Nggak semua cewek punya durasi waktu yang sama ketika menstruasi. Umumnya, kebanyakan cewek akan mengalami menstruasi selama tiga hingga tujuh hari yang terjadi setiap 28 harinya. Tetapi, tidak sedikit juga wanita yang mengalami masa menstruasi lebih lama dari rata-rata orang kebanyakan lo. Durasi menstruasi yang berlangsung lama ini disebut dengan menorrhagia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan menorrhagia ini terjadi. Nah, kali ini Hipwee Tips akan memberimu daftar kemungkinan penyebab menstruasi yang berlangsung secara berkepanjangan ini. Kalau sudah tahu penyebabnya, kamu jadi nggak perlu khawatir lagi kalau-kalau menstruasimu berlangsung lebih dari waktu yang biasanya.

1. Penyebab utama yang membuat menstruasimu berlangsung lama adalah ketidakseimbangan hormon yang ada dalam tubuhmu

Keseimbangan hormon via www.harianpost.co.id

Advertisement

Ketidakseimbangan hormon biasanya terjadi pada remaja yang baru saja mengalami pubertas. Pada masa ini, hormon estrogen dan progesteron yang nggak seimbang akan memicu penumpukan yang berlebih dalam rahim sehingga menyebabkan perdarahan yang berlebih pula saat menstruasi. Hal inilah yang kemudian menyebabkan menstruasimu berlangsung lebih lama.

2. Berat badan yang berlebihan juga jadi salah satu faktor yang bikin menstruasimu berlangsung lebih lama

kegemukan via www.thequint.com

Pada cewek yang mengalami obesitas atau berat badan berlebih, secara alami ia akan memiliki sel-sel lemak berlebih yang kemudian menghasilkan estrogen tambahan. Sel-sel estrogen tambahan ini akan membuat darahmu melapisi dinding rahim yang pada akhirnya membuat darah menstruasimu jadi lebih banyak.

3. Untukmu yang sedang menggunakan alat kontrasepsi hormonal, fase menstruasi yang berlangsung merupakan hal wajar yang biasa kamu alami

Pil KB contohnya via www.motherandbaby.co.id

Alat kontrasepsi hormonal akan memengaruhi frekuensi, durasi, dan banyaknya darah yang akan keluar saat menstruasi. Nah, kalau kamu sering ganti-ganti alat kontrasepsi, maka sangat wajar jika kemudian hal ini membuat siklus menstruasimu berlangsung lebih lama. Nah, tanyakan pada dokter mengenai alat kontrasepsi apa yang cocok untukmu agar nggak mengalami gangguan menstruasi nantinya.

4. Tumbuhnya polip di dinding rahim juga menjadi penyebab darah menstruasi yang keluar cukup banyak sehingga mengakibatkan menstruasimu berlangsung lebih lama

Duh, ada polip via www.agengamatwalatra.com

Advertisement

Umumnya, polip rahim terjadi pada wanita usia subur dan disebabkan karena peningkatan hormon dalam tubuh. Selain itu, polip pada rahim ditandai dengan perdarahan di luar siklus menstruasi, perdarahan setelah menopause, hingga sulit atau tidak bisa hamil.

5. Menstruasi yang berlangsung lama bisa jadi merupakan salah satu gejala dari perdarahan uterus yang nggak normal atau Abnormal Uterine Bleeding (AUB)

Perdarahan uterus via www.erufucare.com

Penderita AUB biasanya akan mengalami menstruasi lebih dari tujuh hari dan mengalami perdarahan yang lebih banyak dari biasanya. Pada penderita AUB, darah biasanya menggumpal dan pembalut akan selalu terasa penuh setiap satu hingga dua jam. Saat gejala ini terjadi, segeralah berkonsultasi ke dokter agar tahu penyebab pastinya dan bisa segera ditangani.

6. Gangguan tiroid (seperti hipo/hipertiroidisme, penyakit graves atau hashimoto) kadang menjadi alasan di balik masalah menstruasimu lo

Akibat gangguan tiroid via health.detik.com

Meski hingga saat ini hubungan penyakit tiroid dan menstruasi belum dapat dipahami dengan baik oleh para medis profesional, namun terdapat beberapa hubungan yang menyebabkan pendarahan berat pada menstruasi dan penyakit tiroid. Medis percaya bahwa penyakit tiroid dapat memengaruhi kesuburan melalui perubahan pada ovarium yang membuat siklus dan durasi menstruasimu jadi berlangsung lebih lama.

7. Pada masa perimenopause atau akhir masa subur, kamu akan mengalami durasi menstruasi yang berlangsung lebih lama dari biasanya

Perimenopause via www.arobgyn.com

Pada masa perimenopause ini kamu akan mengalami adenomiosis di mana jaringan pelapis rahim (endometrium) tumbuh di dalam dinding otot rahim. Jaringan endometrium ini bisa menebal dan pecah sehingga membuatmu mengalami perdarahan menstruasi dalam durasi yang lama.

Dari beberapa penyebab lamanya durasi menstruasi di atas, ada beberapa hal yang seharusnya kamu waspadai untuk menghindari terjadinya hal-hal yang nggak diinginkan. Makanya, saat kamu mengalami masalah dalam tubuh yang nggak wajar, segera periksakan tubuhmu ke dokter agar dapat diketahui penyebabnya dan segera ditangani, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya