6 Manfaat Lain Pemutih Pakaian Selain Menginclongkan Cucian. Kerak di Perabot Mulus Kembali!

Pemutih pakaian

Sesuai dengan namanya, pemutih pakaian memang kerap digunakan untuk memutihkan baju. Namun selain memutihkan, produk pemutih pakaian penghilang noda ini juga dapat dimanfaatkan untuk hal lainnya. Tapi karena kandungan pemutih pakaian cukup keras, cairan ini tak bisa sembarangan digunakan. Bahkan terkadang aturan penggunaan pemutih pakaian untuk laundry tiap jenis kain pun berbeda-beda. Takarannya tak bisa disamaratakan, termasuk ketika menggunakan pemutih pakaian bubuk.

Advertisement

Lantas apa sajakah sebenarnya manfaat pemutih pakaian selain untuk baju? Melansir dari beberapa sumber, berikut Hipwee Tips jabarkan kegunaan lain dari pemutih pakaian, lengkap dengan aturan pakaiannya.

1. Baik pemutih pakaian sachet maupun botolan ternyata dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kloset kamar mandi. Bahkan kerak yang menguning pun bisa ikut dihilangkan lo!

membersihkan kloset | Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels via www.pexels.com

Karena bahan pemutih pakaian adalah bleach, maka wajar jika cairan ini bisa digunakan untuk membersihkan kloset. Bahkan dengan pemutih pakaian, kamu tak perlu lagi repot-repot menyikat. Cara penggunaannya pun cukup mudah.

Tuang pemutih pakaian di kloset atau sela-sela yang jarang dijangkau kemudian diamkan selama satu sampai dua jam. Siram langsung dengan menggunakan air bersih. Baiknya jangan pakai kloset selama proses pendiaman agar maksimal hasilnya.

Advertisement

2. Jika dinding keramik di dapur maupun kamar mandimu berbau, coba gunakan pemutih pakaian Vanish atau merek lain untuk membersihkannya. Dijamin bau tak sedap hilang dan jamur nggak akan bersarang

membersihkan jamur dan bau | credit: Natural Living Ideas via www.naturallivingideas.com

Dalam pemutih pakaian, terdapat zat yang dapat digunakan untuk menumpas jamur dan bau tak sedap. Alih-alih mesti membeli obat pembasmi jamur dan pewangi, lebih baik gunakan pemutih pakaian saja. Lagipula cara pakainya pun sama dengan pembersih jamur biasanya kok.

Tuang pemutih ke dalam botol semprot, lalu semprotkan di area keramik dinding yang kusam dan berjamur. Lap menggunakan kain bersih sampai bekas pemutih pakaian hilang.

Tak cuma itu saja, pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan porselen lo! Dengan sekali semprot dan lap, porselen akan auto-mengilap.

Advertisement

3. Gunakan Soklin pemutih untuk mengilapkan kembali kaca jendela dan meja di rumahmu. Auto bersih dan berseri~

mengilapkan kaca | Photo by CDC on Unsplash via unsplash.com

Daripada mesti ribet-ribet beli produk pembersih kaca sendiri, mending manfaatkan pemutih pakaianmu untuk mengilapkannya. Dengan pemutih pakaian, kaca meja makan, ruang tamu, maupun jendela yang sebelumnya kusam dan buram bisa mengilat kembali.

Metode penggunannya sama dengan menghilangkan jamur dan bau pakai pemutih. Yakni disemprot ke kaca lalu lap menggunakan kain bersih dan kering. Pastikan kamu sudah memakai sarung tangan dan masker saat membersihkan kaca agar tak mengalami reaksi alergi maupun iritasi.

4. Sejak masa pandemi, ada beberapa merek pemutih pakaian yang dapat digunakan sebagai disinfektan alami

dibuat disinfektan | Credit: Kompas via www.kompas.com

Beberapa merek pemutih yang cocok untuk jadi disinfektan di antaranya ialah pemutih pakaian Bayclin dan pemutih pakaian Proclin. Tapi berhati-hatilah saat membuat cairan disinfektan ini, karena takaran dan penggunannya mesti pas. Berikut takaran dan cara penggunaan yang dianjurkan.

Encerkan 20 ml Proclin pemutih pakaian atau Bayclin dengan 1 liter air. Tuang ke botol semprot, kemudian semprotkan di permukaan seperti gagang pintu dan diamkan selama lima menit. Lap menggunakan kain bersih.

5. Panci dan penggorengan yang berkerak dapat dibersihkan dengan menggunakan pemutih pakaian sitrun. Larutan ini dapat mengangkat kerak tanpa merusak lapisan bahan utama perkakas lo!

membersihkan kerak perabot dapur | credit: Meg Scanlon via www.hunker.com

Untuk metode ini, tak semua pemutih pakaian bisa digunakan. Soalnya ada yang kandungan klorinnya terlalu tinggi dan malah merusak lapisan bahan. Selain pemutih pakaian sitrun, kamu juga dapat menggunakan pemutih pakaian alami seperti soda kue dan cuka dapur. Berikut cara penggunaan pemutih pakaian sitrun untuk menghilangkan kerak panci.

Campur setengah sendok makan sitrun ke panci yang berkerak. Diamkan selama 15 menit kemudian gosok panci menggunakan serabut cuci sampai kerak mengelupas. Jika sudah, bilas dan bersihkan dengan sabun.

6. Jangan salah, pemutih pakaian pun dapat digunakan untuk menyegarkan bunga yang sudah dipotong dan ditempatkan dalam vas berair

buat tanaman | Foto oleh Jess Bailey Designs dari Pexels via www.pexels.com

Dalam laman Wolipop, Simran Punjabi seorang florist dan juga pemilik toko bunga DePetalz menyebut bahwa pemutih pakaian dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesegaran bunga dalam vas berair. Namun ia pun tak begitu yakin kandungan apa yang dapat memberikan manfaat ini. Tapi menurutnya, bunga yang ditaruh dalam vas berair yang sudah dicampur pemutih bisa tahan lebih lama hingga satu minggu. Berikut cara menggunakan pemutih pakaian untuk menyegarkan bunga dalam vas.

Masukkan pemutih dalam vas bunga yang sudah diisi air. Takarannya bisa disesuaikan dengan ukuran vas. Untuk vas kecil, cukup masukkan satu sendok makan pemutih. Sementara untuk vas besar butuh sekitar dua sendok makan pemutih.

Nggak kudu pakai merek pemutih pakaian terbaik atau pemutih pakaian paling ampuh, merek apapun bisa dimanfaatkan asal takarannya pas benar. Pastikan kamu memilih pemutih yang sesuai kebutuhan agar perkakas, lantai, maupun tanaman nggak malah rusak. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE