7 Trik Jitu Memilih Parfum Mobil yang Nggak Bikin Pusing. Jangan Taruh di Depan Ventilasi AC!

Parfum mobil

Demi kenyamanan berkendara, menaruh wewangian di dalam kabin mobil juga perlu. Dengan catatan, parfum yang dipilih nggak asal-asalan, sebab ada beberapa aroma yang justru bikin pusing dan mual. Biasanya sih parfum mobil yang beraroma manis.

Advertisement

Sebetulnya ada banyak merek parfum mobil yang jadi andalan seperti parfum mobil Glade atau parfum mobil Stella. Tapi mengandalkan merek saja nggak cukup. Akan lebih baik jika kamu mampu mengenali karakteristik dari merek parfum mobil tersebut. Nah, berikut trik jitu memilih parfum mobil yang tidak bikin pusing serta penempatannya yang pas.

1. Pertama, pilih parfum mobil yang aromanya nggak begitu menyengat

parfum kopi | credit: Shopee via shopee.co.id

Meski rata-rata parfum mobil punya aroma yang kuat, baiknya pilih yang nggak terlalu menyengat. Kalau pengin aman, pakailah parfum mobil kopi, teh, atau aroma herbal dan segar lain seperti pepermin. Tapi kembali lagi, sesuaikan juga dengan seleramu.

2. Alternatif lainnya ialah dengan membuat parfum mobil sendiri menggunakan bahan alami

parfum dari bahan alami | credit: Indowebsite Github via indowebsited.github.io

Karena ukuran kabin mobil relatif kecil, penggunaan parfum berbahan alami juga direkomendasikan. Memang baunya nggak sekuat dan seawet parfum mobil kebanyakan, tapi tetap bisa bikin nyaman juga menenangkan.

Advertisement

Cukup campur lemon kering dengan daun teh dan kayu manis, lalu beri sedikit aromaterapi kemudian kemas dalam wadah berpori. Selanjutnya tinggal gantung di dekat AC mobil.

3. Hindari penggunaan parfum berbentuk gel karena dapat membuat evaporator berlendir dan menguning

parfum mobil gel | credit: mybest.id via my-best.id

Pengharum jenis gel memang memiliki daya tahan yang cukup lama, sayangnya dapat menodai interior mobil. Penyebabnya karena zat kimia parfum akan mengendap di sekitar evaporator akibat tersedot AC. Nah, alasan ini pula yang ternyata bisa membuat parfum mobil unik berbentuk gel jadi cepat habis atau hilang aromanya. Termasuk pada parfum mobil gantung kebanyakan.

4. Kalau nggak suka bau yang terlalu kuat dan menyengat, hindari menggunakan parfum mobil berbentuk cair

parfum mobil cair baunya menyengat | credit: Beritagar via beritagar.id

Jika dibandingkan dengan parfum lainnya, parfum cair memang lebih tahan lama dan kuat aromanya. Tapi sayang, parfum mobil yang awet ini malah bikin pusing dan mual kalau aromanya nggak sesuai. Padahal sebenarnya parfum cair merupakan salah satu jenis parfum mobil yang tidak merusak AC. Kamu yang kurang suka bau parfum mobil cair yang menyengat, pilih yang aromanya ringan seperti apel atau ocean breeze. Kedua aroma ini lebih segar.

Advertisement

5. Ternyata nggak semua parfum mobil bikin pusing lo! Ada juga jenis parfum spray yang jauh lebih praktis dan awet digunakan. Aromanya pun bisa cepat menyebar

parfum semprot lebih praktis | credit: Mobil Komersial via mobilkomersial.com

Meski bukan kategori parfum mobil terbaik, setidaknya parfum mobil spray ini akan membuatmu terhindar dari pusing dan mual. Sesuai namanya, parfum ini kudu disemprot dulu supaya aromanya menyebar.

Sebisa mungkin hindari menyemprot parfum spray ke area dashboard karena bisa menimbulkan bercak putih akibat kena cairan kimianya. Lokasi paling ideal untuk menyemprotkan parfum ialah di bagian bawah jok karena dapat membuat aromanya tahan lama dan menyebar ke seluruh bagian kabin. Kalau pakai yang merek bagus, bisa awet seharian lo!

6. Kunci penting dalam penggunaan parfum mobil ialah pakai secukupnya dan letakkan di tempat yang paling sesuai

taruh di dashboard mobil | credit: Djawaranews via djawanews.com

Sebetulnya, satu buah parfum sudah bisa membuat seluruh kabin mobil jadi lebih wangi, tapi dengan syarat parfum diletakkan di tempat yang sesuai. Salah satu kesalahan yang sering dilakukan yakni menaruh parfum tepat di depan ventilasi AC. Aromanya memang cepat menyebar, sayangnya cara ini juga dapat mengotori filter AC dan mengurangi keawetannya.

Taruh saja parfumnya di atas dashboard atau letakkan di sudut seperti bagian bagasi belakang dan kolong kursi depan, khususnya untuk parfum mobil cair. Untuk mereknya bebas saja, baik Klikotoparfum mobil atau parfum mobil California.

7. Sebelum berkendara, buka dulu semua jendela dan pintu supaya bau tak sedap dalam mobil bisa hilang terembus angin

buka jendela | credit: Baileyusa115 via www.flickr.com

Bukalah semua jendela dan pintu mobil selama 5 menit supaya sirkulasi udara di dalamnya jadi lebih lancar dan bau-bau tak sedapnya hilang seketika. Setelah 5 menit, tutup semua bukaan dan mulailah perjalanan. Lakukan aktivitas ini sebelum dan setelah mengemudi agar udara dalam kabin mobil nggak terasa sumpek dan terhindar dari pusing dan mual.

Dengan menerapkan trik-trik di atas, niscaya kamu akan terbebas dari pusing dan mual selama perjalanan meskipun terus-terusan di dalam mobil. Kelihatannya sepele, namun pemilihan juga penggunaan parfum mobil juga berpengaruh terhadapa efeknya. Nggak jauh berbeda dengan penggunaan parfum di tubuh yang tepat, ya~

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE