5 Resep Bikin Kreasi Kornetmu Naik Kelas, Enak dan Mudah Dibuat untuk Bulan Puasa

Resep kreasi kornet

Kornet kalengan menjadi pilihan olahan praktis bagi banyak orang. Selain bisa dibikin untuk beberapa porsi makanan, gizi yang terkandung di dalamnya pun juga lumayan. Harganya yang terjangkau membuat beberapa orang menjadikan makanan ini sebagai hidangan favorit di rumah, apalagi mengolah kornet dikategorikan mudah dan nggak membutuhkan waktu yang lama.

Advertisement

Kebanyakan sih mengolahnya dengan digoreng secara langsung, dibuat martabak, jadi campuran mie instan atau perkedel. Namun, kalau keseringan dibikin seperti itu beberapa dari kamu juga pasti bosan ya? Nah alih-alih mengolah dalam bentuk yang sama, Hipwee punya referensi resep olahan kornet yang anti mainstream dan pastinya tetap enak nih. Caranya sederhana kok, tak perlu mengeluarkan banyak uang dan bahan. Berikut ini ulasannya.

1. Jadikan kornet sebagai cemilan sore hari atau untuk berbuka puasa. Kamu bisa mengkreasikan jadi bakso kornet dengan isian keju lumer di dalamnya

Bakso kornet keju | Credit: MarkusTT via pixabay.com

Bahan-bahannya:

  • 100 gr kornet sapi
  • 1/2 wortel yang telah dipotong dadu
  • 50 gr keju parut
  • 1 siung bawang putih cincang
  • 1/4 siung bawang bombay cincang
  • 175 ml susu cair
  • 3 sdm tepung terigu, 2 sdm mentega, 1 sdt gula pasir, 1/4 sdt garam
  • Lada bubuk
  • 2 putih telur yang sudah dikocok
  • Secukupnya tepung panir
  • Makaroni pipa yang sudah direbus
Advertisement

Cara membuat:

  1. Lelehkan mentega untuk menumis bawang putih dan bawang bombay. Setelah wangi masukkan wortel dan kornet lalu aduk hingga rata.
  2. Campurkan makaroni,  keju parut dan semua bumbu penyedap (gula pasir, garam, lada) kemudian aduk kembali.
  3. Perlahan masukkan susu yang sebelumnya sudah dicampur dengan terigu. Setelah matang cicipi adonan hingga rasanya pas.
  4. Dinginkan adonan tadi dan bentuklah menyerupai bola-bola dan tambahkan keju di dalamnya.
  5. Lalu masukkan ke dalam tepung panir, celupkan ke putih telur selanjutnya gulingkan kembali ke tepung panir.
  6. Diamkan di kulkas selama 15 menit. Setelah dingin panaskan minyak dalam penggorengan dan bakso kornet lumer pun siap dihidangkan.

2. Masih ada stock sayuran di kulkasmu? yuk bikin orak arik kornet sayur buncis. Nafsu makan jadi naik, apalagi dihidangkan dengan nasi hangat~

Tumis sayur buncir kornet | Credit: Yuliyanti Zaenal Cookpad via cookpad.com

Bahan-bahan:

  • 125 gr kornet sapi
  • 500 gr buncin/baby buncis
  • 3 bawang putih (digeprek dan cincang kecil)
  • Iris 5 bawang merah
  • 10 cabai jika suka pedas
  • Saus tiram, lada bubuk, gula pasir, dan garam
  • Kaldu ayam bubuk atau penyedap rasa
  • Minyak untuk menumis
  • Telur

Cara membuat:

  1. Tumis dua bawang yang sudah diiris sebelumnya sampai harum. Kemudian masukkan cabai dan telur orak arik hingga tercampur seluruhnya.
  2. Masukkan kornet yang sudah dibuka dari kalengnya, lalu tambahkan buncis yang sudah dipotong bersih.
  3. Selanjutnya masukkan saus tiram, lada bubuk, gula, garam dan penyedap rasa.
  4. Tes rasa hingga bumbu merata tapi tak perlu sampai terlalu kering, ya.

Sumber resep

3. Bosan sama makanan yang digoreng? Roti panggang kornet dengan telur bisa dijadikan pilihan. Jadi menu sahur atau sarapan, nggak akan mengecewakan

Olahan roti panggang kornet | Credit: YouTube Tastemade Indonesia via www.youtube.com

Bahan-bahan:

  • 2 lembar roti tawar
  • 1 butir telur
  • Kornet
  • Secukupnya garam, lada, mentega
  • Daun slada
  • Keju dan saus sambal

Cara membuat:

  1. Olesi mentega di setiap sisi roti, lalu panggang hingga kecoklatan.
  2. Kocok lepas telur, masukkan kornet, garam dan lada sampai merata.
  3. Panaskan mentega, lalu masukan campuran telur tadi hingga masak tetapi jangan terlalu kering.
  4. Angkat dan letakkan kornet telur di atas roti. Tambahkan slada serta parutan keju sesuai selera.

Sumber resep

4. Hidangan tumis tahu sudah biasa, tapi kalau tahu dengan campuran kornet yang digoreng baru menarik untuk dicoba

Bahan-bahan:

  • 6 buah tahu putih
  • 1 kaleng kornet sapi
  • 1 buah wortel ukuran besar (diparut kasar)
  • 1 batang daun bawang (iris halus)
  • 2 tangkai seledri (iris halus)
  • 2 butir telur
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 keping bihun rendam dengan air dingin sampai lunak

Bumbu halus:

  • 2 butir bawang merah
  • 3 siung bawah putih
  • 1/2 sdt lada bubuk
  • Bahan baluran untuk adonan: secukupnya telur ayam dan 1/2 sdt tepung tapioka

Cara membuat:

  1. Rendam tahu sebentar dengan air panas lalu ditumbuk hingga halus. Bihun yang sudah lunak ditiriskan kemudian potong kecil.
  2. Di wadah terpisah, campur semua bahan termasuk bumbu halus dan juga kornet. Aduk sampai merata jangan lupa tambahkan garam dan kaldu secukupnya.
  3. Siapkan cetakan berbentuk mangkok dan olesi dengan sedikit minyak. Ambil campuran adonan dan padatkan ke dalam cetakan. Ulangi sampai adonan tak tersisa.
  4. Kukus adonan tahu kornet selama 20 menit selanjutkan keluarkan dan biarkan agak dingin.
  5. Simpan tahu yang sudah dikukus dalam kulkas selama 1 jam.
  6. Tahap akhir, goreng adonan tahu kornet tadi dengan bahan baluran. Tips sederhana: lebih baik digoreng saat hendak dimakan saja supaya rasanya tetap renyah.

Sumber resep

5. Bluder cake kornet keju menjadi pilihan hidangan di kala bosan. Sesekali nggak hanya dijadikan pendamping nasi saja, ya~

Ilustrasi bluder cake dengan kornet | Credit: Instagram @rasyakitchen_ via www.instagram.com

Kamu bisa mencoba kreasi bluder cake dari kornet lo. Diketahui, bluder cake sendiri merupakan perpaduan antara adonan roti dan adonan kue. Memiliki cita rasa yang khas dan empuk ketika dimakan.

Bahan kering yang dicampur jadi satu:

  • 400 gr tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt garam
  • 15 gr susu bubuk full cream 
  • 1 sdt parsley bubuk
  • 1/2 sdt kaldu sapi bubuk
  • 1/2sdt  baking powder
  • 1/4 sdt bawang putih bubuk dan merica
  • 7 gr ragi instan

Bahan cair:

  • 3 butir telur
  • 200 gr gula pasir
  • 150 gr margarin
  • 100 gr kornet sapi
  • 200 ml susu cair full cream

Cara membuat:

  1. Mixer semua bahan cair kecuali susu hingga rata dengan kecepatan sedang. Baru masukkan susu cair aduk kembali menyatu seluruhnya.
  2. Masukkan bahan kering secara bertahap, aduk kembali dengan kecepatan rendah.
  3. Tuangkan adonan dalam loyang yang sudah diolesi margarin dan tepung tipis-tipis supaya tidak lengket. Kemudian ratakan dengan tusuk sate dengan cara ditancapkan ke dalam adonan tadi.
  4. Tutup dan didiamkan/fermentasikan selama kurang lebih 1 jam sampai mengembang.
  5. Jika sudah, taburkan keju cheddar parut di atasnya. Lalu panggang dengan suhu 180 derajat celsius selama 40 menit. Sebelumnya oven sudah harus dipanaskan selama 10 menit, ya.
  6. Angkat dan diinginkan pada suhu ruangan. Keluarkan adonan dari loyang dan potong sesuai keinginan.

Sumber resep

Nah, resep di atas bisa kamu praktikkan secara langsung. Selain membuat nafsu makan semakin naik, olahan itu tak cuma dimakan menggunakan nasi tapi bisa dijadikan cemilan yang mengenyangkan. Untuk nonton film atau dimakan sambil selesaikan tugas bisa banget, ya. Jadi gimana kamu tertarik untuk mencoba?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE