melonggarkan sepatumu

alat peregang via hellosehat.com

Cara ini sangat direkomendasikan untuk sepatu kulit, flat shoes, dan oxford. Kamu hanya perlu memasang alat ini ke dalam sepatu dan memutarkan pengait yang ada di belakangnya. Pengait yang berputar dapat melebar dan kembali merapat, sehingga bisa membantu melebarkan ukuran sepatu. Diamkan selama enam hingga delapan jam supaya sepatu benar-benar terasa lebih longgar.

3. Koran basah juga bisa kamu manfaatkan untuk meregangkan sepatu kekecilan

koran bekas via www.popmama.com

Caranya mudah kok, kamu hanya perlu membasahi koran dengan air, kemudian penuhi bagian dalam sepatu dengannya. Padatkan hingga sepatu terasa membengkak, ya! Diamkan semalaman sampai koran benar-benar kering dan kamu pun akan melihat hasilnya. Sayangnya, cara ini hanya berfungsi untuk sepatu berbahan kain.

4. Alternatif lain yang bisa digunakan untuk melonggarkan sepatu ialah dengan alkohol

pakai alkohol via www.selipan.com

Mudah kok, kamu hanya perlu membasahi kapas dan mengoleskannya pada bagian yang sempit. Nah, kalau yang kekecilan ada di semua bagian, kamu bisa memakai kaus kaki yang sudah direndam alkohol dulu sebelumnya.

Advertisement

5. Manfaatkan suhu dingin dalam freezer untuk meregangkan sepatumu

taruh di freezer via www.selipan.com

Cara ini bisa dipakai kalau kamu punya sepatu berbahan vinyl maupun suede. Masukkan air yang ditempatkan dalam plastik ziplock. Setelah itu simpanlah dalam freezer salam satu jam. Lakukanlah metode ini beberapa kali sampai ukuran sepatu membesar, ya!

6. Sepatu kulitmu bisa dilonggarkan menggunakan hair dryer lo!

pakai hair dryer via www.homeandgarden.green

Caranya, pakailah kaus kaki tebal, kemudian kenakan sepatu. Panaskan setiap sisi sepatu yang terasa sempit menggunakan hair dryer dengan jarak 10 cm. Jangan lupa goyangkan sepatu ketika proses pemanasan berlangsung. Tapi usahakan suhu nggak terlalu panas supaya sepatu nggak rusak.

Nah, sebelum dibawa ke tukang reparasi atau dianggurin, nggak ada salahnya kalau kamu coba melakukan cara-cara ini. Daripada mubazir nggak dipakai, kan?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE