6 Trik Menghemat Kuota Internet Saat Nonton Video YouTube di Smartphone. Makin Anteng deh~

cara hemat nonton youtube

Beberapa tahun belakangan, kegiatan menonton televisi mulai bergeser ke streaming video. Hal inilah yang kemudian membuat YouTube menjadi salah satu platform yang populer di masyarakat. Platform video yang satu ini memiliki segudang konten yang membuat pemirsanya betah untuk menontonnya berlama-lama. Saking betahnya, kita jadi sering nggak sadar kalau kuota tiba-tiba sudah habis saja.

Advertisement

Tenang, nggak perlu buru-buru beli pulsa, kali ini Hipwee Tips akan berbagi cara yang bisa digunakan agar kuota tetap hemat meski sering dipakai YouTube-an. Yuk, disimak!

1. Manfaatkan fitur penghemat daya di telepon genggammu agar kuota saat nonton YouTube nggak terkuras

aplikasi penghemat daya via blogs.opera.com

Aplikasi penghemat daya akan menghemat data lebih dari 50 persen saat menonton YouTube. Selain itu, aplikasi ini mampu membantu telepon genggammu lebih hemat saat mengunduh gambar, video, atau audio lo!

2. Cara lain yang nggak kalah gampangnya ialah dengan menetapkan batasan kapasitas kuota data internet yang ingin digunakan untuk menonton YouTube

data usage android via www.macworld.com

Di smartphone android, kamu dapat melakukannya dengan cara masuk ke menu Pengaturan lalu pilih Penggunaan Data, selanjutnya aktifkan menu “alert me about data usage”. Dengan begitu kamu akan mendapat notifikasi mengenai berapa banyak kuota data internet yang sudah digunakan.

Advertisement

Sedangkan untuk platform iOS, buka Pengaturan, kemudian ketuk Seluler atau Data Seluler. Jika kamu menggunakan iPad, kamu dapat melihatnya di Pengaturan lalu Data Seluler.​ Pada menu ini, kamu bisa menentukan aplikasi mana yang diperlukan untuk pengunaan data.

3. Gunakan browser yang memiliki fitur video boost seperti Opera Mini, UC Browser, dan Chrome untuk menonton konten YouTube kesukaanmu

gunakan browser pilihan via fossbytes.com

Mesin pencari Opera Mini memiliki fitur video boost yang bisa digunakan untuk menonton video meski kuota sedang limit atau layanan internet lambat. Fitur tersebut dapat mengurangi ukuran data video sekaligus mempercepat waktu loading dan mengurangi buffering.

Nah, kalau UC Browser, ia memiliki fitur fast mode yang berguna untuk mengompresi kuota data. Selain itu, bisa juga menggunakan browser Chrome yang sudah dilengkapi fitur data saver agar penggunaan kuota tidak boros.

Advertisement
4. Agar bisa lebih tenang menonton YouTube tanpa khawatir habis kuota, kamu bisa merendahkan kualitas video yang ditonton

merendahkan kualitas video YouTube via www.pelajarterbaik.com

Semakin tinggi kualitas video yang kamu tonton, maka semakin banyak pula kuota internet yang dipakai, begitu juga sebaliknya. Nah, kalau kamu ingin menghemat kuota, atur kualitas videomu ke paling rendah maka waktu menontonmu juga lebih lama.

5. Kalau kamu sering terhubung dengan wifi, mending simpan dulu video yang akan kamu tonton di YouTube dengan mengunduhnya

unduh dulu videonya via www.gihosoft.com

Kini banyak wifi gratisan yang bisa kamu temui di berbagai tempat. Nah, manfaatkan kemudahan ini untuk mengakses dan menunduh konten YouTube yang kamu inginkan agar kuotamu jadi lebih hemat. Video yang sudah diunduh nantinya bisa ditonton saat waktu senggang secara offline alias tidak perlu terkoneksi ke internet lagi dong~

6. Terakhir, YouTube Go menjadi jawaban untukmu yang suka menonton YouTube tapi tetap ingin hemat data

Download youtube go via jogja.tribunnews.com

YouTube Go akan memberikan pilihan saat kamu ingin mengakses video — akan muncul beberapa pilihan berapa besar kuota yang akan dihabiskan untuk menonton satu video. Jadi, kamu bisa menyesuaikan kuota yang ingin kamu gunakan untuk menonton video di platform ini.

Cara-cara di atas bisa mulai kamu praktikkan agar kegiatan streaming video YouTube-mu dapat berjalan dengan lancar. Yes, nggak perlu mikir kuota lagi nih sekarang!

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE