7 Jenis Bunga Aglonema yang Kerap Jadi Rebutan. Cantik Warnanya, Pantas Saja Harganya Jutaan

Bunga aglonema

Bunga aglonema merupakan salah satu spesies tanaman hias yang banyak digemari saat ini. Memiliki nama lain ‘Sri Rejeki’, tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah tropis seperti Indonesia, tapi tak bisa menoleransi udara dingin di bawah 16 derajat. Selain karena perawatannya yang cukup mudah, aglonema banyak disukai karena warna dan corak daunnya yang indah. Manfaat bunga aglonema pun tak sekadar jadi hiasan saja, tapi juga bisa menyerap polutan di sekitar tempat meletakkannya.

Advertisement

Harga bunga aglonema saat ini memang cukup fantastis, namun masing-masing jenis memiliki standar nominal yang berbeda. Buatmu yang berencana ingin memilikinya, wajib mengetahui jenis bunga aglonema agar tak terkecoh dengan harganya. Berikut jenis-jenis bunga aglonema yang sedang populer di kalangan masyarakat.

1. Bunga aglonema bidadari merupakan salah satu varietas aglonema yang sedang banyak dicari

Aglonema bidadari | credit: Instagram @lolaflora.roslinna via www.instagram.com

Disebut sebagai aglonema bidadari karena warnanya yang cantik dan bagus motif daunnya. Terdiri dari warna kuning, jingga, pink, dan hijau serta memiliki tangkai penopang berwarna merah muda yang ujungnya berbercak. Pantas kalau banyak orang terpesona. Karena sekarang varietasnya sedang populer, harga bunga aglonema bidadari jadi sedikit lebih mahal. Di pasaran dijual dengan harga sekitar 100 ribuan.

2. Warna daun dari bunga aglonema Red Sumatra cenderung lebih gelap daripada varietas lainnya. Tapi tetap cantik dan menawan

aglonema Red Sumatra | credit: wukuqtrendy on Shopee via shopee.co.id

Bunga aglonema merah ini memiliki daun memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Menurut cerita, bunga ini merupakan varietas aglonema pertama yang merah warnanya. Umumnya, pertumbuhan aglonema ini dipengaruhi oleh faktor genetik, iklim, dan cara pemeliharaan. Jadi, jika kamu menginginkan bunga aglonema red Sumatra makin rimbun daunnya, rawatlah dengan baik dan jangan lupa sirami sesuai kebutuhannya.

Advertisement

3. Daun bunga aglonema lipstik lebih runcing ujungnya tapi warnanya hampir mirip kok dengan varietas aglonema lainnya

aglonema lipstik | credit: mybotanyland via mybotanyland.com

Dijuluki aglonema lipstik karena di bagian pinggir daun terdapat warna merah terang yang bentuknya seperti lipstik. Selain kecantikan dari warna daunnya, batang aglonema lipstik juga menarik lo! Warnanya merah muda gitu. Baiknya tempatkan aglonema lipstik di area yang sejuk dan bersihkan serta lap daunnya setiap hari supaya makin mengilat.

4. Jika biasanya bunga aglonema identik dengan warna merah, varietas aglonema nitidum justru warna daunnya dominan hijau dan putih, kalaupun ada merahnya biasanya juga nggak banyak

bunga aglonema nitidum | credit: whiteflowerfarm via www.whiteflowerfarm.com

Bunga aglonema hijau ini bisa digunakan untuk menghiasi kamar tidur maupun ruang kerja yang sumpek dan minim cahaya. Jangan khawatir, sekalipun gelap dan nggak kena paparan sinar matahari, warna daunnya ngga akan pernah berubah — tetap hijau sempurna. Bahkan saking mencoloknya, daun hijau putih bunga aglonema ini dapat berperan sebagai ‘pewarna’ dalam ruangan. Lumayan bisa jadi alternatif saat bosan memandang bunga aglonema merah.

5. Ada juga varietas bunga aglonema putih yang nggak kalah menarik untuk diadopsi. Namanya, aglonema emelard bay

Advertisement

aglonema emerald bay | credit: miamitropicalplants via miamitropicalplants.com

Aglonema emerald bay merupakan salah satu varietas yang paling toleran dengan cahaya rendah. Wajar apabila tanaman hias ini kerap digunakan untuk menghiasi ruangan yang agak gelap. Warna daunnya pun sedikit berbeda dengan varietas bunga aglonema lainnya, yakni berwarna hijau matang dengan sedikit semburan abu-abu keperakan di tengah daunnya.

Sekalipun tak mendapatkan sinar matahari yang cukup, bunga aglonema ini bisa tumbuh dengan subur. Beda halnya dengan bunga aglonema butterfly yang harus hidup di bawah paparan sinar matahari.

6. Aglonema suzy merupakan salah satu varietas bunga aglonema termahal. Harganya bisa berjuta-juta lo!

bunga aglonema Suzy | credit: Instagram @plont.space via www.instagram.com

Varietas yang satu ini merupakan salah satu jenis aglonema yang jadi primadona. Sekilas tampilannya mirip dengan bunga aglonema venus, tapi jika diamati lebih dekat warna daun dan coraknya berbeda. Bunga aglonema suzy memiliki daun berwarna hijau segar dengan bercak merah muda melintang di bagian tengahnya. Supaya aglonema suzy tumbuh subur, tempatkan di ruang terbuka seperti teras rumah, karena tanaman ini mesti mendapatkan sinar matahari yang cukup.

7. Aglonema cutlass masih jarang dilirik, padahal bagus juga kalau dipakai untuk menghiasi meja kantor

aglonema Cutlass | credit: Instagram @plantsonpapertowelroll via www.instagram.com

Sesuai dengan namanya, bunga aglonema ini memiliki bentuk daun yang panjang dan menjuntai. Sekilas daunnya mirip dengan belati. Aglonema cutlass ini warnanya lebih dominan hijau putih lembut dengan tepian daun yang berwarna hijau gelap. Tak perlu diamati secara detail, dilihat sekilas pun warnanya beda jauh dengan varietas bunga aglonema red venus yang dominan merah. Nggak apa-apa hijau putih, toh tetap cantik kok.

Harga bunga aglonema nggak semuanya mahal. Buktinya, masih varietas aglonema tertentu yang dibanderol dengan harga ratusan ribu saja. Biasanya, harga tersebut tergantung dari jumlah daunnya. Kalau masih awam, baiknya beli yang agak murah saja, apalagi jika belum tahu cara merawatnya.

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE