Sudah jajan apa hari ini? Ngaku deh, buat kamu yang sehari-hari hobi mantengin akun media sosial, kamu akan melihat semakin banyak dan meriahnya ragam pilihan menu jajanan yang bikin ngiler. Dari yang klasik sampai kekinian, siap dibeli bahkan dipesan antar ke rumah. Rasanya tuh selalu ada saja menu baru hits yang bikin penasaran dicoba, diulas di banyak akun media sosial yang kamu ikuti.

Salah satu menu hits yang belakangan sering wara wiri di akun media sosial kuliner adalah jajanan es pokat kocok, yaitu minuman alpukat dengan tambahan bahan-bahan yang membuatnya jadi makin nikmat. Selain nikmat, tentunya alpukat merupakan buah yang mengandung saripati lemak baik yang alami. Nah, daripada ketagihan beli dan lama-lama bangkrut, mending kamu coba kreasikan sendiri dengan sontekan resep dari Hipwee ini!

1. Es pokat kocok, es alpukat kekinian yang penggemarnya lagi bertebaran di mana-mana. Meski sederhana, nyatanya pas awal buka antriannya seringkali bikin frustasi!

Dingin-dingin seger, pas buat cuaca panas! via food.detik.com

Advertisement

Ketagihan menu pokat kocok yang sedang ramai berseliweran di media sosial itu? Coba bikin sendiri yuk di rumah, bahannya relatif mudah kok!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 buah alpukat
  • 1 sachet susu kental manis cokelat
  • Es batu
  • Santan encer secukupnya
  • 1 sendok makan gula putih
  • Gula merah secukupnya, dilarutkan jadi cairan

Cara membuat:

  • Belah buah alpukat menjadi dua, buang biji dan kerok daging buahnya
  • Masukkan alpukat ke dalam gelas, hancurkan dengan menggunakan bantuan sendok. Tingkat kehancurannya sesuai selera, bisa sampai lembut atau masih bertekstur
  • Tuangkan air gula, santan dan gula merah sesuai selera, campur rata
  • Tutup dengan es batu yang sudah diserut atau dihancurkan dengan bantuan blender, lalu siram atasnya dengan susu kental manis cokelat.
  • Es pokat kocok kekinian siap disajikan! Boleh ditambah topping kesukaanmu, seperti koko crunch atau pipilan jagung manis ya~

2. Bosan dengan cocolan saus yang begitu-begitu saja? Coba deh baut sendiri cocolan saus guacamole yang lagi populer di banyak kafe hits ini~

Yummy~ via paleoleap.com

Pernah mencoba kenikmatan saus cocolan asal Meksiko, Guacamole? Kalau belum, yuk coba kreasikan sendiri di rumah. Hati-hati ketagihan, hehe

Advertisement

Bahan yang kamu butuhkan:

  • 1 buah alpukat ukuran sedang
  • 1 buah bawang bombay merah
  • 1 buah atau lebih jalapeno hijau atau merah sesuai selera
  • 4 siung bawang putih, hancurkan sampai agak halus (tapi jangan sampai sehalus pasta ya)
  • 2 batang daun ketumbar
  • 1 butir jeruk nipis ukuran sedang, secukupnya saja

Cara membuat:

  • Hancurkan buah alpukat dengan sendok garpu sampai setengah halus, namun masih bertekstur
  • Cincang bawang bombay merah, campur dan aduk di buah alpukat cincang
  • Potong kecil-kecil jalapeno, masukan dalam campuran alpukat
  • Potong-potong 2 batang daun ketumbar, aduk rata bersama adonan alpukat
  • Berikan perasan jeruk nipis secukupnya
  • Terakhir, masukkan sejumput garam dan gula sesuai selera, aduk sampai rata dan sajikan bersama salad, taco, nacho atau burrito. Yummy!

3. Bikin sarapanmu jadi naik level dengan mencoba scrambled egg and toast dengan paduan saus alpukat. Jangan bayangin rasanya bakal aneh, karena ternyata rasanya enak banget!

Lezat~ via www.youtube.com

Bosan dengan menu sarapan yang itu-itu melulu? Coba menu orak arik telur dan roti panggang yang dipadukan saus alpukat yuk! Yang pasti rasanya lezat dan unik~

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Mentega secukupnya (manfaatkan yang ada saja ya!)
  • 50 gram jamur champignon
  • Garam
  • Merica
  • 1 buah alpukat
  • 2 butir telur
  • Roti panggang sesuai selera

Cara membuat:

  • Pertama-tama, tumis jamur champignon yang sudah diiris-iris menggunakan mentega. Setelah matang kecoklatan, tiriskan
  • Buat telur orak-ariknya. Untuk membuat telur orak-arik yang lembut tanpa trik, kamu bisa melakukannya dengan trik berikut. Pertama panaskan dan lelehkan mentega dengan jumlah yang agak banyak (dikira-kira saja ya), setelah panas, masukkan 4 butir yang sebelumnya sudah dikocok dan diberi garam dan merica di mangkok. Setelah telur kocok masuk wajan panas, kocok cepat dengan spatula dan segera kecilkan api ke suhu paling rendah. Aduk-aduk sebentar sampai matang tapi masih agak krimi lalu segera angkat. Sisihkan
  • Belah buah alpukat, masukkan ke mangkuk dan hancurkan dengan garpu sampai agak halus namun masih bertekstur. Boleh diberi garam dan gula sesuai selera
  • Siapkan piring besar untuk plating, tata roti panggang di atasnya, tuangkan telur orak-orak di atasnya diikuti saus alpukat dan sedikit minyak zaitun murni. Sajikan juga tumisan jamur di pinggir roti. Menu sehat dan lezatmu siap disantap~

4. Nggak perlu jauh-jauh ke mal untuk menikmati minuman lezat Creamy Avocado~ Praktikkan saja resep mudah berikut ini!

Slurrppp! via www.youtube.com

Selain mangga, ternyata buah alpukat juga bisa banget lho dikreasikan dengan krim kocok! Nggak percaya? Cobain nih sajian creamy avocado ala mal yang bisa kamu kreasikan sendiri di rumah ini!

Bahan yang kamu butuhkan:

  • Air gula kental secukupnya
  • Air
  • Krim kocok atau whipped cream
  • Jeruk nipis
  • 4 buah alpukat
  • Santan manis secukupnya
  • Coklat serut

Cara membuat:

  • Ambil 2 buah alpukat, belah dan keluarkan dagingnya lalu masukkan ke dalam blender
  • Campurkan setengah jeruk nipis ke dalam wadah blender
  • Haluskan sampai benar-benar halus, lalu tuang ke dalam wadah dan bekukan
  • Buat jus alpukat dengan sedikit lebih banyak air menggunakan 2 buah alpukat tadi. Campurkan daging buah alpukat dengan air gula secukupnya, es batu secukupnya dan 2 sendok makan santan manis, blender sampai halus.
  • Saatnya penyajian! Tuang sepertiga gelas besar dengan jus alpukat, berikan krim kocok di atasnya, lanjutkan dengan memberikan alpukat kental yang telah dibekukan dan diammbil dengan scoop es krim ya!
  • Taburkan cokelat serut di atasnya, sajikan segera. Super yummy!

Gimana, nggak sulit ‘kan membuat menu makanan dan minuman kekinian yang biasanya harus kamu beli di luar rumah? Selain lebih hemat dan banyak, menu buatan sendiri tentunya lebih higienis. Jangan lupa dipraktikkan di rumah ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya