Nggak Semua Orang Tahu, Ini 4 Tips Meracik Teh yang Menjadi Rahasia Kenikmatan Teh Tong Tji

Tips meracik teh

Pembuatannya yang relatif mudah dan aromanya yang nikmat adalah dua alasan mengapa teh digemari berbagai kalangan. Selain itu, teh juga digemari karena memiliki banyak khasiat, di antaranya bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi. Nggak heran kalau teh biasa dinikmati pada pagi hari sebelum orang-orang memulai rutinitas.

Advertisement

Nah, meskipun teh merupakan jenis minuman yang tergolong mudah disajikan, kenyataannya nggak semua orang tahu cara mendapatkan racikan  teh yang pas dan nikmat. Untuk itu, Tong Tji Tea Indonesia, produsen teh lokal yang sudah eksis sejak tahun 1938 pun membagikan rahasia di balik racikan tehnya yang nikmat. Apa saja?

1. Kualitas air dan temperatur seduh menjadi elemen penting dalam meracik teh

Perhatikan kualitas air dan temperatur | Photo by 五玄土 ORIENTO on Unsplash

Nggak sedikit dari kita mengandalkan air panas dari dispenser, yang mana tidak bisa dipastikan temperaturnya, untuk menyeduh teh. Padahal, temperatur air untuk menyeduh teh penting diperhatikan. Idealnya, air untuk menyeduh teh memiliki temperatur sekitar 80-90 derajat celcius.

Selain temperatur, jenis air yang digunakan untuk menyeduh teh juga perlu dipertimbangkan. Dalam hal ini, air dengan kadar garam dan mineral yang tinggi adalah pilihan ideal, karena dapat memengaruhi rasa teh menjadi lebih murni saat diseduh.

Advertisement

2. Pilih tempat penyimpanan teh yang tepat, bukan di lemari pendingin atau di tempat panas

Pilih tempat penyimpanan teh | Photo by Skitterphoto via Pexels

Selain soal menyeduh, masih banyak yang mengabaikan cara penyimpanan teh. Padahal, kualitas teh yang baik juga ditentukan dari tempat penyimpanannya, loh. Oleh karena itu, teh tidak disarankan disimpan di dalam lemari pendingin atau tempat yang lembap karena dapat menimbulkan jamur.

Selain itu, teh juga tidak disarankan disimpan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Sebab, suhu yang terlalu panas akan membuat aroma teh menguap dan kadar teh pun menurun. Kamu juga tidak disarankan menyimpan teh di dekat benda yang berbau menyengat, karena teh bersifat menyerap bau.

3. Perhatikan waktu simpan teh yang sudah diseduh

Advertisement

Perhatikan waktu simpan teh | Photo by TeaCora Rooibos on Unsplash

Kamu mungkin pernah merasakan teh yang sudah tidak nikmat lagi beberapa jam setelah diseduh. Padahal, kualitas air dan temperatur sudah kamu perhatikan. Penyimpanan teh pun sudah ideal. Hal tersebut bisa terjadi karena kamu mendiamkan teh terlalu lama setelah diseduh. Teh alami tanpa pengawet memiliki waktu simpan yang tidak lama setelah diseduh.

Waktu simpan teh yang sudah diseduh hanya berkisar antara enam sampai delapan jam saja. Jika melebihi itu, kenikmatan teh pun akan berkurang. Dalam hal ini, teh akan berubah warna menjadi keruh dan aromanya pun menjadi pudar.

4. Kualitas bahan campuran teh seperti gula akan sangat berpengaruh pada kualitas teh

Perhatikan bahan campuran teh | Photo by Daria Rem from Pexels

Cara menikmati teh setiap orang berbeda-beda, ada yang menyukai teh murni tanpa campuran, ada pula yang suka menambahkan bahan campuran. Bahan yang seringkali dicampurkan dalam teh adalah gula. Nah, ternyata bahan campuran apapun itu akan sangat memengaruhi kualitas teh, loh.

Adapun untuk mendapatkan rasa teh yang berkualitas, gula yang akan dicampurkan harus murni tanpa pemanis buatan. Jika ingin menambahkan bahan campuran lainnya, kamu bisa menambahkan perasan jeruk lemon, susu, dan madu yang murni pula.

Itu dia empat rahasia racikan teh dari Tong Tji yang bisa kamu praktikkan di rumah. Kalau nggak pengin repot, kamu bisa menikmati racikan teh terbaik di gerai-gerai Teh Tong Tji di berbagai pusat perbelanjaan.

Tak hanya teh, kamu juga bisa menikmati makanan khas Nusantara di gerai Tong Tji Tea House dan Tong Tji Xpress, dengan promo menarik berupa cashback 100% dalam kampanye ShopeePay Day tanggal 22-24 Oktober, dan Shopee Mantul Sale tanggal 25-27 Oktober.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

CLOSE