Kamu pasti sudah nggak asing lagi dengan buah berduri yang punya aroma menyengat satu ini. Durian memang selama ini diketahui memiliki banyak risiko bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan. Ya, pada dasarnya segala sesuatu yang berlebihan memang nggak ada yang bagus, ‘kan?

Namun, terlepas dari semua itu, kenyataannya durian justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh, lho. Tentu kalau kamu mengonsumsinya dengan takaran yang pas. Mau tahu apa saja manfaat yang bisa didapat dari buah berduri ini? Yuk, langsung saja simak bareng Hipwee!

1. Percaya atau tidak, durian ampuh banget membuat tubuh merasakan kehangatan

Nyumik! via www.instagram.com

Advertisement

Percaya atau tidak, dalam buah durian terkandung sebuah zat yang mirip dengan alkohol sehingga ampuh banget membuat tubuh menjadi terasa hangat. Tapi kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi buah durian, bukan nggak mungkin ada efek mabuk yang ditinggalkan. Hal itu dikarenakan oleh kandungan sulfur yang tinggi–serupa zat alkohol–yang susah dipecah oleh tubuh. Sebab alasan itulah nggak heran kalau tubuh terasa panas setelah makan durian. Jika kamu merasa mabuk karena makan durian, kamu bisa banget menyembuhkannya dengan cara meminum air langsung dari dalam kulit duriannya.

2. Kekencangan dan kelembaban kulit kamu pun bisa diatasi dengan durian, lho!

Kulit jadi lembab dan halus! via www.instagram.com

Kamu harus tahu jika kandungan vitamin C pada buah durian ini mampu mencegah radikal bebas dan juga menunda proses penuaan pada kulit. Nggak cuma itu, durian bahkan bisa bermanfaat sebagai pencerah kulit yang alami, serta kandungan flavonoid yang ada bisa dimanfaatkan untuk meregenerasi sel kulit mati.

Dan, selama kamu nggak berlebihan dalam mengonsumsi durian, kulitmu akan terbantu dalam soal peremajaan dan juga mengurangi keriput. Yang pasti kandungan vitamin C tersebut juga baik untuk mengatasi permasalahan kulit berupa luka, dan mampu memperbaiki kondisi pembuluh kulit, tulang, serta darah, sehingga proses penyembuhan pun jadi lebih cepat.

3. Siapa kira kalau durian bisa menjadi sumber energi yang sangat baik bagi tubuh

Nom nom! via www.instagram.com

Advertisement

Dalam satu porsi buah durian atau sekitar 100 gram, sudah mencakup sekitar 20% kebutuhan karbohidrat harian orang dewasa, yang artinya buah durian efektif untuk menambah energi tubuhmu saat beraktivitas. Meski tidak baik jika terlalu banyak dikonsumsi, tapi intinya buah berduri ini bisa menambah energi pada tubuh kamu secara instan. Jadi, saat kamu punya aktivitas yang tinggi, di mana tenaga dan pikiranmu cukup terkuras, maka itulah saat untuk mengonsumsi durian yang paling tepat.

4. Persoalan sembelit pun bukan nggak mungkin bisa langsung tuntas dengan bantuan durian

Sangat menggoda via www.instagram.com

Kandungan serat yang cukup tinggi dalam buah durian mampu membantu organ pencernaan bekerja lebih baik. Dengan kata lain, tubuhmu akan terhindar dari gangguan pencernaan seperti sembelit dan sulit buang air besar. Bahkan kandungan serat di dalam durian pun sangat berperan dalam mengurangi risiko kanker usus besar.

5. Masalah kekurangan darah atau anemia menjadi salah satu hal yang nggak perlu lagi diragukan dari durian

Jadi kepengen 🙁 via instagram.fcgk6-1.fna.fbcdn.net

Buah durian yang mengandung folat, tembaga, serta zat besi juga memiliki manfaat untuk mengatasi gejala kurang darah atau anemia. Jadi, buat kamu yang bermasalah dengan penyakit kurang darah atau anemia, nggak usah ragu untuk sesekali mengonsumsi durian. Sebab, dengan begitu tubuh kamu nggak akan merasa lunglai dan tetap selalu segar, serta berenergi.

6. Kadar gula darah yang rendah juga bisa diatasi dengan makan durian

Dari gambarnya terbayang kenikmatannya via www.instagram.com

Durian juga mengandung mangan yang berguna untuk mengontrol kadar gula di dalam darah agar tetap normal. Hanya saja, kamu perlu memahami jika jangan sampai berlebihan dalam mengonsumsi durian, karena kalau terlalu banyak, justru akan menimbulkan masalah kadar gula darah yang terlalu tinggi. Selain itu, vitamin B6 yang juga ada di dalam buah durian, mampu meregulasi kadar gula dalam darah, dimana salah satunya berguna untuk meningkatkan mood.

7. Perkara insomnia atau susah tidur juga akan bisa diatasi dengan mudah setelah kamu menikmati kelezatannya

Bye bye begadang! via www.instagram.com

Kandungan trypotophan yang ada di dalam buah durian berkhasiat untuk menenangkan pikiran dan juga tubuhmu. Sehingga dengan kamu menikmati kelezatan buah durian, bukan nggak mungkin kamu akan merasakan sensasi rileks. Dan, sudah jelas jika durian cocok banget untuk dikonsumsi bagi para penderita insomnia.

Itu dia sederet manfaat dari buah durian yang bisa langsung kamu rasakan di dalam tubuhmu setelah memakannya. Dengan manfaat tersebut, bukan nggak mungkin para pecinta durian akan semakin menyukai buah berduri tersebut. Tapi, ingat ya, guys, jangan berlebihan saat mengonsumsinya demi kesehatanmu juga!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya