Hey Cowok, Rawat Rambut Pomade-mu dengan 5 Cara ini Biar Nggak Gampang Rontok dan Rusak

Perawatan rambut pomade

Katanya, cowok yang pakai pomade itu adalah cowok keren yang nggak sembarangan. Bisa bikin cewek auto klepek-klepek gitu. Betul sih, keren. Tapi tahu kan, kalau produk semacam pomade ini kadang mengandung bahan kimia yang kalau keseringan dipakai bisa bikin rambut rentan rusak?

Advertisement

Jika dalam keseharian, kamu kerap mengandalkan pomade untuk mengklimiskan rambut, berikut tipsnya biar rambutmu tetap sehat walau setiap hari menggunakan pomade.

1. Gunakan pomade ketika rambutmu dalam posisi lembap, tapi nggak usah banyak-banyak

dikit aja yang penting nampol, bang~ via www.menshairstylestoday.com

Penggunaan pomade yang ideal itu sebenarnya hanya sebanyak dua ujung jari, kemudian diratakan ke telapak tangan sebelum digunakan ke rambut. Kalau kamu menggunakan pomade yang cukup banyak untuk sekali pakai dan dalam jangka pendek, justru itu akan merusak rambut dan bagian lain seperti kulit kepala yang jadi kering.

Triknya, gunakan pomade ketika rambutmu sedang lembap, selain akan lebih gampang ditata ketimbang waktu rambut kering, penggunaan pomade akan optimal dan merata walau hanya sebanyak dua ujung jari.

Advertisement

2. Gunakan hair brush biar penggunaan pomade maksimal. Jangan gunakan hair comb!

pakai hair brush via www.flipkart.com

Dua benda ini sering disalah-gunakan. Ketika menggunakan pomade, usahakan untuk tidak memakai hair comb terlebih dahulu. Karena penggunaan hair comb hanya akan mengangkat pomade melalui celah-celah sisir, akibatnya kamu jadi merasa pomadenya kurang banyak, akhirnya nambah dan nambah lagi. Gunakanlah hair brush terlebih dahulu, baru setelahnya gunakan hair comb untuk menata rambutmu.

3. Untuk kamu yang pakai motor, jangan memakai pomade ketika akan menggunakan helm

jangan gara-gara pomade jadi nggak pake helm via www.chopcult.com

Alasan ini sesederhana agar kotoran pada helm nggak berpindah ke rambut kamu yang cenderung lengket ketika memakai pomade. Tapi, meskipun helm kamu bersih, bukan jaminan rambut kamu yang sudah pakai pomade nggak akan dihinggapi kotoran dari helm. Atau malah sebaliknya, pomade-mu yang menempel ke helm dan jadi kotoran. Kalau terpaksa harus pakai helm, kamu bisa gunakan hair cap untuk menutupi rambut yang sudah ditata pakai pomade.

4. Rajin-rajin keramas. Kalau perlu gunakan sampo khusus untuk membersihkan sisa-sisa pomade

yang alami-alami~ via steemit.com

Menggunakan sampo khusus yang sesuai dengan tipe pomade yang kamu gunakan akan membantumu menghilangkan sisa-sia pomade ketika keramas. Kalau pakai sampo biasa, mungkin harus berulang kali mencucinya, tapi juga mesti memerhatikan agar jangan sampai bikin rambut jadi kering dan rusak. Imbangi penggunaan sampo yang berulang dengan penggunaan konditioner juga agar rambutmu tetap terawat.

Advertisement

5. Sesekali beri waktu untuk rambutmu beristirahat. Beri jeda agar rambutmu terbebas dari pomade barang satu hari dalam seminggu

sehari tanpa pomade nggak apa kali~ via hellosehat.com

Karena alaminya rambut adalah tanpa pomade, maka rambutmu juga butuh waktu terbebas dari penggunaan pomade. Kamu mungkin bisa memberi jeda satu hari dalam seminggu, misal ketika libur beraktivitas untuk tidak menggunakan pomade. Nah, pada saat itu kamu bisa memberi nutrisi tambahan untuk rambutmu dengan mengoleskan vitamin rambut. Sekali-kali creambath atau hair mask juga boleh banget.

Selain 5 hal di atas, kamu juga bisa mengimbangi perawatan tersebut dengan menjaga asupan makanan dan pikiran agar rambutmu senantiasa sehat. Karena kerusakan rambut juga bisa karena stres dan kekurangan protein dalam tubuh.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

colour my life with the chaos of trouble

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE