6 Penyebab Nasi Kering di Rice Cooker, Padahal Kasih Airnya Udah Banyak

Penyebab nasi kering di rice cooker

Menanak nasi menggunakan rice cooker tampaknya menjadi andalan banyak orang dari berbagai kalangan, mulai dari anak kos hingga ibu rumah tangga. Cara menanak nasi menggunakan rice cooker memang dianggap lebih mudah dan praktis daripada menggunakan panci di atas kompor. Sayangnya, nasi yang dimasak menggunakan rice cooker kadang lebih cepat kering baik di dasar teflon, maupun di permukaannya.

Advertisement

Padahal begitu matang, otomatis nasi terus dipanaskan sehingga suhunya tetap terjaga dan terlindungi oleh uap air yang membuatnya tetap lunak. Tapi kenyataannya, nasi justru gampang kering dan jadi mengurangi kenikmatan saat makan. Apalagi jika tak sengaja mengunyah nasi kering yang terasa mengganjal saat dikunyah. Apa ya penyebab nasi kering di rice cooker? Mungkin kebanyakan orang akan menyalahkan merek rice cooker atau jenis beras yang digunakan, padahal bukan itu penyebabnya, lo. Nah, kali ini Hipwee akan mengulas tentang apa saja penyebab nasi kering di rice cooker. Simak, yuk!

1. Kondisi pemanas pada rice cooker sudah rusak sehingga pengaturan suhunya tidak berfungsi dengan baik

Penyebab nasi kering di rice cooker

Rice cooker sudah tua | Credit by Chong Fat on Commons Wikimedia

Pemakaian rice cooker di atas 3 tahun biasanya membuat kondisi pemanas mengalami kerusakan. Misalnya panas yang tidak merata di seluruh bagian atau pengaturan panas yang tidak berfungsi dengan baik. Panas pada saat memasak dan panas untuk menghangatkan nasi yang telah matang harusnya berbeda. Namun, pada kondisi pemanas yang rusak, suhunya bisa saja sama antara mode masak dan mode hangat setelah nasi matang. Hal inilah yang bisa menjadi salah satu penyebab nasi kering di rice cooker.

Selain itu, kerusakan tersebut juga bisa menjadi penyebab rice cooker tidak panas, sehingga butuh waktu lama untuk menanak nasi. Apa pun mereknya, kalau sudah terlalu tua pasti bisa saja rusak!

Advertisement

2. Lapisan anti lengket pada teflon sudah terkelupas, jadi nasi bagian bawah cepat kering

Penyebabnasi keri di rice cooker

Lapisan anti lengket sudah terkelupas | Credit by Bestlist

Penyebab nasi kering di rice cooker selanjutnya adalah kerusakan pada teflon. Setiap teflon memiliki lapisan luar yang antilengket sehingga membuat nasi tidak mudah menempel. Sayangnya, proses pencucian yang kurang benar justru membuat lapisan tersebut terkelupas. Sehingga nasi mudah menempel di atas permukaan teflon, akibatnya nasi jadi mudah kering ketika terus menerus terkena panas. Apalagi di bagian bawah dan dinding teflon, bisa dipastikan nasi menempel dan kering.

3. Rice cooker jarang dibersihkan sehingga bagian uap air tertutup kotoran dan tidak berfungsi dengan baik

Penyebab nasi kering di rice cooker

Jarang dibersihkan dibagian saringan uap | Credit by Hipwee

Selain mengalami kerusakan pada mesin dan teflon, kondisi rice cooker yang kotor juga bisa menjadi penyebab nasi kering, lo. Uap air dalam proses memasak akan menimbulkan lapisan kerak pada saringan uap. Jika rice cooker jarang dibersihkan, saringan uap tidak bisa berfungsi dengan baik. Akibatnya nasi tidak mendapat uap yang cukup, tapi terus dipanaskan, sehingga lebih cepat kering. Selain saringan uap, kotoran pada mesin juga bisa menyebabkan kerjanya kurang maksimal. Jadi, harus sering dibersihkan ya, apalagi jika tiap hari dipakai!

4. Menanak nasi terlalu sedikit atau nggak sesuai kapasitas rice cooker yang seharusnya

Penyebab nasi kering di rice cooker

Menanak nasi terlalu sedikit | Credit by Pixabay

Selain masalah yang berasal dari rice cooker, penyebab nasi kering kadang disebabkan karena kelalaian pengguna. Salah satunya tidak memperhatikan kapasitas rice cooker. Jika terlalu penuh atau melebihi kapasitas, bisa menjadi penyebab nasi tidak matang di rice cooker. Tapi, jika terlalu sedikit nasi justru jadi mudah kering. Hal ini karena panas yang dihasilkan rice cooker terlalu tinggi sehingga beras yang dimasak terlalu matang dan nasinya jadi mudah kering. Sehingga, untuk masak nasi biar tidak mudah kering di rice cooker perlu diperhatikan takaran berasnya. Jangan terlalu sedit, pun jangan terlalu banyak!

Advertisement

5. Tidak menutup rice cooker dengan rapat sehingga nasi terkontaminasi udara luar sehingga jadi cepat kering

Penyebab nasi kering di rice cooker

Pastikan rice cooker tertutup rapat | Credit by Jo Zimny Photos on Flickr

Pada tutup rice cooker biasanya terdapat tombol pembuka dan pengunci otomatis. Saat ditutup dan bunyi ‘klik’ maka bisa dipastikan tutup telah terkunci rapat. Jadi, setelah mengambil nasi, kamu harus menutup rice cooker sampai bunyi ‘klik’ untuk memastikan sudah menutup dengan benar. Jika tidak, uap panas dari dalam rice cooker akan keluar dan nasi jadi terkontaminasi udara luar. Hal ini menjadi penyebab nasi cepat kering meski disimpan di dalam rice cooker.

6. Tidak mengaduk nasi setelah matang menyebabkan nasi cepat kering di dalam rice cooker

Penyebab nasi kering di rice cooker

Setelah nasi matang tidak diaduk | Credit by Nicole on Flickr

Saat menanak nasi menggunakan rice cooker, biasanya sambil mengerjakan pekerjaan lain, sehingga saat nasi matang tidak sempat diaduk. Padahal, mengaduk nasi saat 5-10 menit setelah matang bisa membantu uap panas lebih merata sehingga nasi tidak kering meski dihangatkan terus menerus. Cara mengaduknya pun cukup mudah, tinggal bolak-balik nasi hingga ke dasar teflon. Pastikan nasi diaduk sebelum padat dan menempel di permukaan teflon. Jika kamu lupa tidak mengaduk, maka bisa dipastikan nasi mudah kering, terutama bagian bawah dan samping.

Nah, itulah beberapa penyebab nasi cepat kering di rice cooker. Sebelum menyalahkan merek, coba cek dulu kondisi rice cooker kamu, apakah berfungsi dengan baik tanpa kerusakan, atau karena beberapa hal yang lalai dilakukan. Setelah tahu penyebab nasi kering di atas, sekarang mulai perbaiki yuk kebiasaan-kebiasaan yang membuat nasi cepat kering di rice cooker. Kalau ada kerusakan segera diperbaiki ke tukang service ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE