Orang yang ubanan biasanya menandakan bahwa usianya sudah semakin menua. Tapi apa jadinya kala uban itu datang terlalu cepat, alias datang sebelum waktunya. Pastinya bikin malu ‘kan? Udah gitu bikin nggak percaya diri pula. Biasanya, penyebab ubanan adalah karena beberapa faktor, seperti faktor genetik, kurang gizi, kebiasaan merokok, ataupun stress. Pokoknya macam-macam, deh.

Jangan down dulu, kamu bisa praktekkan trik-trik berikut biar rambutmu bebas uban. Dan yang paling penting, warna rambutmu sesuai usiamu.

1. Mewarnai rambut hanya solusi sesaat, karena justru malah bikin rambut makin rusak

mewarnai rambut hanya solusi sementara via i.huffpost.com

Masalah uban akan hilang untuk sementara saja, karena bukan penyebabnya yang diatasi. Kalau kamu memilih semir rambut sebagai solusi, otomatis kamu juga harus berkonskuensi untuk rajin menyemir rambut. Padahal…

Kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya dapat merusak pigmen rambut. Sehingga lama kelamaan rambut yang selalu diberi pewarna akan rusak dengan sendirinya, awalnya rambut menjadi kering dan merah lama kelamaan rambut juga akan memutih menjadi uban jika tidak diwarnai lagi.

2. Sesekali, mandilah dengan air hangat untuk melancarkan peredaran darah dan pertumbuhan rambut di kepala

Advertisement

mandi air hangat bantu perlancar peredaran darah kulit kepala via cdn0-a.production.liputan6.static6.com

Penyebab munculnya uban juga bisa dikarenakan peredaran darah yang kurang lancar, sehingga menghambat regenerasi sel rambut baru di kulit kepala. Untuk mengatasinya, mandilah dengan air hangat sekali dalam seminggu supaya peredaran darah lancar dan kulit kepala terasa nyaman.

3. Ketombe juga salah satu penyebab uban lho! Jaga kebersihan kulit kepala itu wajib hukumnya

atasi masalah ketombe kamu via storage.googleapis.com

Riset yang dilakukan oleh dermatologis dunia menunjukkan bahwa ketombe juga termasuk ke dalam faktor penyebab munculnya uban. Nah lho, makanya jaga kebersihan rambut kamu dari ketombe, ya. Kamu bisa gunakan sampo anti ketombe atau perasan jeruk lemon sebagai obat anti ketombe.

4. Sering-seringlah memijat kulit kepala atau kamu bisa creambath di salon

pijat kepala bagus untuk kulit kepala via www.myhairenergy.com

Salah satu teknik untuk mengatasi rambut beruban adalah dengan memijat kulit kepala. Manfaatnya sama seperti mandi dengan air hangat, memijat kulit kepala diperlukan untuk melancarkan peredaran darah.

Lakukan setelah keramas dengan menambahkan minyak kelapa atau minyak kemiri pada rambut supaya rambut lebih kuat dan hitam mengkilap. Kalau kamu malas, creambath di salon juga boleh kok, karena ketika kamu creambath, kulit kepala kamu akan dipijit-pijit cantik. Uwuwuw~

5. Konsumsilah makanan yang mengandung gizi dan nutrisi untuk perawatan rambutmu dari dalam

konsumsi makanan mengandung vitamin dan protein via 2.bp.blogspot.com

Meski uban disebabkan oleh proses penuaan, konsumsi makanan yang kaya antioksidan dapat menunda prosesnya. Karena dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan. Vitamin A, C dan E adalah vitamin yang mengandung antioksidan kuat. Selain itu, protein juga dibutuhkan untuk mempercepat regenerasi sel rambut.

6. Bukan cuma kandungan vitamin dan protein, rambut juga membutuhkan kandungan mineral yang penting

makanan laut punya kandungan mineral tinggi via unisci24.com

Fungsi mineral adalah untuk pembentukan melanin yakni zat pewarna rambut. Selain itu, mineral juga dibutuhkan dalam produksi hormon termasuk hubungannya dengan kesehatan dan proses penuaan rambut. Mineral yang dibutuhkan rambut seperti zink, zat besi dan tembaga.

Haduh, pusing amat ya. Jadi kamu bisa mendapatkan asupan zat mineral tersebut dalam daging, sayuran, telur, ayam, biji-bijian, dan makanan laut.

7. Hindari begadang! Tidur cukup membantu regenerasi sel rambut

jangan suka begadang via www.tandapagar.com

Ketahuan ‘kan? Mereka yang ubanan sebelum waktunya bisa jadi punya kebiasaan begadang. Jangan diterus-terusin ya kebiasaan nggak baik ini, kalau kamu nggak mau ubanan selahgi masih muda. Kulit kepala juga butuh istirahat untuk meregenerasi sel-sel rambut. Hal ini penting untuk kesehatan rambut sehingga tumbuh dengan pigmen yang semestinya.

8. Masalah jangan ditanggapi berlebihan, santai dan rileks aja. Stres justru memicu tumbuhnya uban

jangan stress berlebihan via cdn.klimg.com

Tekanan kehidupan yang menerpa kaum muda memang terkadang nggak bisa dihindari. Nah, kamu harus pintar-pintar menyikapinya karena kalau kamu sampai stres, uban akan mudah menyerang rambutmu. Cobalah untuk tetap rileks dalam menghadapi setiap masalah yang ada. Tarik nafas dan hembuskan untuk membantumu berpikir positif.

9. Jangan cabut ubanmu! Ini justru akan membuatnya beranak-pinak

jangan cabut uban! via www.sehatfresh.com

Uban yang muncul dirambut memang dirasakan cukup mengganggu dan kadang-kadang terasa gatal. Tapi jangan sampai kamu mencabutnya. Kulit kepala terdapat cukup banyak saraf, jika kamu mencabut ubanmu, tentu saraf yang lain juga ikut terganggu, hal itu dikhawatirkan akan menambah volume uban yang ada di sekitar rambutmu.

10. Teh basi jangan dibuang, mending buat basuh rambut biar uban hilang

basuh dengan teh basi tiap pagi via 2.bp.blogspot.com

Teh mengandung antioksidan yang bisa melawan radikal bebas. Kamu bisa gunakan teh untuk menghilangkan uban. Cukup seduh teh dengan air panas, lalu diamkan selama semalaman. Besok paginya, gunakan air rendaman teh untuk membasuh kulit kepalamu, lakukan secara rutin biar hasilnya maksimal, ya.

Kalau kamu termasuk anak muda yang punya masalah dengan uban, silakan mencoba trik ini, ya!