Apalah arti kehadirannya kalau kamu tak bisa melihat dia seutuhnya hanya gara-gara penglihatanmu bermasalah, entah karena mata minus ataupun lainnya. Agar ini tak terjadi, lebih baik kamu rutin melakukan hal-hal ini, demi penglihatan mata yang selalu berseri tiap hari. Tanpa perlu alat apapun dan bisa kamu lakukan kapanpun kamu mau, gampang banget deh pokoknya!

1. Usap kelopak matamu perlahan, demi menghilangkan lelah yang tak tertahankan

Pijat kelopak mata via lifetimestyles.com

Lakukan selama beberapa kali hingga rasa pegal di matamu hilang. Kamu bisa melakukannya usai pulang kuliah atau kerja maupun setelah bangun tidur.

2. Pejamkan mata dan angkat bagian atas alis menggunakan jari tengah dan ibu jari

Pijat alis via ayurvedacorner.com

Mintalah bantuan orang di sekitarmu untuk melakukannya. Pijatan di bagian ini akan membuatmu merasa nyaman dan kamu bisa tidur nyenyak setelahnya.

3. Pertemukan kedua alismu dengan pijatan yang membuat keduanya menyatu

Advertisement

Pijat tengah kening via lifetouchyou.com

Cubit pelan bagian ujung alismu dan pertemukan keduanya ditengah. Pijat perlahan bagian tersebut berulang-ulang, rasa pusing yang sering mendera akan perlahan hilang.

4. Pijat ujung mata dengan jari tengah agar pandanganmu tak lagi jengah

Pijat pertemuan mata via thesnowtiger.com

Posisikan jari tengahmu di ujung mata lalu pijat-pijat pelan. Tanganmu secara otomatis akan membuat posisi segitiga. Lakukan pijatan ini berulang-ulang hingga kamu tak lagi pegal.

5. Bagian tengah kening tak boleh terabaikan, karena pijatan disini bisa menenangkan

Pijat kening tengah via depildelicate.cz

Tak hanya membuat matamu terasa tenang dan nyaman, pijatan di bagian ini juga akan membuat rasa pening dan sakit kepalamu hilang secara perlahan.

6. Pijat melingkar di bagian pelipis mata, agar penglihatan kaburmu sedikit reda

Pijat pelipis via youtube.com

Di bagian ujung mata dekat pelipis, pijatlah melingkar menggunakan jarimu dan ulangi sampai 6 kali. Kamu bisa melakukannya dengan kedua tanganmu maupun meminta bantuan orang lain untuk melakukannya.

7. Ini bagian-bagian penting yang bisa kamu pijat secara rutin tiap harinya, jangan sampai salah titiknya, ya!

Daerah yang harus diijat via instiks.com

Pijat titik-titik penting di bagian atas, samping kanan dan kiri, serta bawah mata. Makin nyaman pasti nanti habis dipijat, coba deh 🙂

8. Selain memijat, latih juga arah pandanganmu mengikuti garis-garis panah berikut ini, tiap hari…

Gerakan mata via medicaldice.com

Latih matamu untuk bergerak ke ujung kanan dan kiri atas, kanan  dan kiri bawah, melingkar, dan seterusnya. Ini berguna banget lho buat melatih penglihatanmu.

9. Masker wajah dari buah-buahan menyegarkan juga bisa membantu menenangkan mata lelah, maupun iritasi ringan

Masker mata via alldaychemist.com

Yang paling sering digunakan adalah mentimun, karena konturnya yang dingin. Matamu juga beristirahat dengan tenang, kamu bisa sekalian mengoleskan masker wajah sekalian.

10. Jangan lupa hirup udara segar dan jemur matamu sesekali di bawah sinar matahari, terapi murah tanpa harus bayar dokter lagi

Hirup udara segar via amoils.com

Asalkan rutin, ke-sepuluh cara tadi akan menyembuhkan berbagai gangguan matamu secara perlahan. Meski agak lama untuk menyembuhkan, setidaknya cara-cara tadi akan membuat penglihatanmu jauh lebih nyaman.

Jangan cuma dibaca dan disimpen ya, guys! Coba mulai dipraktekin mulai dari hari ini. Dijamin si dia akan terlihat lebih berseri karena penglihatanmu nggak samar lagi.