Sakit Kepala Sebelah Kiri dan Kanan itu Beda Penyebab lo. Kenali Gejalanya Biar Nggak Salah Obat

Sakit kepala sebelah

Sakit kepala disebut cephalgia yang berarti sakit di dalam kepala. Kerap dikeluhkan banyak orang, sakit kepala sebelah terbagi menjadi dua yakni bagian kepala sebelah kiri dan kanan. Nyatanya, sakit kepala sebelah kanan dan sebelah kiri itu memang tidak bisa disamakan lo. Tak jarang orang merasakan sakit kepala sebelah kanan sampai ke mata. Sementara itu, beberapa orang mengalami sakit kepala sebelah kiri sampai ke mata dan telinga. Gejala kedua penyakit nggak sama karena penyebabnya pun beda.

Advertisement

Lantaran beda penyebab, cara mengatasi sakit kepala sebelah kanan dan kiri nggak sama. Alhasil obat sakit kepala sebelah kanan dan kiri juga beda. Nah, supaya kamu nggak salah mengira, ada baiknya perhatikan perbedaan sakit kepala sebelah kiri dan kanan berikut ini. Cus~

1. Perlu diperhatikan, sakit kepala sebelah kanan dan kiri memiliki gejala umum yang berbeda

Gejala sakit kepala sebelah | Photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Sakit kepala sebelah baik kanan atau kiri dapat datang secara perlahan atau tiba-tiba. Namun keduanya memiliki gejala umum yang berbeda. Menukil Alodokter, sakit kepala sebelah kiri biasanya ditandai dengan nyeri kepala yang bikin tegang dan kadang berdenyut. Bahkan sakit kepala sebelah kiri bisa menjalar ke bagian tubuh lain. Tak heran kalau beberapa orang merasakan sakit kepala sebelah kiri sampai mata. Sama seperti sakit di bagian kepala kanan nih, penderitanya dapat merasakan sakit kepala sebelah kanan sampai ke leher atau sakit kepala sebelah kanan bawah.

Melansir Klikdokter, sebenarnya sakit kepala sebelah kanan atau kiri akan mereda dengan sendirinya. Tapi kamu harus berhati-hati bila sakit sudah menunjukan tanda-tanda ini:

Advertisement
  • Sakit kepala sebelah kiri sering kambuh
  • Sakit kepala sebelah kanan terjadi dua kali seminggu atau lebih
  • Sakit kepala sebelah disertai kejang, demam, rasa kebas, leher kaku, sampai gangguan penglihatan
  • Tidak membaik meski kamu sudah mengonsumsi obat sakit kepala sebelah alami atau obat sakit kepala di apotik

2. Berbeda dengan sakit kepala sebelah kanan, sakit kepala area kiri bisa dipengaruhi gaya hidup

Pengaruh gaya hidup terhadap sakit kepala sebelah | photo by mentatdgt via www.pexels.com

“Apa penyebab sakit kepala sebelah kiri?”

Jadi penyebab sakit kepala sebelah kiri dan kanan itu sama yakni terdapat gangguan di area kepala. Namun ada kalanya sakit kepala sebelah kiri dipengaruhi oleh gaya hidup lo. Kamu bakal rentan terserang sakit kepala bila sering menunda makan dan mengonsumsi minuman beralkohol. Selain itu, kurang tidur dan stres bisa menjadi pemicu.

Advertisement

3. Nyeri kepala kanan karena migrain, sedangkan sakit kepala sebelah kiri gara-gara infeksi dan alergi

Migrain | Photo by Andrea Piacquadio via www.pexels.com

Penyebab sakit kepala sebelah kanan paling sering adalah migrain. Rasa sakit tersebut ditandai dengan kelelahan, tekanan pada bahu, dan berdenyut bila berlangsung lama. Keluhan lain yang muncul adalah mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya atau suara. Sementara itu, sakit kepala sebelah kiri disebabkan oleh infeksi di saluran pernapasan seperti flu. Makanya flu sering kali diikuti oleh demam dan sakit kepala. Gara-gara alergi, sakit kepala bagian kiri berasal dari penyempitan di saluran napas dan rongga sinus.

4. Beda penyebab sakit kepala sebelah kanan dan sakit kepala sebelah kiri. Salah satunya dipicu trauma

Sakit kepala sebelah akibat trauma benda tumpul | Photo by Kat Jayne via www.pexels.com

Tak banyak orang yang tahu kalau trauma akibat benda tumpul dan tajam bisa menyebabkan sakit kepala sebelah kanan. Apalagi luka tersebut terjadi di bagian kanan kepala. Umumnya trauma gara-gara benda tajam jelas terlihat dibanding trauma karena benda tumpul. Sedangkan sakit kepala bagian kiri kadang dipicu oleh tekanan darah tinggi. Tidak memiliki gejala fisik yang khas, tekanan darah nan tinggi bisa menciptakan sensasi tegang di leher dan sakit kepala terutama sebelah kiri.

5. Sakit kepala sebelah kiri secara mendadak bisa jadi karena stroke. Kalau nyeri di sekitar kepala kanan dan mata kemungkinan sakit kepala cluster

Stroke | Photo by PxHere via pxhere.com

Penyakit yang perlu diwaspadai nih kalau kamu merasakan sakit kepala sebelah kiri secara mendadak. Bukan sakit biasa, kemungkinan kamu mengalami stroke. Bila disertai kejang dan kesulitan berjalan, sakit kepala tersebut merupakan tanda sakit tumor otak. Gejala lain yang patut dikhawatirkan, sakit kepala sebelah kiri belakang telinga menandakan saraf otot terjepit. Sedangkan nyeri bagian kepala kanan dan mata sering dikaitkan dengan sakit kepala cluster. Gejalanya meliputi mata berair, kelopak mata bengkak, hidung tersumbat, dan telinga merah.

6. Karena berbeda gejala, racikan obat sakit kepala sebelah kanan dan kiri disesuaikan dengan penyebabnya

Obat sakit kepala sebelah | Photo by Pixabay via www.pexels.com

Pengobatan sakit kepala bergantung gejala dan penyebabnya. Makanya, resep yang diracik dokter pun berbeda.  Dinukil dari Alodokter, untuk meredakan sakit kepala sebelah kanan, dokter akan memberikan obat seperti antidepresen, beta blocker, obat anti-kejang, dan suntikan botulinum toxin (botox). Setiap obat memiliki khasiat masing-masing. Sebagai pengobatan sederhana, kamu bisa meminum jahe atau teh herbal sebagai obat alami sakit kepala sebelah kanan.

Tak jauh berbeda dengan obat nyeri kepala bagian kanan, hanya saja obat sakit kepala sebelah kiri biasanya ditambahi obat antiinflamasi nonstreoid. Gunanya untuk membantu mengurangi rasa sakit. Resep tersebut pun bisa dipakai sebagai obat sakit kepala sebelah kiri sampai ke mata. Tapi perlu dingat, semua resep obat tersebut harus dibuat oleh dokter, ya. Jadi jangan mengonsumsinya secara sembarangan tanpa pemeriksaan tenaga medis.

Itu dia bedanya sakit kepala sebalah kanan dan kiri. Keduanya memiliki gejala dan penyebab berbeda. ketika merasakan gejalannya, kamu disarankan untuk pergi ke dokter agar tidak terjadi self-diagnose.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE