Nggak bisa dimungkiri, hampir setiap saat kita butuh jaringan internet untuk berkomunikasi dan berhubungan dengan dunia luar. Selain dari paketan internet, jaringan internet juga bisa kita nikmati lewat wi-fi. Namun, nggak jarang wi-fi mengalami kendala jaringan sehingga internetnya jadi lambat. Apalagi kalau sedang berada di tengah keramaian.

Tenyata, selain karena banyaknya pemakai, ada beberapa benda yang diyakini bikin kecepatan internet wi-fi menurun. Kalau mau internet cepat, jauhkan benda-benda ini dari router wi-fi kalian!

1. Perkakas rumah tangga berlapis metal atau logam yang ditempatkan dekat router ternyata bisa membuat wi-fi melambat lo!

dari enamel via blog.duniamasak.com

Advertisement

Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan oleh router wi-fi akan terhambat jika ada benda logam di sekitarnya. Logam merupakan konduktor listrik dan magnet yang membuat gelombang elektromagnetik  diserap oleh peralatan berlogam ini. Jika ingin wi-fi bekerja secara maksimal, jauhkan router dari benda-benda berbahan logam, ya!

2. Banyak yang belum tahu bahwa cermin yang berukuran besar bisa memperburuk kecepatan internet wi-fi

cermin via www.dis.or.id

Sifat kaca yang memantul ternyata juga berlaku untuk sinyal wi-fi. Makanya, jika router-mu diletakkan dekat cermin yang berukuran besar, sinyalnya akan memantul dan membuat kualitasnya semakin buruk.

3. Kulkas dan mesin cuci yang mengandung bahan logam bisa membuat sinyal wi-fi dalam ruangan menurun

kulkas dalam rumah via www.home.co.id

Selain karena terbuat dari logam, kedua benda ini mengandung pipa yang bertugas untuk mengalirkan air. Ternyata, air memiliki sifat yang dapat menahan gelombang nirkabel dan bisa membuat sinyal wi-fi memburuk lo!

4. Karena memiliki sifat yang hampir sama dengan cermin, ternyata jendela kaca juga bisa memperburuk sinyal wi-fi

jendela kaca via insinyurbangunan.com

Advertisement

Karena nggak mungkin jika rumahmu dibuat tanpa jendela, maka untuk mengakali agar sinyal wi-fi nggak buruk, kamu bisa mengeset jendela dari kayu. Atau, tempatkan router wi-fi agak jauh dari jendela supaya sinyal wi-fi dapat bekerja maksimal.

5. Monitor yang menggunakan teknologi nirkabel juga bisa memperlambat sinyal wi-fi

Monitornya, ya! via goodminds.id

Monitor  ini menggunakan  interferensi 2,4 GHz yang sama seperti wi-fi. Dua atau lebih perangkat yang mentransmisikan frekuensi yang sama ternyata nggak bisa bekerja secara maksimal, sehingga jaringan internet pun menjadi buruk.

6. Dinding berbahan batu bata ternyata juga bisa menjadi penghalang yang membuat kecepatan internet wi-fi-mu menurun

penuh dengan batu bata via www.dekoruma.com

Dinding bermaterial dasar keras seperti marmer, batako, dan batu bata ternyata bisa membuat wi-fi menjadi lambat lo. Jika ingin kecepatan internet wi-fi bekerja maksimal, lebih baik pindahkan router ke tempat terbuka yang nggak terhalang dinding dengan bahan-bahan yang sudah disebutkan di atas.

Itulah tadi beberapa benda di sekitar kita yang ternyata bisa memperburuk sinyal wi-fi. Nggak cuma menghilangkan sinyal, ternyata benda-benda ini juga bisa memperburuk kualitas router wi-fi lo! Makanya, jauhkan router wi-fi dari benda-benda ini, ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya