Kelamaan duduk atau abis jalan kaki cukup jauh kadang bikin kaki jadi pegal-pegal. Rasanya ingin banget mengistirahatkan kaki di kursi pijat, tapi sayangnya kursi pijatnya nggak ada (baca: nggak punya). Mau minta tolong teman buat pijetin, kebetulan mereka juga lagi pada sibuk semua.

Duh, jadi bingung deh bagaimana caranya men-treatment kaki yang lagi pegal. Nggak usah khawatir, karena kali Ini Hipwee mencoba memberikan referensi cara-cara merelaksasi kakimu yang tengah pegal-pegal. Penasaran gimana caranya? Dicoba, ya! 🙂

1. Pijat kakimu dengan bubuk kopi. Selain melemaskan otot-otot yang tegang, ampuh juga buat mengusir bau kaki yang nggak sedap. Hihihi.

Kopi ampuh mengusir bau kaki.

Kopi ampuh mengusir bau kaki. via klik-sehat.com

Advertisement

Bahan ramuan:

  • 1 sachet bubuk kopi instan
  • Gula secukupnya
  • Air hangat dalam baskom atau ember (secukupnya).

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampur kopi dan gula dalam satu wadah kering. Setelah itu jadikan campuran kopi dan gula sebagai bahan untuk scrubing. Balurkan campuran kopi tersebut secara perlahan pada kakimu. Sambil kakimu dipijat secara perlahan.

Advertisement

Setelah dipijat dengan ramuan kopi dan gula, rendam kedua kaki dalam air hangat tadi selama 10-15 menit (sambil sesekali dibilas juga). Terakhir, bilas kedua kakimu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk. Dijamin deh, pegal dan bau kakimu bakal enyah!

P.S: kopi cukup ampuh menghilangkan bau kaki.

2. Kalau kebetulan masih ada stok lulur di rumah, coba deh lulur kakimu sambil diberi pijatan ringan. Jangan lupa rendam dengan air hangat setelahnya.

Scrubing kakimu dengan stok lulur yang masih tersedia di rumah.

Scrubing kakimu dengan stok lulur yang masih tersedia di rumah. via www.tipscantikterkini.com

Jika stok lulur di rumah masih tersedia, kamu bisa scrubing dengan lulur tersebut. Balurkan lulur pada kedua kakimu. Pijat ringan hingga sel-sel kulit matinya terangkat. Diamkan kakimu hingga sekitar 10 menit. Terakhir, rendam kakimu dalam air hangat selama 10 menit, sambil sesekali dibilas. Kemudian bilas lagi dengan air bersih dan keringkan dengan handuk.

3. Garam memang punya segudang manfaat untuk perawatan. Salah satunya untuk merendam kakimu yang sedang pegal-pegal!

Rendam kakimu dengan garam ya.

Rendam kakimu dengan garam ya. via www.healthextremist.com

Bahan ramuan:

  • Epsom salt/ garam Inggris secukupnya (bisa kamu dapatkan di apotek besar atau salon kecantikan). Jika tidak ada garam dapur biasa saja.
  • 2-3 tangkai bungan mawar.
  • Beberapa tetes olive oil.
  • Air hangat dalam baskom atau ember (secukupnya).

Campurkan garam Inggris, bunga mawar, dan olive oil dalam air hangat. Setelah itu rendam kedua kakimu dalam ramuan air hangat tersebut selama 10-15 menit. Sambil dipijat perlahan ya. Terakhir, bilas kedua kakimu dengan air bersih. Taraa.. pegal di kakimu dijamin bakal hilang.

P.S: garam Inggris membantu menghilangkan pegal-pegal di kaki, minyak zaitun membantu melembabkan kakimu, dan terakhir bunga mawar untuk wewangiannya.

4. Kayu manis terbukti ampuh mengusir bau kaki. Merendam kaki dengan bahan ini membuat otot-ototmu lemas kembali.

Bubuk kayu manis bisa banget jadi bahan campuran dalam air rendaman untuk kakimu.

Bubuk kayu manis bisa banget jadi bahan campuran dalam air rendaman untuk kakimu. Biar nggak bau kaki. via thebeautybean.com

Bahan ramuan:

  1. Bubuk kayu manis secukupnya.
  2. Perasan 1 buah lemon atau kalau tidak ada bisa menggunakan perasan jeruk nipis.
  3. Beberapa tetes minyak zaitun.
  4. Air hangat secukupnya.

Kayu manis juga mampu mengusir bau kaki lho. Campurkan bubuk kayu manis, perasan lemon, dan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air hangat. Lalu rendam kakimu dalam campuran ramuan tersebut, kira-kira 15 menit. Jangan lupa untuk memijat kakimu secara perlahan. Supaya tambah rileks, kamu bisa sambil mendengarkan lagu-lagu yang easy listening. Jika sudah selesai direndam, bisa langsung dibilas deh kakinya.

5. Ingin pegal hilang dan kulit kaki tampak lebih cerah? Rendam kakimu dengan campuran air hangat dan perasan lemon.

Biar kulit kakimu lebih cerah, coba rendam dengan ramuan air hangat dan perasan lemon.

Biar kulit kakimu lebih cerah, coba rendam dengan ramuan air hangat dan perasan lemon. via drhauschkaaus.wordpress.com

Tuang perasan lemon ( dari sekitar 1-2 buah lemon) dan beberapa tetes minyak zaitun ke dalam air hangat. Rendam kakimu dalam campuran air hangat dan lemon tersebut selama 15 menit. Pijat perlahan kedua kakimu. Terakhir, bilas kedua kakimu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering. Jika kamu rutin merendam kakimu dengan perasan lemon, bukan tak mungkin kulit kaki cerah akan kamu dapatkan.

P.S: lemon membantu mencerahkan kulit.

6. Campurkan minyak lavender dalam air rendaman. Aromanya yang menenangkan dijamin bikin mood-mu ikut kembali riang.

Tak hanya otot kakimu yang rileks, pikiranmu pun jadi lebih tenang dengan aroma minyak lavender.

Tak hanya otot kakimu saja yang rileks, pikiranmu pun jadi lebih tenang dengan aroma minyak lavender. via naturehacks.com

Sediakan air hangat dalam ember, 5 tetes minyak esensial lavender, dan 1 cangkir kecil garam inggris. Tuang minyak esensial lavender dan garam inggris ke dalam air hangat. Rendam kedua kakimu dalam campuran ramuan tersebut, kira-kira 15 menit. Jangan lupa pijat perlahan kakimu ya. Jika sudah, bilas kedua kakimu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk yang lembut.

P.S: Aroma lavender terbukti dapat menenangkan pikiran. Tak hanya otot-otot kakimu saja yang rileks, pikiranmu pun dijamin jadi tenang.

7. Teh adalah bahan yang selalu tersedia di dapur. Teh cocok untuk merendam kaki karena kaya kandungan anti bakteri dan jamur.

Kalau kebetulan teh tubruk nggak ada di dapur, kamu bisa pakai teh celup kok sebagai bahan untuk rendaman kaki.

Kalau kebetulan teh tubruk nggak ada di dapur, kamu bisa pakai teh celup kok sebagai bahan untuk rendaman kaki. via www.nailsmag.com

Tak hanya kopi dan kayu manis saja yang terbukti ampuh mengusir bau kaki. Teh juga demikian. Kamu bisa ambil beberapa sendok makan teh tubruk yang tersedia di dapur. Kemudian tuang teh tersebut ke dalam air hangat dalam baskom. Selanjutnya rendam kedua kakimu dalam campuran air hangat dan teh tersebut, selama lebih kurang 12 menit. Sambil pijat-pijat perlahan kakimu ya. Terakhir, bilas kakimu dengan air bersih dan keringkan dengan handuk kering.

P.S: asam tannic dalam teh merupakan antibakteri dan antijamur yang ampuh menghilangkan bau kaki.

Beberapa cara untuk merelaksasi kaki yang pegal udah coba Hipwee rangkum buat kamu. Nah, bisa langsung dipraktikkan di rumah ya. Untuk bahan ramuan seperti garam Inggris bisa kamu dapatkan di apotek besar, toko yang menjual perlengkapan salon, atau toko bahan kimia. Sementara minyak esensial lavender bisa kamu beli di toko yang menjual peralatan salon.

Jadi ingin rendam kaki ‘kan? :p

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya