7 Patokan ‘Cheating Day’ atau Libur Diet Sehari. Bebas Makan Apa Saja TAPI Terkendali

Aturan cheating day saat diet

Buat para pelaku diet, tentu sudah familiar sama yang namanya ‘cheating day‘ alias libur diet sehari. Dalam kondisi ini, kamu diizinkan untuk mengonsumsi makanan kesukaan atau apa pun yang jadi pantangan saat diet selama satu kali dalam seminggu. Cheating day bermanfaat untuk melengkapi kekurangan kalori selama melakukan program diet, juga dimaksudkan sebagai penghargaan pada diri sendiri atas perjuangan menjalankan diet. Michael Roussell, Ph.D, penulis buku “The Men’s health MetaShred Diet” mengatakan bahwa memang perlu sesekali libur dalam melakukan diet, tapi bukan berarti kamu bebas makan seenaknya lo, seperti dikutip dari Kompas.

Advertisement

Faktanya, kebanyakan orang salah mengartikan cheating day sebagai hari boleh makan apa saja tanpa kontrol dan batasan. Untuk menghindarinya, Hipwee Tips sudah merangkum beberapa patokan yang perlu kamu ketahui agar cheating day nggak merusak dietmu selama ini.

1. Utamakan memilih makanan yang benar-benar jadi kesukaanmu saja biar nggak kebablasan

makanan kesukaan via www.womenshealthmag.com

Meski sedang bolos diet, bukan berarti kamu boleh menyantap segala makanan yang nggak sehat sesuka hati. Biar nggak kebablasan, batasi pilihan menunya jadi makanan yang benar-benar kamu sukai saja. Apalagi kalau ternyata makanan kesukaanmu ini jadi pantangan dietmu selama ini. Tentu bakal lebih berkesan jika kamu memakan makanan kesukaan saat cheating day, bukan?

2. Kalaupun kamu ingin bebas makan apa saja sesuka hati, usahakan kandungan kalorinya tetap seimbang

masak sendiri via www.bloomberg.com

Kebanyakan orang pasti terlintas untuk makan makanan yang nggak boleh dimakan saat diet seperti pasta, piza, burger, es krim, atau makanan manis lainnya. Memang diperbolehkan, tapi sebisa mungkin tetap perhatikan asupan makanan sehat yang mengandung protein, kaya serat, dan rendah lemak. Salah satu caranya adalah membuat sendiri makanan-makanan idamanmu ini agar bisa memilih bahan yang lebih sehat. Ribet memang, tapi kalau demi tubuh yang ideal, kenapa nggak?

Advertisement

3. Perhatikan porsinya. Makanlah dalam jumlah yang sedikit tapi sering, bukan porsi besar dalam satu kali makan

makan sedikit tapi sering via watchfit.com

Makan sedikit tapi sering sebenarnya lebih baik ketimbang langsung kalap makan dalam jumlah yang besar. Selain meminimalisir perut begah, menjaga porsi makan juga akan membantu sistem metabolisme tubuh mencerna makanan dengan mudah. Kalau makanan bisa dicerna dengan mudah, otomatis nggak ada lemak-lemak yang tertinggal di dalam tubuh.

4. Makan perlahan-lahan juga membantu melancarkan metabolisme selain agar lebih menikmati makanannya

makan pelan-pelan via www.healthline.com

Meskipun kamu bebas memakan apa pun saat hari libur diet, kamu harus tetap ingat untuk memperhatikan cara makan. Makanlah dengan mengunyahnya secara perlahan-lahan sehingga kamu lebih bisa menikmati rasa pada makanannya. Makan secara perlahan juga akan membuat makanan lebih mudah dicerna. Dengan begini, kamu akan lebih cepat kenyang dan kalori yang masuk juga nggak terlalu banyak akibat lapar mata.

5. Tentukan jam makan khusus agar porsi makanmu juga bisa terkontrol dengan lebih baik

tentukan jam khusus via www.familyeducation.com

Meski judulnya hari libur, jangan biarkan dirimu terus-terusan makan seharian. Tentukan dan fokuslah pada jam-jam tertentu di mana kamu bebas makan enak, misalnya di atas jam 7 malam. Mengatur jam tertentu untuk cheating day ini menghindarimu agar nggak kalap saat melahap menu makanan kesukaan.

Advertisement

6. Jangan makan sendirian, ajak teman atau sahabatmu untuk mengingatkanmu agar nggak makan berlebihan

jangan makan sendirian via greatist.com

Seringnya, makan sendirian itu lebih berpotensi bikin kalap saat makan, apalagi di momen cheating day. Nah, untuk mencegah hal ini, ada baiknya kamu mengajak teman atau sahabatmu untuk mendampingi saat bolos diet. Bilang ke mereka untuk mengingatkanmu saat kamu mulai kalap makan.

7. Kunci utama agar diet sukses adalah dengan memegang komitmen. Jangan terbawa emosi atau cepat menyerah

tetap konsisten via www.cheatdayeats.com

Diet yang dijalankan setengah-setengah atau ‘nanggung’ pasti akan berujung dengan kegagalan. Komitmen yang kuat akan membuatmu lebih semangat menjalani diet dan bahkan nggak akan tergiur untuk melakukan cheating day. Meski memang boleh melakukannya saat diet, kamu harus tetap sadar bahwa komitmen yang dipegang harus tetap dijalankan. Jangan mudah terbawa emosi, tetap tenang dan jalani.

Cheating day yang baik akan menghindarkanmu dari stres akibat diet yang ketat. Rileks dan nikmatilah hari bolos dietmu ini, jangan terlalu menggebu-gebu soal makanan apa yang akan dimakan nanti. Dari jauh-jauh hari, rencanakan dulu makanan apa saja yang boleh dinikmati. Jadi saat harinya tiba, kamu nggak akan berubah haluan dan malah makan yang macam-macam. Semoga dietmu lancar, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE