6 Pertolongan Pertama yang Benar untuk Hipotermia. Disetubuhi Bukan Satu-Satunya Cara

pertolongan pertama hipotermia

Baru-baru ini, media sosial ramai pemberitaan mengenai cara mengatasi hipotermia dengan disetubuhi. Cerita ini berawal dari unggahan willykurniawanid yang membagikan hasil tangkap layar komentar seseorang yang menyatakan bahwa dirinya pernah menemukan kasus hipotermia parah pada perempuan di Gunung Rinjani, yang juga dilansir oleh Kompas. Saat itu segala cara telah dicoba hingga akhirnya memutuskan untuk menyetubuhi perempuan agar suhu tubuhnya meningkat.

Advertisement

Hipotermia merupakan kondisi yang terjadi ketika temperatur suhu di tubuh menjadi sangat rendah dan jauh di bawah suhu normal. Biasanya, hipotermia terjadi di tempat yang minim fasilitas kesehatan seperti gunung. Penting buatmu, terkhusus yang kerap berada di tempat dingin, untuk mengetahui pertolongan pertama untuk hipotermia jika sewaktu-waktu mengalami atau menemui kasus serupa.

1. Segera pindahkan penderita hipotermia ke tempat yang lebih hangat

Misal kamu sedang berada di gunung dan mendapati seseorang mengalami hipotermia, segera dekatkan penderita ke api unggun. Atau jika nggak ada api unggun, tempatkan penderita di dalam tenda yang lebih hangat, ya!

2. Agar hipotermia nggak berakibat fatal, segera beri kehangatan kepada penderita dengan menyelimutinya

selimuti penderita via www.tenda-inspirasi.com

Beri kehangatan dengan melapisi seluruh tubuh penderita menggunakan selimut tebal, pakaian tebal berlapis-lapis, kantong tidur, maupun benda apapun yang bisa menghangatkan. Jangan lupa untuk membaringkan tubuh mereka di atas selimut tebal atau alas lain yang bisa memberi kehangatan.

Advertisement

3. Jika penderita mengalami hipotermia saat berada di perairan dan pakaiannya basah, segera ganti bajunya dengan yang kering dan hangat

ganti bajunya via life.trubus.id

Ini penting dilakukan untuk melepaskan sumber dingin yang menyebabkan penderita mengalami hipotermia. Hal ini juga dimaksudkan agar hipotermia yang dialami nggak menyebabkan akibat yang fatal pada penderita.

4. Jika korban masih dalam keadaan sadar, segera beri korban minuman yang hangat

beri minum hangat via travel.kompas.com

Memberi minuman hangat serta makanan yang manis dapat menggantikan energi penderita yang hilang akibat hipotermia. Meski alkohol dan kafein bisa menghangatkan, namun kamu nggak dianjurkan untuk memberikan minuman ini pada penderita, ya!

5. Kamu diperbolehkan menggunakan kompres hangat, namun hindari untuk mengaplikasikannya ke area lengan dan kaki

kompres lehernya via belitung.tribunnews.com

Kompres hangat yang ditempatkan pada area lengan dan kaki justru akan membuat suhu tubuh semakin menurun. Sebaiknya, letakkan kompres hangat pada area leher atau lipatan paha di mana terdapat arteri utama yang bisa membuat tubuh tetap hangat.

6. Jika beberapa hal di atas sudah dilakukan dan korban nggak kunjung membaik, segera peluk korban dengan perlahan

Sebelum menolong korban dengan teknik skin to skin contact alias memeluk ini, pastikan tubuhmu juga dalam keadaan kering dan nggak hipotermia. Hal ini dilakukan untuk menyalurkan panas tubuhmu kepada penderita.

Jika cara di atas masih juga belum berhasil dan penderita masih nggak sadarkan diri, segera minta bantuan kepada seseorang yang lebih paham. Kalau kamu sedang di gunung, bawa korban untuk segera turun jika memungkinkan agar segera ditangani oleh profesional. Atau, untuk berjaga-jaga, kamu bisa membeli obat hipotermia yang tersedia di apotik sebelum naik gunung. Jaga kondisi, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE