8 Inspirasi Rak Kayu untuk Pot Tanaman di Dalam Ruangan. Tampak Estetik dan Nggak Berceceran

rak kayu

Kadang-kadang udara terasa pengap saat di dalam ruangan, makanya banyak yang memilih untuk menanam yang hijau-hijau di dalamnya. Hanya saja kalau penataannya salah, bukannya pemandangan indah yang didapatkan malah ruangan jadi terkesan kotor dan berantakan. Salah satu yang bisa dilakukan untuk menata tanaman-tanaman tersebut agar rapi adalah dengan menaruhnya dalam sebuah rak. Rak kayu menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk kesan natural dan menyatu dengan tanaman indahmu.

Advertisement

Rak ini juga memiliki berbagai pilihan bentuk yang sangat beragam lo, mulai dari rak kayu minimalis sampai rak kayu unik yang beberapa di antaranya bahkan bisa dibikin sendiri! Tapi, kamu juga nggak bisa asal menaruhnya, supaya bisa ‘masuk’ ke ruanganmu, simak yuk beberapa pilihannya berikut ini!

1. Rak kayu susun berbentuk tangga tak melulu menghabiskan space ruangan, pasalnya ada juga yang ukurannya kecil dan menggemaskan

Rak susun/ Credit: Dekoruma via www.dekoruma.com

selain estetik, rak susun yang berbentuk seperti tangga ini juga mampu memuat banyak tanaman sekaligus. Tanaman jadi kelihatan rimbun dan bervolume. Kamu bisa menyusunnya dengan menaruh pot bunga besar di bagian paling bawah dan yang lebih kecil di bagian atasnya. Tingginya bisa disesuaikan dengan kesan penuh yang ingin ditimbulkan. Rak ini akan cocok ditaruh di ruangan mana saja asal memiliki ventilasi dan pencahayaan yang baik supaya rata sampai ke pot yang ada di bawah.

2. Masih dengan model bersusun, rak kayu bertingkat yang bentuknya zig-zag dijamin akan sedap dipandang

Zig-zag/ Credit: Lazada via www.lazada.co.id

Bentuk yang tidak sama antara sisi kanan dan kiri atau atas dan bawah akan membuat rak susunmu mencuri perhatian. Pun bentuknya yang zig-zag bisa membuat tanaman terlihat lebih ringkas. Rak bunga ini bisa ditempel di dinding untuk pot yang kecil-kecil maupun diletakkan di sudut rumah untuk rak yang lebih tinggi. Nah, yang ditaruh ini biasanya disebut plant stand dan memiliki ciri-ciri yang lebih ramping. Rak ini cocok ditaruh di ruang tamu, kamar, maupun di dapur.

Advertisement

3. Rak kayu tempel dinding atau biasa disebut dengan model ambalan akan memberikan kesan seolah melayang yang membuatnya terlihat unik

Melayang/ Credit: Weheartit via weheartit.com

Ambalan sebenarnya bisa menjadi rak kayu dinding serbaguna untuk apa saja, salah satunya untuk menaruh tanaman cantikmu ke dalam ruangan. Bentuknya pun bisa beragam lo, tak hanya sebuah papan kayu kotak yang disusun paralel, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan bentuk lain seperti heksagon atau lingkaran. Ukurannya pun tak melulu kecil-kecil, bisa juga dibuat lebih lebar dan panjang. Dindingmu bakal jauh dari kesan polos dan membosankan.

4. Demi memberikan kesan yang lebih modern, rak kayu minimalis akan jadi pilihan ciamik untukmu yang menyukai hal-hal simpel

Minimalis/ Credit: Independent UK via www.independent.co.uk

Menaruh tanaman di dalam ruangan tak melulu memberikan kesan yang rimbun, malah bisa juga mendukung kesan minimalis yang ingin dibangun. Caranya, pilih tanaman-tanaman yang ukurannya kecil hingga sedang dengan daun yang tak begitu rimbun, lalu taruh ke dalam pot berwarna netral seperti putih atau pastel. Setelahnya, susun di rak minimalis dengan bentuk kotak yang bisa ditaruh di dinding. Rak kayu yang polos dan tipis juga bisa dipilih untuk kesan yang ringkas.

5. Pojok ruangan akan cocok dipakai sebagai tempat tanaman hias, kamu bisa menempatkan rak kayu sudut untuk memanfaatkannya

Rak sudut/ Credit: My Best via my-best.id

Rak kayu ini biasanya memiliki bentuk yang menyiku, bisa ditaruh, bisa pula ditempel di dinding. Mulai dari bentuk konvensional yang sejajar atau berbentuk mengerucut ke bagian atas, semua bisa membuat ruanganmu makin cantik. Rak ini juga bisa ditaruh atau ditempel di dinding tergantung dengan preferensi. Jika ingin yang bisa dipindah, maka kamu bisa memilih rak yang ditaruh. Namun jika ingin ruangan lebih longgar, maka kamu bisa memilih rak yang ditempel di dinding karena biasanya letaknya lebih tinggi.

Advertisement

6. Buatmu yang menyukai hal-hal berbeda, pilih rak kayu modern dengan bentuk yang unik

Bentuknya unik/ Credit: Dekoruma via www.dekoruma.com

Kamu juga bisa menemukan berbagai rak kayu menarik bin estetik untuk menaruh pot bungamu. Bentuk yang masih jarang dipakai seperti melengkung atau bahkan memiliki hiasan tertentu seperti gambar hewan dan bunga bisa kamu pilih juga. Jika punya ide sendiri, kamu bisa memesan yang custom saja. Tapi, biasanya harganya lebih mahal daripada memilih rak yang sudah pasaran.

7. Tanaman-tanaman dengan ukuran kecil akan cocok ditaruh di sebuah rak kayu minimalis modern, bisa ditaruh di dekat meja kerja

Tempat kaktus/ Credit: Shopee via shopee.co.id

Agar tak bosan menatap pekerjaan, kamu bisa menaruh tanaman kecil seperti kaktus dan menyusunnya di sebuah rak kayu yang ukurannya juga kecil dengan model bersusun yang ringkas. Selain itu, kamu juga bisa lo memilih rak kayu gantung untuk menaruhnya, dijamin akan memberi kesan yang pas dan tak berlebihan terutama jika rumahmu minimalis. Ssst, harga rak kayu minimalis begini biasanya lebih murah lo daripada yang berukuran besar.

8. Tak hanya kayu, kamu bisa juga mengombinasikannya dengan elemen lain seperti besi untuk konsep rumah industrialis

Industrialis/ Credit: Dekoruma via www.dekoruma.com

Kamu bisa menggabungkan kayu dengan pipa besi yang identik dengan gaya industrial ke dalam rakmu. Kamu juga perlu menyesuaikan dengan warnanya ya, biasanya kayu akan dibuat berwarna lebih gelap menyesuaikan pipa untuk konsep yang satu ini. Nah, rak yang unik ini akan cocok ditaruh di ruangan yang mana saja, mulai dari ruang tamu sampai jadi rak kayu dapur yang cantik.

Selain mempertimbangkan bentuk-bentuk tersebut, kamu juga perlu mempertimbangkan jenis kayu apa yang dipakai dan seberapa kokohnya bahan tersebut. Mulai dari rak kayu palet bekas yang dibuat sendiri atau rak kayu jati Belanda yang ciamik, semua punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tinggal menyesuaikan saja dengan preferensi serta bujet yang dipunya~

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE