Panduan Singkat Pemula Cara Menjadi Dropshipper Modal Kecil

Kamu bisa menakar dan memprediksi keuntungan sendiri

Jika kamu ingin memulai bisnis online dengan modal kecil, pelajari cara menjadi dropshipper. Walaupun kedengarannya sudah usang, tetapi ini masih cuan kok.

Apa bedanya dropship dengan afiliasi yang lagi ngetren belakangan?

Salah satu perbedaan dalam bisnis dropship adalah kamu bisa menakar dan memprediksi keuntungan sendiri. Penasaran? Yuk, pelajari bagaimana langkah awal cara menjadi dropship pemula.

ADVERTISEMENTS

Pahami dulu konsep jualan model dropship

dropship

Konsep jualan model dropship | Credit: Freepik

Apa yang dimaksud dengan dropship?

Model bisnisnya seperti makelar, yaitu menjadi perantara antara pembeli dan penjual. Hanya saja, biasanya pembeli tidak tahu kalau mereka membeli lewat perantara.

Alurnya: dropshipper mencari pembelimemesan barangnya ke penjual  → penjual mengirim barang ke pembeli.

Adapun sistem pembayaran dropship adalah dari pembeli melalui kamu. Jadi, keuntungannya didapat dengan cara mark up harga aslinya. Artinya, di sini kamu tidak perlu punya gudang atau modal sepeser pun untuk menyimpan stok barang.

ADVERTISEMENTS

Mencari supplier yang tepercaya dari marketplace

supplier

Mencari supplier terpercaya | Credit: Freepik

Setelah paham cara kerjanya, kamu masih harus mencari supplierCara termudah adalah melalui platform marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, dll. Soalnya, mereka ternyata sudah menyediakan fitur khusus kirim sebagai dropshipper di halaman checkout.

Sekarang, yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produknya dan mencari supplier tepercaya di marketplace. Cara mengetahui mereka terpercaya atau tidak antara lain: fast respons, selalu update stok, online setiap hari, dan punya rating bagus.

ADVERTISEMENTS

Pasarkan produknya lewat media sosial

media sosial

Pasarkan produk di media sosial | Credit: Freepik

Kenapa media sosial?

Biasanya, pelanggan yang kamu dapatkan dari media sosial adalah mereka yang enggan mencari barang di marketplace. Sebagai rekomendasi, Facebook dan TikTok adalah tempat yang tepat untuk menjalankan model bisnis dropshipper.

Facebook punya fitur khusus bernama Marketplace. Di sisi lain TikTok Shop, yang menyerupai toko online, juga sedang sangat booming saat ini.

Kemudian kita masuk ke bagaimana cara penjualannya. Bungkus cara jualan kamu dengan konten yang menarik sehingga orang tertarik untuk membeli.

ADVERTISEMENTS

Cara menjadi dropshipper sukses

Belajar, analisa, dan evaluasi adalah tiga kata kunci cara menjadi dropshipper sukses. Selain itu, terus ikuti tren yang berkembang karena untung dari model bisnis dropship ini sangatlah fleksibel. Mark up harga sewajarnya dan buat promosi dengan konten yang menarik.

Wah, ternyata nggak begitu sulit ya. Sampai sejauh ini, apakah kamu tertarik menekuni bisnis dropship ini, SoHip?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Tim Dalam Artikel Ini

Editor