Banyak hal yang bisa dibahas soal menstruasi. Terutama tentang permasalahan yang banyak dialami oleh cewek. Salah satunya adalah soal warna darah mens. Ya, warna darah mens memang jadi penanda kesehatan dan punya artinya masing-masing. Nggak jarang kamu akan menemukan warna darah mens yang berbeda-beda, ada yang merah muda, merah pekat, agak kecokelatan, cokelat kehitaman hingga berwarna gelap.

Meski warna darah mens nggak jadi patokan utama untuk menentukan normal atau nggaknya menstruasi, tapi nggak menutup kemungkinan juga bahwa warna darah mens menunjukkan tanda adanya masalah. Nah, mending kamu baca dulu deh penyebab darah mens berwarna hitam atau gelap ini. Siapa tahu kamu juga mengalami.

1. Darah mens warna hitam yang keluar di awal atau akhir masa mens adalah normal. Jadi nggak perlu khawatir berlebihan

muncul di awal atau akhir mens via shesaid.com

Advertisement

Darah mens hitam yang keluar sebelum mens terjadi akibat pengeluaran jaringan endometrium atau darah mens periode sebelumnya yang belum tuntas dikeluarkan semua. Kalau yang keluar di akhir-akhir masa mens atau beberapa hari setelahnya, terjadi ketika darah mens tertinggal cukup lama di dalam rahim sehingga warnanya berubah menjadi hitam. Kondisi normal ini nggak akan lama kok. Darah hitam ini masih tergolong normal selama nggak berbau, gatal, atau pun nyeri di daerah kewanitaan.

2. Hormon yang nggak seimbang juga memengaruhi warna darah mens sehingga warnanya jadi kegelapan

hormon nggak seimbang via helloflo.com

Nah, kalau kasus ini biasanya terjadi sama anak remaja yang hormonnya masih berubah-ubah dan belum terbentuk sempurna. Makanya, remaja cewek yang baru mens untuk pertama kalinya, cenderung lebih sering mengalami darah mens hitam di tengah siklus menstruasinya. Tapi nggak usah khawatir, masalah ini bisa hilang dengan sendirinya dalam beberapa tahun seiring bertambahnya usia. Selain remaja, mereka yang memakai alat kontrasepsi dan yang usianya mendekati masa menopause juga bisa mengalami darah mens hitam di tengah siklus menstruasinya.

3. Mungkin tubuhmu lagi dalam proses ovulasi alias pembuahan yang menimbulkan flek darah berwarna gelap

lagi pembuahan via www.health.com

Ovulasi merupakan proses pecahnya folikel di ovarium untuk mengeluarkan sel telur ke tuba fallopi. Proses pecahnya folikel ini kadang-kadang menimbulkan flek darah berwarna hitam yang biasanya berlangsung sekitar seminggu setelah mens berakhir. Flek darah hitam ini bisa jadi pertanda bahwa kamu sudah berovulasi dan biasanya akan berhenti dalam beberapa hari disertai sedikit rasa kram. Darah mens hitam akibat ovulasi tergolong aman dan bisa sembuh dalam beberapa hari.

4. Kalau darah mens hitamnya keluar seminggu atau beberapa hari sebelum jadwal mens, bisa jadi merupkan tanda kehamilan berupa flek implantasi

Kamu hamil kali? via www.workingmother.com

Advertisement

Kalau kamu telat mens, lalu muncul bercak darah yang warnanya cenderung kegelapan dan nggak mengalir banyak, bisa jadi itu adalah flek implantasi atau bercak darah di awal kehamilan. Implantasi terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi masuk ke dalam rahim untuk menanamkan diri. Umumnya perdarahan implantasi akan berhenti nggak lama setelah kamu mulai mengalami gejala mual yang umumnya dialami oleh ibu hamil.

5. Darah mens warna hitam ini akan jadi bahaya kalau kamu merasakan ketidaknyamanan. Bisa jadi itu tanda fibroid atau mioma

waspada fibroid via ghheadlines.com

Fibroid adalah pertumbuhan abnormal yang terjadi pada dinding rahim, disebut juga sebagai mioma. Kondisi ini bisa memengaruhi kesuburan, juga bisa menyebabkan periode haid jadi lebih lama dan deras disertai darah mens yang berwarna hitam. Kalau kamu mengalami perdarahan parah dan berkepanjangan, darahnya gelap dan gumpalannya besar, lemas, perut bengkak dan terasa penuh, segera konsultasikan ke dokter, ya!

6. Selain fibroid, kondisi berbahaya yang ditunjukkan dengan darah mens hitam adalah polip rahim

bisa jadi polip via www.medicalnewstoday.com

Polip rahim adalah tumor jinak yang berkembang di dalam leher rahim dan seringnya tanpa gejala. Kondisi ini juga bisa jadi salah satu penyebab darah mens berwarna hitam ketika pertumbuhannya menghalangi serviks sehingga terjadi akumulasi darah di rahim. Polip rahim umumnya bersifat jinak dan nggak mengandung sel kanker. Tetap konsultasikan ke dokter kalau kamu mengalami keanehan saat mens seperti mens dengan volume yang lebih banyak dari biasanya, berwarna kehitaman, atau darah yang berbau dan menimbulkan gatal.

Untuk mencegah darah mens berwarna gelap atau kehitaman, kamu disarankan untuk mengatur pola makan yang sehat dengan kadar gizi yang seimbang. Pastikan untuk mendapatkan asupan zat besi dan kalium yang cukup agar dinding rahim lebih rileks dan nggak memicu masalah pada siklus menstruasi. Kendalikan juga stresmu dan rutin melakukan berolahraga, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya