Cara Mudah Atur Layout Print di MS Word Biar Hasilnya Mirip Folio Bergaris. Jauh Lebih Rapi

Print word format folio

Sudah jadi hal yang lumrah jika mahasiswa selalu dipenuhi dengan resume atau tugas yang cukup banyak. Meski teknologi sudah cukup canggih, tapi tetap ada beberapa dosen yang meminta mahasiswanya untuk mengerjakan tugas tersebut di folio.  Kesalnya, kadang justru ada dosen yang justru meminta tugas dari fotocopy-an folionya. Nah, karena keresahan inilah seorang pemilik akun twitter @bulutiluuu mencoba mencari cara untuk memudahkannya mengerjakan tugas. Biar lebih gampang, ia mencoba untuk membuat tugasnya dengan MS Word yang kemudian diatur seperti kertas folio.

Advertisement

Cara praktis ini, dibagikan oleh pemilik akun di atas melalui sebuah utas dalam akun pribadinya. Nah, buatmu yang sering mengeluhkan hal yang sama dan ingin mempraktikkan cara praktisnya, bisa menyimak ulasan berikut.

1. Biar hasil ketikan nggak berantakan, atur layout-nya lebih dulu. Pilih ukuran kertas sesuai dengan folio yang dipakai, biasanya sih F4 berukuran 21.6 x 33. Pilih ‘narrow’ untuk bagian marginnya

atur margin via www.youtube.com

2. Setelah itu, blok semua isinya. Bisa dengan mouse atau kalau mau lebih cepat tekan CTRL + a saja. Masih dalam posisi diblok, sisipkan tabel yang ada di bagian menu atas

blok semua tulisan via twitter.com

3. Atur border dan hilangkan garis di sisi kiri dan kanan tabel. Menu ‘border’ bisa kalian temukan di bagian atas. Nah, kalau mau dihilangkan, tinggal klik di sisi dalam sub menuborder

hapus sisi tabel via support.office.com

4. Selanjutnya, garisi satu per satu dengan menggunakan ‘draw table’ pada menu ‘layout’

gambar tabel via twitter.com

Biar nggak kesulitan, baiknya poin-poin penjelasan diketik setelah sudah ada garis. Pastikan kamu mengecek garisnya satu per satu. Nah, buat yang benar, harusnya garis cuma di atas bawah.

Advertisement

5. Sebelum dicetak, atur lagi layout-nya. Biasanya pengaturan margin layout ini berbeda, tergantung pada kertas yang dipakai

atur margin lagi via twitter.com

Tapi di sini, pemilik utas menggunakan aturan ketinggian hight 0.6 cm dan line spacing 1.15. Melihat dari salah satu balasan warganet lain, untuk folio bergaris merk Sidu, margin atasnya bisa pakai 1.1 inch dan bawah 0.8 inch, tapi line spacing mesti diutak-atik sendiri sampai nemu yang pas.

6. Nah, kalau semua sudah pas, bisa segera dicetak biasa. Tinggal klik CTRL + p atau masuk ke menu ‘file’ kemudian pilih ‘print’. Jangan lupa dipratinjau dulu, ya!

tinggal print via www.addintools.com

7. Terakhir, pastikan kamu memilih font yang tepat sesuai tulisan tangan. Hurufnya bisa kamu unduh di beberapa website 

pilih font juga via twitter.com

Beberapa font yang bisa dipakai ialah Ink free, Comic sans , dan Bradley Hand.

Nah, gampang bukan cara buatnya? Selain lebih praktis kamu juga nggak perlu capek-capek nulis tangan lagi. Selamat mencoba!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE