9 Tipe Ruang Makan Berbagai Ukuran. Dari yang Sempit di Pojok Dapur Sampai Halaman Belakang

Ruang makan

Kapan momen paling tepat untuk membicarakan hal penting ke keluarga? Beberapa orang mungkin menjawab: saat makan. Karena momen makan bersama cukup penting, menghadirkan ruang makan yang nyaman di rumah jelas menjadi kebutuhan. Sekecil apapun rumahmu, usahakan untuk tetap memikirkan dekorasi ruang makan sederhana yang cocok untuknya. Ornamen hiasan+dinding ruang makan minimalis bisa diutak-atik agar dapat menciptakan konsep ruang makan yang hangat.

Advertisement

Pikirkan benar ruang makan seperti apa yang mau dibuat, perkara desain bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan luas area yang mau digunakan. Kalau memang tak memungkinkan membuat ruang makan di satu area khusus, boleh menggabungkannya dengan ruang lain seperti dapur atau ruang keluarga. Atau, bisa juga dengan memanfaatkan area belakang rumah untuk disulap dari ruang makan outdoor yang sejuk. Biar kamu ada gambaran, berikut Hipwee Tips bagikan beberapa desainnya.

1. Gaya skandinavia dapat diaplikasikan pada ruang makan modern di rumah tanpa sekat. Ruang makan bisa ditempatkan di tengah antara dapur dan ruang keluarga

ruang makan gaya skandinavia via www.home-designing.com

Konsep ruang makan seperti ini kerap disukai para penganut gaya hidup minimalis karena tak menggunakan banyak corak tapi tetap terkesan hangat. Dinding berwarna putih, lantai kayu, serta furnitur berbentuk simpel jadi ciri khas gaya skadinavia ini. Kalau pengin lebih berwarna dan nggak kelihatan membosankan, tambahkan karpet motif garis dan juga bantal cushion berwarna cerah di sekelilingnya.

2. Ruang makan kecil bisa ditempatkan di sudut dapur yang dekat jendela supaya nggak terasa sumpek dan lebih terang

sulap pojok dapur jadi ruang makan via id.pinterest.com

Desain ruang makan kecil sederhana ini dapat diaplikasikan pada apartemen studi pasutri yang tak begitu luas. Untuk memaksimalkan desain ruang, hindari penggunaan furnitur yang terlalu besar dan gunakan warna interior yang senada. Alih-alih menaruh rak di sekitar area ruang makan, mending gunakan rak dinding saja untuk menaruh perkakasnya. Jauh lebih ringkas dan malah bisa digunakan untuk pajangan juga.

3. Manfaatkan perkakas kayu tak terpakai untuk mendekorasi ruang makan sederhana sekali bergaya vintage. Hemat bujet tapi tetap menawan!

gaya vintage untuk rumah sederhana via id.pinterest.com

Daripada dibuang, mending cat ulang dan haluskan lagi kursi dan meja kayu di rumahmu untuk mendekorasi ruang makan. Ruang makan sederhana ini bisa dibuat di sudut seluas 2Ɨ2 yang dekat dengan area dapur. Untuk dekorasinya pun nggak perlu neko-neko, cukup tambahkan satu ikat bunga di vas saja sudah cantik kok.

4. Nggak ada salahnya menggabungkan ruang makan sekaligus ruang keluarga di satu area. Justru lebih hemat tempat dan kelihatan lebih luas

ruang makan gabung ruang keluarga via in.pinterest.com

Sekalipun digabung bukan berarti kedua ruangan ini benar-benar menyatu begitu saja. Beri sedikit sentuhan corak atau furnitur berbeda, agar batas dua ruang ini kelihatan lebih jelas. Nggak harus menggunakan perabot untuk sekatnya, karpet pun bisa dimanfaatkan lo! Atau, pilihlah meja ruang makan berbentuk bulat yang kontras dengan ruang keluarga untuk menonjolkan desain area ini. Lebih minimalis dan kelihatan rapi.

5. Untuk rumah berukuran kecil, aplikasikan desain ruang makan dan dapur yang jadi satu dengan gaya minimalis seperti ini. Kelihatan mewah walau di area terbatas

ruang dapur jadi satu dengan dapur via www.pinterest.co.kr

Penempatan meja di samping kitchen bar pembatas dapur dapat membuat desain dapur dan ruang makan sempit ini kelihatan lebih luas. Apalagi dua area ini didesain dengan tone warna yang sama. Sebagai pemanis, tambahkan vas bunga kecil di meja dan gantung lampu hias tepat di batas dua ruangnya. Jangan lupa tambahkan kursi untuk si kecil, agar ia lebih nyaman berada di ruangan ini. Nggak masalah ukurannya kecil, asal penataannya tepat tetap terasa hangat.

Advertisement

6. Desain ruang makan minimalis sederhana ternyata tak melulu harus putih, bisa juga dibuat dengan warna gelap yang agak gloomy

minimalis nggak harus putih via nl.pinterest.com

Justru warna gelap bisa membuat ruang makan sederhana tampak seperti kafe kekinian. Terlebih jika kamu benar-benar menggunakan furnitur bergaya modern yang kerap digunakan pada bar, misalnya kursi dan meja tinggi. Selain nyaman dipakai untuk makan, ruangan ini juga dapat digunakan untuk minum kopi sambil ngobrol-ngobrol santai. Sekilas mirip dapur bersih, padahal sebenarnya area ini merupakan ruang makan.

7. Menghadirkan konsep ruang makan outdoorĀ yang asri di halaman belakang rumah ternyata bukanlah hal mustahil. Penempatannya bisa di sekitar taman atau bahkan di balkon rumah lantai dua

ruang makan outdoor via artikel.rumah123.com

Konsep ruang makan seperti ini belum banyak dibuat orang. Padahal desainnya lumayan menggiurkan dari segi interior dan manfaatnya. Selain bisa makan langsung di udara bebas, ruang makan outdoor seperti ini jelas jauh dari kata sumpek. Agar lebih menarik, dapur di dalam rumah pun bisa dibuat dengan konsep open kitchen, jadi langsung disajikan depan ruang makan. Untuk mengantisipasi cuaca yang tak tentu, tetap gunakan atap di area ruang makan untuk menghalau hujan maupun sinar matahari. Alternatif gampangnya, gunakan atap dari material PVC berwarna bening.

8. Kalau outdoor saja bisa dibuat apalagi ruang makan terbuka. Sudah pasti lebih gampang dan nggak harus punya halaman belakang

ruang makan terbuka via www.casaindonesia.com

Selain konsep semi outdoor, ruang makan terbuka juga dapat dibuat di dalam rumah. Alternatif ini seringkali jadi pilihan mereka yang menggabungkan ruang makan dengan dapur agar lebih minim asap dan bagus sirkulasi udaranya. Di samping bukaan pintu besar, buat juga jendela luas yang bisa digunakan untuk bersantai. Jika anggota keluargamu cukup banyak atau sering ada teman main, pilihlah meja makan yang bisa dilipat samping kanan kirinya. Jadi, jika sewaktu-waktu ada tamu berkunjung kalian bisa membukanya tanpa perlu menambah meja lagi.

9. Ruang makan mewah dengan konsep minimalis dapat dihadirkan pada rumah tipe 45 yang tak begitu luas. Selama perabot yang dipilih ukurannya nggak besar, kamu bisa kok mewujudkannya

ruang makan mewah via id.pinterest.com

Daripada cuma polos begitu saja, mending pilih kursi berwarna hijau lumut terang sebagai focal point dalam ruangan. Karena luas areanya terbatas, ruang makan dapat ditata model memajang mengikuti bentuk rumah. Kurangi dekorasi tak penting supaya ruang makan nggak sumpek dan lebih nyaman digunakan. Cukup tambahkan tanaman hias daun di sudut serta lampu gantung separuh lingkaran untuk mendekorasinya. Simpel memang, tapi kelihatan mewah berkat pemilihan desain furnitur yang lebih modern dan minimalis.

Berkat kehadiran ruang makan, rumah bisa terasa lebih hidup dan hangat karena bakal sering dimanfaatkan untuk menghabiskan momen bersama. Terutama saat hari raya atau ada perayaan khusus keluarga. Tak sulit kok membuat ruang makan simpel di rumah kecil, kalau desainnya pas dan penataannya sesuai, kalian bisa membuatnya jadi lebih menarik. Semoga menginspirasi!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE