Akhir-akhir ini, media sedang ramai dengan berita pernikahan penyanyi mungil Andini Aisyah Haryadi (Andien), dengan Irwan Wahyudi atau Ippe. Pernikahannya sendiri digelar outdoor dengan tema kinfolk wedding. Foto-fotonya mengundang decak kagum karena konsepnya yang berbeda dari pernikahan lainnya. Tanpa banyak hiasan mewah, bunga mawar, dan gedung besar, suasana syahdu, romantis, dan hangat bisa tercermin dari hari bahagia yang mereka gelar.

Gara-gara pernikahannya yang apik ini, gak sedikit orang yang merasa terinspirasi. Apakah kamu salah satu anak muda yang ingin menggelar konsep pernikahan yang serupa? Berikut ini Hipwee berikan rekomendasi dan tips cara menggelarnya. Simak baik-baik ya.

1. Hutan pinus yang cocok dijadikan lokasi pesta pernikahan itu tak hanya bisa kamu temukan di Lembang. Ada juga kawasan serupa di kota-kota lainnya.

Lokasi pernikahan unik

Lokasi pernikahan unik via thebridedept.com

Advertisement

Konsep pernikahan outdoor apalagi di hutan memang belum terlalu familiar bagi orang Indonesia. Alasannya, banyak orang yang merasa khawatir jika hujan tiba-tiba datang. Padahal konsep ini bisa memberikan suasana yang lebih syahdu dan akrab lho. Selain itu, biaya dekorasi juga lebih murah. Untuk urusan hujan, kamu bisa menanggulanginya dengan bantuan pawang hujan seperti yang Andien lakukan. Atau kamu pandai-pandai memilih waktu, misalnya menggelar pernikahan pada musim kemarau.

Nah, jika Andien memilih lokasi Hutan Pinus, Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung sebagai lokasi pernikahanya, kamu bisa juga bikin suasana serupa di daerah lainnya kok. Misalnya, Hutan pinus Imogiri di Yogyakarta, Hutan pinus Sigung Mati di Wonosobo, Hutan pinus Kintamani di Bali atau Hutan pinus Malino di Sulawesi Selatan. Meski jauh dari perkotaan, menggelar pernikahan di hutan pinus justru bisa bikin pernikahan makin sakral.

2. Tanpa banyak hiasan bunga, dekorasi pernikahan outdoor bisa tampak lebih menyatu dengan alam jika menggunakan raw material.

Dekorasi pengantin yang unik

Dekorasi pengantin yang unik via instagram.com

Pernikahan dengan konsep kinfolk wedding seperti yang Andien gelar sebenarnya jauh lebih mudah dibuat daripada pesta pernikahan biasa ala orang Indonesia. Kamu tak perlu mendekorasi pelaminan dengan buket bunga besar atau hiasan mewah. Cukup dengan raw material, dekorasi pernikahanmu justru lebih menyatu dengan alam.

Advertisement

Gunakanlah batang-batang kayu sebagai hiasan. Gerai bohlam-bohlam kecil berwarna kuning dari pohon ke pohon. Manfaatkan kain putih besar dengan hiasan tanaman merambat sebagai latar pelaminan. Semua material yang kamu gunakan biarkan apa adanya tanpa banyak sentuhan hiasan tambahan atau teknologi. Jadi kesannya, pernikahan yang kamu gelar bisa lebih menyatu dengan alam.

3. Pengucapan janji suci dan resepsi cukup dilakukan di satu lokasi. Agar tidak membosankan, venue-mu bisa dibelah jadi dua bagian.

Dekorasi penikahan yang  indah

Dekorasi penikahan yang indah via instagram.com

Tak hanya resepsi saja, janji suci atau ijab kabul juga bisa kamu lakukan sekaligus di hutan pinus lho. Kamu bisa membagi venue mu menjadi dua bagian. Satu sisi kamu set menjadi tempat ijab kabul dengan mengatur kursi melingkar. Lalu tempatkan kursi pengantin di bagian tengah. Satu bagian yang lain untuk resepsi, dekorlah dengan menata kursi menghadap satu arah dengan panggung kayu di depan. Atau kamu juga bisa tata kursi berhadapan dengan meja agar bisa digunakan untuk makan.

Selain itu, jangan lupa buat tenda kecil sebagai antisipasi jika hujan menerjang ya.

4. Untuk tempat duduk tamu, kamu bisa menggunakan bangku kayu berwarna cokelat. Pasangkan dengan meja warna senada, dan suasana alam di pernikahanmu pun takkan pudar.

Dekorasi pernikahan dengan bangku kayu

Dekorasi pernikahan dengan bangku kayu via thebridedept.com

Agar kesan natural  bisa dirasakan oleh tamu undangan, kamu bisa pesan bangku kayu yang berwarna coklat. Bahkan kamu bisa menggunakan kayu bekas. Jangan lupa pasangkan dengan meja kayu dengan warna senada. Karena konsep kinfolk wedding  seperti ini cenderung effortless, kamu tak perlu menggunakan teknologi canggih untuk menghasilkan perabot yang pas untuk pesa pernikahan. Jika memungkinkan, kamu bisa meletakkan kursi ini di tempat resepsi beberapa hari sebelumnya agar kursi itu lebih menyatu dengan atmosfer hutan pinus.

Sebagai hiasan meja, gunakanlah tangkai daun yang masih segar dan letakkan di vas berbahan kayu. Sebagai pengganti taplak meja, kamu bisa gunakan bunga pohon pinus atau bunga pohon cemara sebagai hiasan. Dijamin, suasana alam hutan pinus jadi lebih kental.

5. Pesta pernikahan di hutan akan terasa menyenangkan jika kamu menyajikan hidangan nikmat dengan cara yang tak ribet.

Sajian prasmanan untuk pernikahan outdoor

Sajian prasmanan untuk pernikahan outdoor via thebridedept.com

Gak jarang saat kamu menggelar pesta pernikahan di luar ruangan seperti hutan pinus, atmosfer akan terasa dingin dan tak menentu. Maka kamu wajib menyajikan makanan yang lezat dan cukup kalori. Pilihlah menu makanan berat misalnya nasi goreng dalam ragam rasa, bakso, steak atau sop. Untuk makanan ringan, kamu bisa roti perancis, donat, ataupun cholcolate cookies  dan beberapa cemilan yang terbuat dari coklat. Karena cuaca di hutan pinus terkadang dingin, kamu bisa pilih minuman yang hangat seperti wedang jahe, kopi, atau lemon tea.

Selain itu, Karena biasanya tamu yang diundang tak telalu banyak, misal 200 orang, maka kamu  tak perlu pusing-pusing mencari katering. Kamu bisa menyiasatinya dengan membuat sendiri atau memesan catering rumahan agar rasanya lebih homy. 

6. Agar kartu undangan yang kamu berikan lebih bersifat personal, gak ada salahnya untuk buat desain dari sketsa tangan.

Undangan pernikahan yang unik

Undangan pernikahan yang unik via instagram.com

Pernikahan Andien tampak istimewa juga karena undangannya. Undangan sketsa tangan hasil karya sahabatnya ini memang beda dari undangn-undangan yang lainnya. Nah, jika kamu ingin melakukan hal yang serupa, caranya mudah kok. Kamu bisa gunakan jasa skesta atau saudaramu yang jago menggambar. Lalu buatlah beberapa gambar dalam kertas yang berbeda, misalnya cover depan, informasi acara, doa, dan tak lupa penunjuk peta. Lalu masukkan ke jasa percetakan untuk menggandakannya.

Undangan pernikahan seperti akan lebih berkesan bagi tamu, karena goresan tangan terasa personal. Nah, pastikan kamu menyebarkan undangan ini jauh-jauh hari ya. Lokasi yang jauh dari perkotaan tentu butuh kesiapan juga bagi para tamu yang datang.

7. Mengenakan busana pengantin dengan konsep dress panjang dan setelan jas berwarna lembut bisa membuatmu jadi raja dan ratu hutan seharian.

Busana pengantin yang apik

Busana pengantin yang apik via instagram.com

Pernikahan yang digelar di luar ruangan seperi hutan pinus tentu gak boleh menggunakan busana yang sembarangan. Agar terlihat lebih natural, kamu bisa memilih gaun-gaun bertema vintage atau klasik. Gunakan kain brokat perancis atau kain prada. Kain jenis ini akan terlihat cantik meski tanpa banyak hiasan yang menempel di badan. Untuk aksesorisnya, cukup buat bandana dari potongan kain yang berlebih. Agar lebih apik pilihlah kain yang berwarna natural, seperti putih tulang atau krem. Agar kamu tetap nyaman melangkah ke pelaminan, buatlah busana pengantin yang tidak terlalu panjang atau mengekor ke belakang.

Untuk mempelai pria, bisa pilih setelan jas dengan warna abu-abu, corn flower blue, atau lavender. Dengan setelan busana pengantin seperti ini, dijamin pesta pernikahanmu lebih menyatu dengan alam dan terkesan seperti raja dan ratu hutan seharian. Jadi kamu tak sia-sia membuat konsep kinfolk wedding yang unik.

Agar pesta penikahan unikmu bisa dilaksanakan dengan lancar, pastikan kamu sudah mempelajari hal-hal yang perlu dilakukan 12 bulan sebelumnya disini ya. Dengan begitu pesta pernikahanmu bisa lebih matang.

Pesta pernikahan yang digelar di hutan jauh lebih menyenangkan dengan saksi angin, kicauan burung, dan pohon yang menjulang. Dijamin akan terasa lebih sakral.

Semoga bahagia. Jangan lupa kirim undangan ke Hipwee ya 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya