Pakai Pore Pack Bikin Wajah Makin Komedoan? Cek 7 Buktinya ini Biar Usahamu Nggak Percuma

Pore pack bikin komedo

Salah satu hal yang bikin para cewek seketika bahagia adalah melihat komedo di hidungnya terangkat dari pore pack. Apalagi kalau pori-pori kulitnya juga tampak lebih bersih dari sebelumnya. Nggak heran kalau pore pack jadi pilihan favorit banyak orang untuk memanen komedonya.

Advertisement

Berkebalikan dengan khasiatnya untuk mengangkat komedo, beberapa orang beranggapan bahwa memakai pore pack justru bikin komedo semakin banyak dan pori-pori juga makin besar. Apa iya?

Daripada menebak-nebak sendiri, berikut beberapa fakta tentang pore pack yang bisa jadi pertimbanganmu.

1. Pore pack memiliki kemampuan menarik dan mengangkat komedo, namun hanya di bagian permukaan saja

hanya dibagian permukaan saja via www.facetofeet.com

Meskipun kulit terasa lebih bersih setelah pakai pore pack, kenyataannya pore pack nggak bisa mengangkat semua minyak dan kotoran yang tersembunyi dalam pori-pori. Kotoran yang terlewatkan lama-kelamaan akan terakumulasi bersama sel kulit mati. Ini yang kemudian menyebabkan komedo tetap ada atau bahkan bertambah.

Advertisement

2. Bukan untuk komedo putih, sebenarnya tugas pore pack hanya mengangkat komedo hitammu yang berada di permukaan saja

untuk menghilangkan komedo hitam via stylo.grid.id

Tujuan utama penggunaan pore pack adalah menghilangkan komedo hitam, bukan yang lain. Apalagi komedo putih dan jerawat batu yang letaknya jauh di bawah permukaan kulit. Nah, kalau kamu sudah melihat kotoran mirip rambut saat mengangkat pore pack, maka selesai sudah misimu. Nggak bisa berharap lebih gitu~

3. Kalau kamu sering dengar pernyataan bahwa pore pack dapat mengecilkan pori-pori, ini keliru

nggak bisa mengecilkan pori via hellosehat.com

Kulit tampak lebih mulus setelah menggunakan pore pack itu hanya efek sesaat. Setelah pemakaian, pori-pori akan tampak lebih kecil karena terangkatnya kotoran yang ada di permukaan. Pore pack hanya bisa membantu mengangkat dan membersihkan kotoran yang menyumbat pori-pori saja, tapi bukan mengecilkan pori-pori.

4. Pore pack juga bukan barang eksklusif, kamu bisa bikin pore pack ala-ala dengan bahan alami di rumah

pakai kapas juga bisa via www.beautylish.com

  • Ambil kain perca secukupnya.
  • Siapkan bahan untuk adhesif atau perekatnya, seperti buttermilk, putih telur, dan gelatin atau madu. Campur jadi satu.
  • Oleskan pada kain perca dan tempelkan pada hidung seperti saat menggunakan pore pack.
Advertisement

5. Meski saat mengangkat pore pack kulit akan terasa lebih sakit, tapi ini nggak akan merusak kulitmu kok!

nggak merusak kulit via www.wikihow.com

Saat melepas pore pack, biasanya bagian wajah tertentu akan terasa sakit, tapi nggak perlu khawatir karena sebenarnya pore pack nggak sampai melukai kulitmu kok. Tapi, kalau kamu sedang mengalami iritasi kulit, menggunakan pore pack justru akan memperburuk kondisi kulitmu lo!

6. Setelah menggunakan pore pack, kamu tetap harus melakukan perawatan muka lebih lanjut

pakai skincare setelahnya via bukanaku.com

Setelah menggunakan pore pack, baiknya segera cuci muka untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel di hidung dan pipi. Setelah itu, gunakan skincare seperti biasa untuk melindungi pori-pori dari kotoran supaya nggak menyumbat dan memicu munculnya komedo lanjutan.

7. Meski membantu mengangkat komedomu, sebaiknya jangan gunakan pore pack terlalu sering, ya!

jangan dipakai terlalu sering via www.bustle.com

Sering menggunakan pore pack dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif. Pakai saja maksimal dua minggu sekali supaya nggak terjadi iritasi.

Menggunakan pore pack memang dinilai cukup aman dan efektif jika digunakan dengan benar. Namun, bukan berarti kamu harus percayakan semua masalah kulit wajahmu dengan hanya menggunakan pore pack saja. Kamu perlu pahami bahwa pore pack hanya bekerja untuk menghilangkan komedo (hitam), bukan mencegahnya balik lagi.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE