Sementara cewek punya banyak model busana yang beragam dan selalu berganti tren tiap tahunnya, busana cowok cenderung sama. Lalu bagaimana caranya tampil keren jika yang dipakai itu-itu saja? Hey, bukan cuma busana saja yang bisa dongkrak tampilan, tatanan rambut juga penting untuk kamu perhatikan. Apalagi, rambut cowok bisa bikin bosan jika tatanannya itu-itu saja.

Nah, agar tampilanmu tetap terjaga rapi jali dengan maksimal, berekspresi dengan pomade bisa jadi solusinya. Tapi juga jangan mengoleskannya sembarangan, coba tiru gaya rambut dengan pomade berikut ini.

1. Gaya pompadour cocok banget buatmu yang ingin tampil gagah bak bintang rockabilly tahun 50-an

Pompadour ala Elvis Presley via www.factinate.com

Advertisement

ompadour ini sangat timeless alias tetap abadi sepanjang masa. Gaya pompadour ini terinspirasi dari potongan rambut jadul namun eksentrik ala Elvis Presley era 50-an. Praktiknya memang agak ribet, tapi gaya rambut ini akan memberikan kesan classy, sleek, cool dan bagi penggunanya.

  • Pangkas tipis rambut bagian samping dan belakang, sementara sisakan rambut bagian atas agar lebih bervolume.
  • Keringkan dan blow rambut menggunakan hair dryer agar terangkat sempurna. Lalu oleskan sedikit pomade ke seluruh rambut secara merata.
  • Gunakan sisir bergigi rapat untuk menyisir rambut ke bagian belakang.
  • Setelah rambut ‘naik’ dengan tinggi sesuai yang diinginkan, beri sedikit lipatan di ujung jambul dengan sisir sambil menge-blow hingga mengembang.

2. Hampir sama dengan pompadour, gaya pompadour modern lebih terkesan berantakan dan mudah diterapkan

Pompadour modern via www.youtube.com

Gaya rambut pompadour modern juga termasuk yang paling sering digunakan oleh cowok urban. Meski sama-sama rapi dengan pompadour, gaya pompadour modern lebih kelihatan messy atau berantakan. Praktiknya pun nggak seribet pompadour yang harus menggunakan pengering rambut.

Advertisement
  • Colek pomade, ratakan di kedua telapak tangan, oleskan merata ke seluruh rambut. Lalu sisir ke belakang dengan sisir bergigi jarang.
  • Gunakan bagian gagang sisir untuk membuat belahan pinggir, lalu rapikan rambut bagian atasmu ke arah samping dengan sisir bergigi rapat.
  • Buat satu belahan lagi di sisi yang berlawanan dari belahan pertama, cukup sisirkan ke samping agar bisa menumpuk volume rambut di bagian atas kepala. Terakhir, rapikan.

3. Gaya rambut dengan potongan yang kontras di bagian samping dan atas menjadi penciri gaya undercut yang edgy

Cocok buat rambut keriting juga via menshaircutstrends.com

Berbeda dengan gaya pompadour, gaya rambut undercut memangkas rambut bagian samping dan belakang dengan sangat tipis hingga 1-2 cm, sedang bagian atas dibiarkan panjang. Ingat, ketegasan garis potong antara rambut bagian bawah dan atas adalah kunci. Gaya rambut ini cocok untukmu yang berambut lurus maupun bergelombang lho!

Pastikan kamu sudah mengoleskan pomade ke rambut secara merata. Setelah itu, kamu boleh menyisir rambut ke belakang ataupun ke samping sesuai selera.

4. Untuk tampilan yang lebih rebel namun tetap rapi, coba dulu gaya The Quiff yang memadukan gaya potongan pompadour dan mohawk

Kesan rebel tapi rapi via www.esquire.com

Kamu perlu memotong rambutmu dengan model undercut terlebih dahulu sebelum dipoles dengan pomade dan dibikin gaya The Quiff. Istimewanya, untuk bergaya rebel nan rapi ini, kamu nggak memerlukan sisir alias menggunakan kelihaian tangan saja.

Pisahkan rambut bagian atas yang panjang dan rambut bawah yang pendek sebelum mengoleskan pomade. Dengan kedua telapak tangan yang sudah dilumuri pomade, usap-usap rambut bagian tengah dari belakang ke depan, lalu segeralah mendorongnya lagi ke belakang. Alih-alih membiarkannya tegak berdiri seperti gaya pompadour, miringkan ke salah satu sisi kanan atau kiri.

5. Kesan gentlement akan kamu dapat jika kamu terapkan gaya classic slick back yang licin mengilap

Gaya classic sling back ini biasa ditemui di film-film abad ke 19 atau 20an, di mana menghasilkan tampilan yang klimis dan rapi. Untuk mendapatkan gaya rambut classic slick back yang sempurna, cukup usapkan pomade ke seluruh rambut secara merata. Setelah itu sisir rambut bagian atas, samping kanan dan samping kiri ke arah belakang berkali-kali sampai mendapatkan rambut klimis yang diinginkan. Meskipun bisa diaplikasikan untuk gaya sehari-hari, gaya rambut ini lebih cocok jika digunakan untuk acara-acara resmi seperti datang ke kondangan atau bertemu klien misalnya.

Satu hal yang perlu kamu perhatikan saat mengaplikasikan pomade pada rambut adalah pastikan rambut kamu masih dalam keadaan setengah kering atau masih lembap saat mengusapkannya untuk mendapatkan style yang maksimal. Setelah menggunakan pomade, cuci bersih rambutmu hingga beberapa bilasan agar pomade nggak tertinggal di kulit kepala dan menyebabkan ketombe. Salam klimis, bung!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya