6 Kondisi Rumah yang Mengundang Koloni Kecoak Berdatangan. Kalau Sampai Bersarang, Ya Salahmu!

Penyebab kecoak di rumah

Nggak sedikit orang yang menganggap bahwa kecoak adalah binatang menjijikan. Bukan karena wujudnya, kebiasaan kecoak yang sering hinggap di tempat kotorlah yang membuatnya dihindari. Selain bisa memicu banyak penyakit, bau kecoak juga cukup mengganggu dan sulit dihilangkan.

Advertisement

Alih-alih mengusir kecoak, sebenarnya kamu bisa mencegah kecoak masuk ke dalam rumah. Caranya, ialah dengan menghindari beberapa hal yang jadi pemicunya berikut ini.

1. Adanya celah di pintu, jendela, atau saluran pembuangan

celah di saluran pembuangan via parenting.dream.co.id

Kecoak bisa dengan mudah menyelinap lewat mana saja. Makanya, kamu perlu memastikan bahwa nggak ada celah untuk kecoak masuk ke dalam rumah. Selain pintu dan jendela, kamu juga perlu mengecek saluran pembuangan, apalagi kalau kamu ditinggal di dekat selokan.

2. Lantai dan dinding yang lembap juga bisa memicu kecoak datang

genangan air via www.hetanews.com

Kecoak sangat suka dengan tempat yang gelap dan lembap. Makanya, kalau ada genangan air dalam rumah, segera keringkan aja. Pastikan juga nggak ada rembesan di dinding supaya kecoak nggak tiba-tiba datang.

Advertisement

3. Makanan dengan aroma menyengat yang nggak ditutupĀ 

ikan asin terbuka via steemit.com

Meski bisa hidup berminggu-minggu tanpa makan, kecoak tetap akan menghampiri sumber makanan yang aromanya cukup kuat. Kalau sekiranya kamu punya makanan yang baunya menyengat, mending tutup rapat atau simpan dalam wadah tertutup saja.

4. Tempat sampah di dapur yang terlalu penuh dan nggak ditutup

Seringnya, sampah dapur menimbulkan bau akibat kotoran yang menumpuk. Nah, hal inilah yang bisa memicu koloni kecoak datang buat menyerbu rumah. Apalagi kalau kamu nggak memisahkan sampah dapurmu, antara sampah kering dan basah.

5. Tumpukan banyak kertas secara nggak langsung juga memanggil kecoak buat masuk rumah lo!

tumpukan kertas via www.eyeem.com

Bagi serangga kotor ini, kertas merupakan makanan berserat yang baik untuk dikonsumsi. Meski akhirnya cuma diendus, tapi tumpukan kertasmu berpotensi buat dikencingi kecoak lo! Apalagi kalau kamu naruhnya di di dekat dinding yang lembap dan gelap.

Advertisement

6. Selain kertas, tumpukan piring kotor juga bisa mengundang kecoak untuk mampir dan betah lama-lama di rumahmu

tumpukan piring kotor via lifestyle.kompas.com

Tumpukan piring kotor bisa bikin ruangan jadi kelihatan lebih gelap, bau, dan lembap. Padahal ketiga hal ini sangat disukai kecoak. Nah, kalau nggak mau ada kecoak dalam rumah, mending segera cuci piringmu setelah makan.

Daripada repot ngusirnya nanti, mending cegah dengan menjauhkan apa yang bikin kecoak datang ke rumah. Kalau udah terlanjur ada kecoak, biasanya koloninya akan datang dan malah menyerbu seisi rumah lo! Ih, serem nggak sih?

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE