8 Jenis Pupuk untuk Aglonema yang Bikin Tanaman Hiasmu Makin Subur

Pupuk untuk aglonema

Tren mengoleksi tanaman hias kembali melejit semenjak pandemi karena aktivitas di luar rumah yang masih sangat terbatas. Hal ini membuat banyak orang memilih untuk berkebun demi mengusir rasa bosan. Ada yang berkebun dengan menanam beragam tanaman sayur hingga mengoleksi beragam tanaman hias. Nggak heran kalau kini harga tanaman hias seperti monstera, anthurium, hingga aglaonema kembali naik.

Advertisement

Bagi kamu yang sedang gemar mengoleksi tanaman hias, jangan lupa untuk selalu merawat tanamannya agar tetap sehat, ya. Jangan sampai tanamannya hanya tergeletak di teras tanpa diurus, lo. Nah, kali ini Hipwee akan memberikan rekomendasi beberapa jenis pupuk yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan pertumbuhan salah satu tanaman hias, yakni aglaonema. Yuk, langsung simak ulasan berikut!

1. Pupuk NPK Mutiara bisa meningkatkan kesegaran dan kecerahan warna daun pada tanaman aglaonema

Pupuk NPK Mutiara | Credit via ilmubudidaya.com

NPK mutiara merupakan salah satu pupuk terkenal di kalangan pencinta tanaman hias. Selain karena harganya yang cukup terjangkau, pupuk NPK juga memiliki kandungan unsur hara yang lengkap. Pupuk ini dapat meningkatkan kesegaran dan kecerahan pertumbuhan warna daun pada tanaman aglaonema. Cara menggunakan pupuk NPK Mutiara juga cukup mudah, yaitu dengan menghancurkan butiran halusnya lalu taburkan pada sekeliling aglaonema sehingga pupuk bisa lebih cepat menyerap.

2. Pupuk kompos memiliki kandungan unsur hara yang tinggi sehingga baik untuk pertumbuhan tanaman

Image by Joke vander Leij from Pixabay

Pupuk kompos merupakan pupuk organik buatan yang terdiri dari hasil penguraian beragam sisa-sisa tanaman dan hewan. Hal ini membuat pupuk kompos memiliki kandungan unsur hara yang tinggi untuk tumbuhan. Sebelum menggunakan kompos sebagai pupuk, kamu harus memastikan pupuk komposmu telah matang dengan ciri-ciri pupuk berwarna cokelat kehitaman, gembur, dan berbau menyerupai tanah.

Advertisement

Cara penggunaannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mencampurkan pupuk kompos dengan media tanam aglaonema. Harga pupuk ini juga termasuk terjangkau dan mudah didapatkan.

3. Pupuk untuk aglaonema selanjutnya ialah pupuk humus yang memiliki kandungan nutrisi lengkap

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Pupuk humus dapat digunakan untuk mendorong pertumbuhan daun aglaonema menjadi lebat dan berwarna cerah. Pupuk ini juga memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro serta nutrisi lengkap sehingga tepat menjadi pupuk untuk aglaonema. Cara penggunaan humus juga mudah, yaitu dengan menaburkan satu genggam humus ke media tumbuh setiap 1-3 bulan sekali.

4. Kandungan sitokinin pada pupuk Novelgro sangat baik untuk pertumbuhan daun aglaonema

Advertisement

Pupuk Novelgro | Credit via Garden 1WSaputra on YouTube

Pupuk Novelgro adalah pupuk cair berwarna hijau bening dan memiliki kandungan sitokinin yang sangat baik bagi pertumbuhan daun aglaonema. Hormon sitokinin berperan untuk meningkatkan dan mempertahankan kandungan zat hijau daun atau klorofil pada daun aglaonema. Selain itu, sitokinin juga dapat membantu keberlangsungan proses fotosintesis serta dapat membantu aglonema untuk dapat tumbuh dan berkembang lebih cepat, warna daun cerah, dan menyerap hara lebih banyak.

Keindahan daun menjadi daya tarik utama tanaman hias yang satu ini sehingga pupuk ini sangat tepat menjadi pupuk untuk aglaonema. Kamu hanya perlu memberikan pupuk sebanyak satu hingga dua kali setiap bulan dengan konsentrasi 1 cc per liter air.

5. Pupuk daun Grow More memiliki unsur hara makro dan mikro yang lengkap untuk pertumbuhan daun

Pupuk Grow More untuk aglanonema | Credit via grow-more-indonesia.bussiness.site

Pupuk satu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk tanaman hias, terutama aglaonema. Grow More memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro yang lengkap. Selain itu, cara mengaplikasikannya juga cukup mudah, yaitu dengan melarutkan 1-2 gram Grow More dalam 1 liter air dan semprotkan pada bagian daunnya. Lakukan pengulangan setiap 5-10 hari sekali.

6. Memiliki unsur hara dan kandungan nitrogen yang cukup tinggi, pupuk daun Gandasil juga bisa digunakan sebagai pupuk untuk tanaman aglaonema

Pupuk Gandasil | Credit via ilmubudidaya.com

Memiliki kemiripan dengan Grow More, Gandasil bisa menjadi pilihan tepat untuk aglonema karena memiliki kandungan unsur hara kadar N yang mencapai 20%. Penggunaan pupuk daun gandasil D akan lebih maksimal jika dilakukan dengan cara disemprotkan. Kamu bisa melarutkan 1-3 gram Gandasil D dalam 1 liter air, lalu semprotkan pada aglaonema. Lakukan pemupukan ini setiap 8-10 hari sekali.

7. Selanjutnya, ada pupuk Dekastar yang bisa mendorong pertumbuhan daun lebih cepat dan lebat

Pupuk dekastar | Credit via Ayo Berkebun on YouTube

Pupuk dekastar juga menjadi salah satu pupuk yang direkomendasikan karena dapat mendorong pertumbuhan daun aglaonema agar tumbuh lebih lebat. Kamu bisa memberikan pupuk dekastar plus osmocote 13-13-13+TE. Pemupukan aglaonema menggunakan pupuk dekastar hanya perlu dilakukan enam bulan sekali. Kamu bisa memberikan pupuk secara rutin setiap sepuluh hari sekali untuk tanaman aglaonema yang baru berusia 0-2 bulan.

Sebelum tanaman diberi pupuk, kamu harus memastikan media tanam dalam keadaan kering. Lalu, kamu bisa menaburkan setengah sendok makan butiran pupuk dekastar ke media tanam tersebut. Setelah pupuk ditaburkan, siram media tanam aglaonema dengan air bersih agar pupuk lebih mudah larut. Pemberian ini juga dapat memacu pertumbuhan daun yang lebat dan meningkatkan harga jual aglaonema.

8. Memiliki fungsi yang sedikit berbeda, pupuk Atonik bermanfaat untuk memacu pertumbuhan akar tanaman aglaonema

Pupuk atonik | Credit via Ayo Berkebun on YouTube

Terakhir, ada pupuk Atonik yang mengandung senyawa hormon yang dapat memacu pertumbuhan akar tanaman aglaonema. Jika pertumbuhan akar baik, maka hal ini juga akan memperkuat pertumbuhan tanaman aglaonema. Pupuk Atonik juga membantu meningkatkan daya serap unsur hara yang terdapat pada tanah sehingga dapat mempercepat pertumbuhan daun dan bunga.

Nah, itu dia beberapa jenis pupuk untuk aglaonema yang bisa kamu gunakan agar tanamanmu semakin subur. Siapa nih di sini yang mengoleksi tanaman hias juga selama pandemi? Yuk rajin dirawat supaya tanamannya selalu sehat~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE