Pacar: “Beb, besok malam nonton film ‘Dendam Anabel’ yuk!”

Kamu: “Itu horor ya, Beb? Nggak mau ah!”

Pacar: “Yaudah kalo gitu ‘Hantu Rumah Kentang’…”

Kamu: “Ogah! Aku takut, Beb!”

Pacar: “Ah, kamu nggak seru! Aku nonton sama yang lain aja!”

Udah 2015 nih, tapi kamu masih takut nonton film horor aja? Yah, nggak seru banget, padahal setiap tahunnya semakin banyak film horor bermutu yang ditayangkan lho. Film horor memiliki daya tarik tersendiri yang selalu membuat penggemarnya penasaran dan setia menunggu film keluaran terbaru. Penuh kejutan dan memacu adrenalin membuat genre yang satu ini tak pernah lekang oleh waktu. Penggemarnya selalu ada dari tahun ke tahun.

Advertisement

Sayang banget kalau kamu sampai sekarang masih nggak tahan nonton film horor. Kamu nggak sedih kalau ketika semua temen-temen lagi ngobrolin film horor yang lagi jadi hits, kamu hanya bisa gigit bibir? Nah kalau kamu mau baca tips dari Hipwee ini, kamu nggak bakal jadi pengecut lagi dan siap nonton film horor apapun.

1. Bawalah ‘bala bantuan’ saat kamu akan menonton film yang menakutkan.

Nonton rame-rame bisa membuatmu lebih berani

Nonton rame-rame bisa membuatmu lebih berani via rend.hgtvcom

Sebisa mungkin ajaklah teman-teman atau pacar ketika kamu hendak nonton film horor. Kalau ada teman, rasa takutmu pasti akan berkurang drastis, karena kamu merasa bahwa ada yang selalu menjaga kamu. Lebih bagus lagi kalau teman nontonmu adalah orang yang terkenal pemberani atau humoris. Biasanya dia akan memberikan celetukan-celetukan lucu untuk mengurangi rasa tegangmu.

Sssttt, tapi kalau nontonnya di bioskop harap tenang, ya! Jangan sampai berisik dan mengganggu penonton lain.

2. Siapkan barang-barang yang mudah diraih untuk menyembunyikan wajahmu ketika adegan di layar bikin nyalimu menciut.

Nggak ada lengan pacar, bantal pun jadi

Nggak ada lengan pacar, bantal pun jadi via www.lifed.com

Advertisement

Kamu bisa menggunakan boneka, bantal, tas, atau bahkan lengan pacarmu untuk dipeluk. Sekaligus guna menutup mata dan meredam jeritanmu ketika adegan dalam film mulai membuatmu ketakutan. Berusaha melindungi diri dari hal yang membuat kita tidak nyaman itu wajar kok. Dengan menutupi wajahmu kamu memang akan seolah membentengi diri dari gambar mengerikan yang sedang ditayangkan.

3. Biar kamu nggak terlalu kaget atau ketakutan karena banyaknya kejutan khas film horor, sebaiknya cari tahu sinopsis film itu terlebih dahulu.

Curi start mencari tahu plot tentang film tersebut biar nggak kaget lagi

Curi start untuk cari tahu plot film tersebut biar nggak kaget lagi via pixshark.com

“Dan, kita mau nonton bareng Jeritan Sadako nih, ikut yuk!”

“Nggak ah, makasih. Aku males film horor bikin kaget-kaget melulu! Aku takut jantungan!”

Sayang banget kalau kamu harus melewatkan waktu spesial bersama teman-teman hanya karena takut atau malas dikagetin. Nah, daripada menolak ajakan nongkrong bareng, mending kamu cari tahu dulu aja sinopsis film horor yang bersangkutan. Dengan membaca sinopsis kamu jadi ada bayangan dan bisa mempersiapkan diri ketika menonton film itu kemudian. Kalau masih parno juga, ‘kepoin’ aja plot-nya. Sehingga kamu bisa tahu kapan aja kamu harus tutup mata.

Oh iya, tapi informasi tentang cerita film itu sebaiknya buat kamu aja, ya. Kalau kamu ceritain ke temen-temen nonton lain, kamu bakal disebelin karena udah ngasih spoiler!

4. Ketika rasa takut mulai mencekam, bayangkan hal-hal lucu yang bisa terjadi dalam film itu di kepalamu.

Bayangkan skenario lucu seperti ini, batal serem deh

Bayangkan skenario lucu seperti ini, batal serem deh via www.tumblr.com

Jangan biarkan rasa takut menguasaimu, kamu dan otakmu tentu bisa mengontrol teror itu agar tidak menghancurkan nyalimu. Bayangkanlah skenario-skenario lucu yang dapat terjadi dalam film itu untuk mengurangi rasa tegangmu.

Misalnya, bayangkan hantunya tersandung atau terantuk sesuatu. Bisa juga dengan membayangkan si protagonis malah gantian mengusili hantunya dengan berbagai komentar atau tindakan konyol. Mirip seperti parodi-parodi yang sering dibuat oleh franchise film ‘Scary Movies’.

5. Selain itu, ingatkan dirimu juga kalau semua yang terjadi di layar hanya rekayasa belaka.

Tuh, shooting-nya aja rame-rame begini

Tuh, shooting-nya aja rame-rame begini via herocomplex.latimes.com

“It’s not real, it’s not real, it’s not real…”

Ketika kamu mulai merasa tidak tahan, ingat-ingat saja bahwa semua yang terjadi di depanmu hanyalah karya fiksi bukan sungguhan. Darah yang kamu lihat hanyalah sirup kental dan pewarna makanan, wajah pucat nan seram yang kamu pandang cuma muka aktris dan aktor cakep yang di-make up. Rumah angker itu aslinya rumah biasa atau studio dan gerakan-gerakan mengerikan yang tak wajar hanyalah efek komputer.

Bahkan kalau kamu lihat proses pembuatan film tersebut, di mana puluhan sampai ratusan staf ternyata selama ini mengelilingi para pemain film, tentu bakal bikin kamu jadi gagal takut lagi.

6. Yaudah…Kalau masih takut juga, coba sibukkan mulutmu dengan mengunyah camilan agar konsentrasimu bisa terbagi.

Ngemil membuat perhatianmu bisa terbagi

Ngemil membuat perhatianmu bisa terbagi via www.sharegif.com

Membagi perhatianmu dengan menyibukkan diri untuk makan, sering bisa membantu mengurangi ketegangan loh. Kegiatan menguyah juga dipercaya dapat mengurangi stress dan perasaan tertekan, sehingga kamu bisa lebih santai saat menonton film seram sekalipun. Jadi siapkan camilan yang banyak ya sebelum mulai menonton film horor. Jangan lupa dibagi-bagi dengan teman nontonmu!

7. Salah satu kekuatan film horor ada di musik dan sound-nya, coba deh kecilkan suara atau tutup telingamu saat menonton.

Kurangi volume suara filmnya, maka akan berkurang efek ngerinya.

Kurangi volume suara filmnya, maka akan berkurang efek ngerinya. via pac.org

Ketika kamu menonton film horor tanpa suara, dijamin aura mengerikan dari film itu bakal berkurang drastis. Coba deh putar film horor bisu dan ganti musiknya dengan musik film komedi, kamu bakal ngakak sendiri. Nah trik ini bisa kamu aplikasikan saat harus menghadapi film horor.

Kalau kamu menonton sendiri di rumah, kecilkan saja volumenya agar tidak mudah kaget. Kalau kamu nontonnya di bioskop, rajin-jarin saja menutup kuping ketika sampai pada adegan yang sekiranya bakal penuh dengan efek suara menyeramkan. Bisa juga kamu jejali telingamu dengan earphone kalau mau.

8. Duh, jangan gengsi! Ekspresikan semua rasa takutmu. Menjeritlah jika kamu merasa ngeri atau kaget.

Teriak saja, luapkan rasa takutmu

Teriak saja, luapkan rasa takutmu via glee.wikia.com

Nggak sedikit di antara kamu yang ogah nonton film horor karena malu kalau ketahuan suka menjerit saat nonton. Tapi itu kan poin-nya nonton film horor; buat merasakan takut, buat menikmati rasa berdebar, buat teriak-teriak lepas ketika ada adegan mengerikan. Jadi kamu nggak usah gengsi dan menahan ekspresimu ketika nonton film horor.

Lepaskan saja perasaanmu, menjeritlah ketika kamu ketakutan. Nggak usah malu, biasanya banyak temannya juga kok kalau kamu nonton di bioskop! Kan seru tuh rasanya teriak-teriak bareng. Terkadang kamu malah bakal terkekeh sendiri mengingat jeritanmu atau teman nontonmu yang kalau dipikir-pikir lagi lucu juga. Rasa tertekan juga bakal lepas bersama dengan jeritanmu.

9. Biar kamu nggak grogi, ada baiknya kalau kamu pilih film horor dengan pelakon yang ganteng atau cantik. Hehehe.

Yaaah, kalau hantunya secakep ini siapa yang nggak kesengsem?

Yaaah, kalau hantunya secakep ini siapa yang nggak kesengsem? via www.chlomo.org

Bukannya ketakutan, kamu malah bakal sibuk mengaggumi keindahan paras sang pemain pujaan. Wajah-wajah yang rupawan memang lumayan ampuh buat bikin hatimu adem dan nggak tegang! Hehehe, kan lumayan tuh, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Ups, tapi jangan sampai pacarmu tahu ya! 😛

10. Biar nggak serem-serem banget, mungkin kamu bisa nonton film horor Indonesia terlebih dahulu.

Kamu bingung kan jadinya ini film apa? ^^;

Kamu bingung kan jadinya ini film apa? ^^; via www.wayantulus.com

Kenapa begitu? Karena film horor Indonesia sekarang banyak yang malah bikin kamu bingung: ini film syur atau film seram? Kok isinya lebih banyak adegan seronok? 😀 Akhirnya jadi salah fokus dan batal takut deh kamu. Meskipun nggak semua film horor tanah air seperti ini, tapi sudah jadi rahasia umum kalau tidak sedikit film horor tanah air yang lebih menonjolkan daya tarik seks ketimbang unsur ceritanya sendiri.

Kalau sudah agak berani, coba sinema horor barat atau Hollywood yang sudah terkenal matang dalam menggarap cerita maupun gambar. Kalau sudah merasa benar-benar berani, jajal nyalimu dengan film horor asal Jepang atau Thailand yang memang sudah diakui pamornya secara internasional. Bahkan film-film horor dari negara ini sudah berkali-kali diperebutkan untuk dibuat re-make-nya di Hollywood!

12. Temen nggak bisa, pacar lagi sibuk, kamu terpaksa nonton sendiri. Bisa kok, nonton aja filmnya tapi jangan malam-malam.

Bisa kok nonton sendiri, asal siang-siang.

Bisa kok nonton sendiri, asal siang-siang. via cizgilipijamalicocuk.tumblr.com

Bisa kok, kamu tetap bisa menonton film horor sendiri meskipun penakut. Caranya ya ditonton siang hari saat matahari lagi terang-terangnya. Biar nggak serem-serem banget gitu. Habis nonton kan masih banyak orang di jalan, masih ramai kegiatan, sehingga kamu jadi cepet lupa sama cerita seramnya.

13. Dan kalau kamu sudah memutuskan untuk nonton sendiri, jangan nonton di tempat-tempat yang disinyalir angker ya!

Kalau di tempat begini, daripada nonton horor mending berdoa aja (PS: tenang ini hanya gambar dari game)

Kalau di tempat begini, daripada nonton horor mending berdoa aja (PS: tenang ini hanya ilustrasi dari game) via ign.com

Ya iyalah! Jelas itu! Soalnya bisa jadi pengalamanmu saat berada di tempat tersebut lebih mengerikan daripada adegan dalam film itu sendiri 😀 Oh iya, satu lagi yang bisa kamu coba, yaitu berdoa kepada Yang Maha Kuasa untuk mohon perlindungan Nya. Semoga doa kamu menjadi berkah ya.

Nonton film horor itu sebenarnya sangat asyik! Adrenalin dan sensasi berdebar yang kamu rasakan bisa membuatmu lebih bersemangat, makanya film horor yang bagus gak bakal bikin kamu ketiduran. Film horor juga bisa meningkatkan rasa kebersamaan dengan sahabat atau kekasih, karena cocok buat dipakai nonton bareng. Jadi daripada menolak ajakan untuk menghabiskan quality time lagi hanya gara-gara kamu takut, mending kamu coba prakterkan tips Hipwee ini. Selamat mencoba! :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya