“Gimana mau cantik kalau nggak bisa bedain pensil alis sama eyeliner?”

“Gimana mau punya pacar kalau dandan aja nggak pernah?”

Cewek mana yang nggak mau terlihat cantik? Kamu pun pasti demikian, seringnya ingin juga tampil sempurna. Tapi sayangnya, kamu ‘alergi’ dengan dandan. Mulai dari memang nggak suka, sampai nggak punya waktu untuk memakai make up ini itu, kamu selalu punya seribu alasan untuk nggak berdandan.

Terus gimana biar bisa cantik? Tenang. Nggak suka atau nggak bisa dandan nggak berarti kamu nggak bisa cantik. Mau tahu caranya? Ini dia!

1. Senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan adalah kunci, walaupun kamu jarang dandan dan berkutat dengan make up

Olahraga salah satu cara menjaga kesehatan via favim.com

Sebelum kamu main make up ini dan itu, menjaga kebersihan dan kesehatan badan adalah nomor satu. Pertama-tama kamu tentu harus rajin mandi. Olahraga teratur dan makan makanan yang sehat juga akan sangat berpengaruh untuk kecantikan kulitmu.

Advertisement

Begitu pun dengan rajin mandi, pastinya kamu akan terhindari dari kesan lusuh dan kusam, meski kamu nggak dandan. Sedangkan rajin olahraga dan makan makanan bergizi akan membuat tubuhmu sehat dari dalam dan pastinya membuat penampilanmu lebih menarik.

2. Rajin cuci muka dengan sabun muka yang tepat, biar wajah nggak kusam dan berjerawat

Rajin cuci muka biar nggak berjerawat via youqueen.com

Yang nggak kalah dari mandi teratur, pastinya adalah rajin cuci muka. Terkadang karena terlalu lelah setelah bekerja, atau memang kareba malas saja, kamu sering lupa untuk cuci muka. Atau supaya cepat dan efektif, kamu cuci muka dengan sabun mandi saja. Padahal kulit wajahmu punya struktur berbeda yang harus diberi perlakuan secara khusus juga.

Rajin cuci muka dengan sabun yang tepat akan mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit. Dengan begitu kulitmu akan terlihat lebih bersih dan jauh-jauh dari kusam dan jerawat.

3. Jangan lupa pakai parfum. Biar nggak dandan, kalau kamu wangi juga pasti bisa membahagiakan semua orang

Wangi adalah salah satu hal yang membuat orang betah di dekat kita. Kamu sendiri juga malas kan berlama-lama bersama orang yang bau badan? Nah, jangan lupa untuk memakai peralatan sederhana seperti deodoran dan parfum.

Tak perlu berlebihan, yang penting supaya sedap di indera penciuman. Meski kamu nggak dandan macam-macam, kalau penampilanmu bersih dan wangi, dengan sendirinya orang akan betah di sampingmu.

4. Pilih baju yang sesuai dengan situasi dan gayamu sendiri. Kalau kamu nyaman, aura positif dan cantikmu pun akan terpancar

Gaya yang khas via showbiz.liputan6.com

Untuk bisa terlihat cantik, kamu nggak harus selalu update fashion paling baru, kok. Nggak perlu juga pakai baju mewah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Yang terpenting adalah soal kenyamanan. Baju yang membuatmu nyaman, yang pas ‘kamu banget’, dengan sendirinya akan menambah rasa percaya dirimu.

Selain itu, kamu juga harus bisa menyesuaikan baju dengan situasi yang kamu hadapi. Jangan memakai kemeja dan jeans saat sedang kondangan. Jangan juga pakai baju pesta saat kamu sedang di lapangan. Dengan gaya yang kamu banget dan situasi yang sesuai, kecantikanmu bisa terpancar tanpa perlu dandan.

5. Banyak-banyaklah menebar senyum, jangan bisanya cuma jutek dan manyun

Murah senyum via victorious.wikia.com

Saat bertemu dengan dua orang sekaligus, satu orang menyambutmu dengan senyuman ramah sedangkan yang lainnya memasang wajah cemberut, mana yang lebih kamu suka? Pastinya yang tersenyum ramah bukan?

Senyuman punya kemampuan magis untuk membuat seseorang terlihat lebih menarik. Kesan hangat dan akrab serta ramah membuat orang lain betah. Bila kamu memang malas dandan, banyak-banyak senyum saja ya biar kecantikanmu bertambah.

6. Agar kamu punya inner beauty, miliki dan pupuk lah rasa percaya diri yang tinggi

percaya diri lah! via jadiberita.com

Yang paling penting tentunya rasa percaya diri. Kamu percaya nggak pada pepatah yang mengatakan bahwa bagaimana orang lain melihatmu adalah bagaimana kamu melihat dirimu sendiri? Kalau kamu minder, merasa nggak cantik, nggak bisa apa-apa, nggak layak, maka seperti itulah orang akan melihatmu.

Karena itu, rasa percaya diri adalah kunci untuk menampilkan inner beauty-mu yang terpendam selama ini. Sosok perempuan yang punya tekad kuat, tahu pasti apa tujuannya, dan yakin pada kemampuannya, selalu punya daya tarik yang kuat. Percaya nggak?

7. Selain make up, banyak bergaul juga akan membuatmu terlihat menarik di mata orang lain. Be humble!

Punya banyak teman via www.goethe.de

Bukan hanya make up yang bisa membuatmu cantik dan menarik, tapi berapa banyak teman yang kamu punya juga bisa mempemngaruhi kecantikanmu. Dengan sifat supelmu, kamu bisa bergaul dengan mudah. Ketika kamu dikelilingi banyak teman, itu artinya kamu disukai oleh banyak orang. ‘

Kan percuma kalau kamu suka berdandan habis-habisan, tapi kamu nggak tahu caranya bergaul dan bersikap ramah pada orang lain.

8. Alihkan semua perhatian dari penampilan ke isi pikiranmu. Cewek smart punya daya tarik sendiri meski sering lupa pakai bedak dan lipstik

Kecantikan cewek nggak hanya ditentukan oleh seberapa bisa dia memadu-padankan baju atau make up, tapi juga isi kepala. Mungkin kamu nggak bisa membedakan pensil alis dengan eyeliner, tapi pastinya kamu punya pengetahuan lain yang dikuasai bukan?

Cewek yang smart akan punya pengetahuan luas dan bisa diajak ngobrol tentang berbagai topik. Bila kamu bisa membuat seseorang tertarik dan terpesona dengan isi pikiranmu, siapa yang peduli dengan penampilanmu?

Cantik atau nggak cantik bukan hanya soal seberapa tebal bedak yang dia pakai, atau semelengkung apa alis yang dia punya. Kecantikan seorang cewek bisa dipengaruhi oleh banyak hal, mulai dari kepribadian sampai isi kepala. Jadi nggak perlu minder jika kamu nggak bisa dandan. Karena bila berdandan bukan keahlianmu, pastinya kamu punya hal lain yang bisa jadi kelebihan! Cheers 🙂