“Seperti apa sih pesta pernikahan impianmu?”

Setiap orang pasti punya gambaran tersendiri akan pesta di hari bahagia mereka. Ada yang menginginkan pesta mewah di hotel berbintang, resepsi sesuai adat yang dimiliki, hingga pesta sederhana di rumah saja. Selepas seperti apa pesta impianmu, tentu kamu harus memberikan sentuhan tema tersendiri supaya pestamu berkesan dan berbeda dari orang-orang kebanyakan.

Ingin tahu tema apa saja yang bisa membuat hari bahagiamu makin berkesan? Di artikel ini akan Hipwee jabarkan!

1. Menikah dengan menggunakan satu adat tertentu sudah biasa, jika ingin lebih mengena kamu bisa berkreasi dengan memadupadankan adat berdua.

pernikahan 2 adat via www.weddingku.com

Menikah dengan menggunakan satu adat tentu sudah sangat biasa. Namun, pesta pernikahanmu akan terlihat istimewa dan beda dari yang lainnya ketika kamu mengombinasikan adatmu dan pasangan. Gak hanya tampil unik, namun kebahagiaan kedua belah keluarga benar-benar bisa menjadi satu.

Advertisement

Jika ternyata kamu dan pasangan memiliki adat yang sama, kamu bisa kok mix and match 2 adat yang sama sekali berbeda. Misalnya saja bali-jawa, bali-sunda, sunda-jawa, hingga jawa-minang. Dijamin resepsi pernikahanmu akan beda dari yang lainnya.

2. Pesta pernikahan itu gak harus kaku dan serba formal kok. Menghilangkan pelaminan justru akan membuatmu dan pasangan kian dekat dengan tamu undangan.

tanpa pelaminan justru kamu dan tamu undangan akan kian dekat via skinrich.info

Selama ini pesta pernikahan Indonesia selalu saja digambarkan kedua mempelai bak raja dan ratu sehari. Mereka duduk di panggung mempelai yang lebih tinggi dan berjarak dari para tamu undangan. Tentu saja hal ini terkesan formal dan kaku. Jika kamu ingin membuat pesta yang penuh kehangatan dan membuat setiap tamu yang datang merasa dekat, kamu boleh kok menghilangkan panggung pelaminan dari venue.

Dengan begini, kamu bisa lebih membaur dengan para tamu undangan. Alih-alih memposisikan diri sebagai raja dan ratu, kamu dan pasangan justru seperti tuan dan nyonya rumah yang menyambut para tamu dengan tangan terbuka. Tentunya pesta kalian tentu akan lebih meriah dan gampang diingat.

3. Tema vintage yang dipadu dengan kinfolk akan membawa keunikan tersendiri. Di sini kamu bisa menggunakan barang-barang kenangan berdua hingga daun, ranting, dan bunga sebagai dekorasi.

kinfolk wedding via www.pinterest.com

Tema kinfolk sedang naik daun akhir-akhir ini, sebut saja tema pernikahan Andien yang beberapa bulan lalu baru digelar. Memang tema pernikahan satu ini sering dijadikan pilihan karena unik, beda dari yang lainnya, minimalis, dan tentu saja bisa memangkas biaya.  Untuk lokasi pestanya lebih cocok jika kamu menggelarnya di tempat terbuka. Misalnya saja hutan pinus, kebun belakang rumah, maupun taman kota yang bisa disewa untuk acara. Jadikan bunga, ranting, dan daun sebagai hiasan alaminya.

Selain itu, kamu juga bisa menambahkan dekorasi sederhana yang bisa ditemukan di sekitarmu. Misalnya saja toples kaca yang diisi dengan bunga dan dijadikan hiasan di sepanjang jalan masuk venue acara. Atau kamu juga bisa menempatkan boot lawas yang dijadikan pot dan diisi dengan bunga. Gak hanya cantik, namun tentu saja bisa menghemat biaya.

4. Ingin beda dari yang lain? Adopsi saja tema country! Gaun pengantin yang dimatch dengan boot akan membuat pengantin wanita kian seksi.

country wedding via undercoverlive.com

Tema pernikahan country juga bisa dijadikan pilihan. Tema yang satu ini memiliki tema warna cokelat, krem, dan putih. Dijamin pestamu akan terlihat unik karena bride dan bridesmaids harus menggunakan boot tinggi. Sedangkan untuk pengantin laki-laki bisa menggunakan kemeja yang dipadu dengan suspender dan menggunakan boot serta topi koboi. Jika ingin membuat pestamu jadi lebih meriah, kamu bisa menetapkan dress code bertema country juga untuk para tamu undangan.

5. Jangan pandang sebelah mata pada barang-barang bekas dan terbuang. Karena mereka justru bisa digunakan untuk dekorasi tema rustic di hari pernikahan.

rustic via nouba.com.au

Jika ingin hemat biaya, gak hanya kinfolk saja yang bisa dijadikan pilihan tapi kamu juga bisa mengangkat tema rustic. Tema rustic sendiri juga memiliki warna dasar hampir sama seperti country. Kamu bisa menggunakan warna cokelat, krem, dan juga putih. Jika tema country lebih condong ke aksesoris ala koboi, maka tema rustic justru menggunakan barang-barang yanglawas dan terbuang. Kamu bisa menambahkan sepeda tua, sofa lama, hingga koper bekas dan mesin ketik tua.

rustic wedding via www.rusticfolkweddings.com

Alih-alih menggunakan kursi, kamu bisa menggantinya dengan tumpukan jerami yang sudah diberi alas duduk. Untuk mejanya kamu juga bisa menggantinya dengan tong kayu atau keranjang kayu yang biasanya untuk tempat telur ayam. Dekorasi pestanya kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan mentah yang tersedia. Semakin alami justru semakin apik, misalnya saja tali rami, balok kayu yang sudah dipotong, hingga papan kayu untuk penunjuk jalan. Tema pesta ini pas untuk lokasi outdoor atau lumbung padi yang berukuran besar dan menyerupai gudang.

6. Warna-warna pastel yang lembut bisa dijadikan tema pesta di hari bahagia. Pestamu akan nampak manis dan ceria.

pastel wedding decoration via bridalmusings.com

Ingin membuat hari bahagiamu nampak ceria? Gunakan saja warna-warna pastel sehingga membuat suasana lembut terasa. Kamu bisa menerapkannya pada gaun yang dipakai oleh para pendamping pengantin perempuan, dress code tamu undangan, hingga bucket bunga. Warna yang bisa digunakan  adalah ungu muda, biru muda, tosca, peach, soft pink, hingga kuning. Tambahkan juga balon dan lampion dengan warna senada sebagai dekorasi pesta.

balon dan lampion via www.rusticfolkweddings.com

7. Pernikahan merupakan hari bahagiamu dan dia. Kalian bebas menjadikan hal-hal favorit sebagai tema utama, misalnya saja mengadaptasi film kegemaran berdua.

starwars theme via sugarandspace.com

Kamu bisa menggunakan hal-hal favoritmu dan pasangan sebagai tema besar saat acara pesta. Misalnya saja film kegemaran kalian berdua. Tambahkan saja aksesoris atau maskot dari film tersebut ke dalam acara pestamu. Dijamin tamu undangan yang datang juga tak akan berhenti berdecak kagum dengan keunikan pesta pernikahan yang kamu gelar.

8. Pernikahan ala putri raja di film kartun bisa diwujudkan. Pilih saja karakter princess favorit sebagai tema hari bahagia kalian.

princess ariel via www.ravishly.com

Tema pernikahan ala putri raja hampir jadi impian bagi semua anak perempuan. Kamu bisa banget kok mewujudkannya di hari bahagia. Bahkan pesta ini tak melulu harus glamour dan nampak mewah. Kamu bisa memilih salah satu princess Disney dan menyesuaikannya dengan budget yang tersedia. Misalnya saja tema pernikahan ala princess Ariel di pinggir pantai hingga tema Snow white di hutan pintus maupun taman terbuka. Kamu bisa menyesuaikan propertinya dengan yang ada di film. Selamat berkreasi ya!

9. Kalian penggemar warna biru dan hal-hal yang berbau kelautan? Angkat saja tema nautical wedding untuk hari bahagiamu dan pasangan!

nautical wedding via www.brovadoweddings.com

Dari namanya tentu sudah jelas bahwa tema pesta satu ini mengadopsi hal-hal yang berbau tentang laut. Kamu bisa memilih warna navy blue, biru muda, tosca, putih, dan kuning sebagai warna dasar. Dekorasinya kamu bisa juga menggunakan tali tambang warna putih dan biru, pasir laut, aquarium bekas, kerang-kerangan, bintang laut, jaring-jaring ikan, ember besi, dayung kayu, hingga kapal origami yang dijadikan tirai saat acara. Untuk lokasinya kamu bisa mengadakannya di dalam ruangan maupun outdoor tapi di dalam tenda, hingga di pinggir pantai. Bisa dipastikan, tamu undangan akan dibuat terkesima deh!

nautical wedding via creativedesignevents.com

Jadi, kamu pilih yang nomor berapa?