7 Resep Teh Susu dari Berbagai Belahan Dunia. Rasanya Nggak Selalu Manis kok, Bahkan Ada yang Pedas

Resep teh susu

Teh Susu sebuah minuman yang simpel dan menyegarkan! Selain menyegarkan, minuman ini juga termasuk dalam minuman yang tetap enak dinikmati baik hangat ataupun dingin dengan es. Coba SoHip bayangkan, betapa nikmatnya minum teh susu di tengah udara panas sehabis beraktivitas.

Advertisement

Biasanya teh susu yang kita tahu adalah teh tarik, tetapi sebenarnya teh susu memiliki banyak variasi di seluruh dunia, bahkan beberapa diantaranya memiliki bahan-bahan yang unik! Nah ini adalah beberapa teh susu yang sepertinya harus masuk daftar menu yang kamu coba jika sempat, karena setiap teh susu memiliki keunikannya sendiri-sendiri!

Bubble tea, teh susu boba asal Taiwan yang mendunia belakangan ini! Ada sensasi kenyal-kenyal boba di tiap tegukannya!

Teh susu dengan boba yang banyak digandrungi! | Credit: Rosalind Chang via unsplash.com

Siapa sih yang nggak tahu minuman ini? Minuman teh susu yang berasal dari Taiwan ini sukses membuat warga Indonesia dan dunia keranjingan minum boba. Boba menjadi salah satu keunikan dari teh susu ini, boba yang terbuat dari tepung tapioka akan memberikan tekstur kenyal dan manis ketika kamu mengunyahnya dengan teh susu.

Biasanya teh jasmine atau melati menjadi salah satu pilihan teh yang digunakan dalam minuman ini. Teh melati yang memiliki aroma dan rasa yang kuat tidak akan kalah dan hilang ketika dicampurkan dengan susu dan es batu, sehingga yang meminum minuman ini masih bisa merasakan sensasi serta rasa teh yang nggak kalah oleh rasa lain.

Advertisement

Teh talua asli Sumatera yang bisa bikin badanmu sehat serta segar! Buat SoHip yang butuh energi tambahan, bisa dicoba nih minum teh talua ini!

Salah satu daerah yang terkenal dengan teh taluanya adalah Sumatera Barat! | Credit: D.W. Fisher-Freberg via commons.wikimedia.org

Kalau negara tetangga kita punya teh tarik, maka Indonesia juga memiliki sajian teh susu sendiri, namanya teh talua.  Teh yang berasal dari Sumatera ini nggak hanya memiliki rasa yang unik karena dicampur dengan kuning telur, tetapi juga memiliki banyak khasiat. Kalau ditanya tentang rasa, mungkin rasa teh talua jika dideskripsikan adalah kesat, manis dan pekat!

Minuman yang bisa kamu temukan di beberapa restoran Sumatera ini nggak hanya enak, tetapi juga menyehatkan. Teh telur ini dipercaya bisa menghangatkan badan seseorang, selain itu teh ini juga kaya vitamin A, D, E dan K. Tetapi manfat teh susu ini yang paling terkenal adalah sebagai penambah stamina pria untuk berkegiatan!

Kanada punya teh susu yang diciptakan oleh orang yang sedang nggak boleh minum kopi, namanya London fog!

Advertisement

Teh susu London fog ini mirip latte karena memiliki busa susu yang banyak di bagian atas | Credit: bhofac2 via depositphotos.com

Nah kalau ini teh susu asal Kanada ini enak banget diminum pagi-pagi dalam keadan hangat. Cuma butuh 2 bahan untuk membuat teh ini. Bahan pertama adalah teh hitam (disarankan untuk memilih teh yang memiliki aroma serta rasa kuat) dan bahan keduanya adalah susu sapi yang sudah di kocok hingga berbuih, setelah itu kamu tinggal mencampurkan keduanya. Tadaaa! Kamu sudah berhasil menciptakan teh susu London fog ini. Biasanya sirup atau gula digunakan sebagai pemanis minuman ini.

Selain rasanya lebih ringan dari teh susu tradisional Inggris, teh ini juga berguna untuk pengganti kafein bagi orang yang sedang tidak bisa minum kopi. Pasalnya minuman ini tercipta karena ada seseorang pecinta kopi di Kanada bernama Mary Loria yang sedang hamil dan tidak boleh meminum kopi terlalu banyak. Akhirnya untuk mengakali hal tersebut terciptalah teh susu London fog yang rasanya ini manis dan ringan seperti latte ini!

Masala chai, teh susu asal India yang menyajikan rasa hangat rempah-rempah pilihan! Cocok banget buat diminum saat badan lagi kurang fit!

Masala chai dari India yang menggunakan rempah-rempah | Credit: Charlotte May via www.pexels.com

Buat kamu yang lidahnya sedikit fungky, masala chai bisa menjadi hidangan teh susu yang cocok buat kamu. Teh rempah-rempah dari India ini cocok banget diminum pas cuaca dingin atau saat hujan. Teh yang diracik serta diseduh dengan susu, jahe, kapulaga, kayu manis, dan bunga lawang (star anise) ini bisa memberikan sensasi hangat ketika diminum.

Selain memberikan rasa hangat, buat yang sedang tidak enak badan, masala chai bisa menjadi salah satu solusi kamu! Campuran rempah dan aroma dalam teh susu ini dipecaya memiliki manfaat untuk meredakan flu  dan menguatkan daya tahan tubuh bagi mereka yang rutin mengonsumsinya.

Orang Inggris emang terkenal banget suka minum teh! Bahkan mereka minum teh susu di pagi hari yang bernama English breakfast tea!

Photo by Calum Lewis via unsplash.com

Selain minum teh earl grey di sore hari, ternyata orang Inggris juga punya teh untuk diminum pada pagi hari, namanya English breakfast tea. Teh ini muncul di akhir abad ke 19 karena banyak yang menganggap bahwa earl grey tea rasanya kurang “kuat” dan harganya mahal. Karena rasanya lebih kuat, maka teh ini disarankan untuk diminum pada pagi hari.

Teh ini berasal dari campuran beberapa jenis teh hitam yang diseduh kemudian ditambahkan beberapa bahan seperti susu, madu dan lemon. Selain itu teh ini juga memiliki kandungan kafein yang lumayan tinggi, sehingga bisa dijadikan pengganti kopi di pagi hari. Bukan cuma itu aja, pelepasan kafein yang lebih lama dibandingkan dengan kopi, membuat teh susu ini bisa menjaga kamu fokus lebih lama.

Siapa sih yang enggak kenal Thai tea? Minuman teh susu asal Thailand ini nama aslinya adalah cha yen dan bisa kamu temukan di pinggiran jalan!

Es Thai tea di tengah siang hari yang panas adalah salah satu pelepas dahaga yang oke punya! | Credit: Tomas Jasovsky via unsplash.com

Teh susu yang dikenal dengan nama Thai tea ini sudah sangat menjamur di beberapa negara Asia Tenggara, salah satunya Indonesia. Minuman teh susu yang seger banget pelepas dahaga ini mudah banget kamu temukan, mulai dari yang pinggir jalan hingga Thai tea asli yang disajikan di restoran Thailand.

Teh yang berwarna oranye ini pada dasarnya menggunakan teh hitam, teh hitam yang dibuat pekat, kemudian ditambahkan kental manis, susu kondensasi dan es. Minuman teh susu asal Thailand ini memiliki rasa yang super manis dan menyegarkan. Teh susu ini juga memiliki ciri khas sendiri, yaitu warna khas oranye yang berasal dari seduhan teh yang tercampur dengan susu.

Po Cha, teh susu unik berbahan menggunakan mentega yak dari Tibet! Bukan cuma itu aja lho, teh ini rasanya bukan manis, melainkan asin!

Sekilas memang terlihat biasa saja, tapi jangan salah, teh susu ini menggunakan mentega! | Credit: Laura Blankenship via commons.wikimedia.org

Jika teh susu biasanya rasanya manis, maka teh ini memiliki rasa asin. Teh susu yang berasal dari negara yang terletak di pegunungan Himalaya ini unik karena mencampurkan mentega atau butter yang terbuat dari susu hewan bernama yak sebagai bahan pembuatannya. Selain butter dari susu yak, teh ini juga menggunakan garam sebagai salah satu bahannya, sehingga rasanya gurih dan asin, bukan rasa yang biasa untuk teh!

Untuk menikmati teh ini dibutuhkan sedikit perjuangan, karena teh ini harus direbus selama beberapa jam sembari di aduk dalam sebuah alat seduh khusus. Teh susu Tibet yang dikenal dengan nama butter milk ini biasanya dinikmati bersama dengan roti.

Nah SoHip, itulah beberapa teh susu yang berasal dari berbagai belahan dunia! Mulai dari teh rempah-rempah hingga teh dengan mentega. Jika kamu berkesempatan mencicipi teh susu yang ada di atas, kira-kira teh susu mana yang bikin kalian penasaran untuk mencobanya? Coba tuliskan di kolom komentar!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE