6 Pedoman Sholat Berjamaah di Rumah Sesuai Sunah, Termasuk Pengaturan Safnya yang Benar

Sholat berjamaah

Selama masa pandemi ini, MUI mengeluarkan fatwa untuk sholat di rumah sementara waktu. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi persebaran virus corona. Sholat berjamaah artinya ialah sholat yang dikerjakan bersama minimal oleh dua orang yang terdiri dari imam dan makmum. Disebutkan bahwa sholat berjamaah pahalanya lebih besar daripada sholat sendiri โ€” sebanyak 27 derajat yang sama besarnya dengan sholat berjamaah di masjid.

Advertisement

Namun sebelum berjamaah di rumah, baiknya ketahui dulu bagaimana ketentuan sholat berjamaah yang dianjurkan menurut sunah.ย Mengutip dari banyak sumber, berikut Hipwee Tips jabarkan tata cara dan adab sholat berjamaah di rumah yang perlu diketahui. Termasuk bagaimana menata safnya.

1. Pertama, kamu wajib mengikuti salah satu syarat sholah berjamaah, yakni dikerjakan minimal 2 orang atau lebih

dikerjakan 2 orang atau lebih | credit: ferli via www.123rf.com

Karena berjamaah artinya rombongan, maka sholat ini tak bisa dikerjakan sendiri. Kamu hanya bisa mengerjakan sholat berjamaah jika di rumah ada minimal dua orang; satu sebagai imam, dan satu sebagai makmumnya. Tata cara sholat berjamaah 2 orang sama dengan sholat wajib jamaah di masjid pada umumnya, tapi ada perbedaan saf yang mesti diikuti.

2. Terdapat beberapa aturan saf sholat berjamaah yang mesti diikuti

saf sholat jamaah | credit: nyantriyuk via www.nyantriyuk.id

Melansir laman Tirto, jika sholat berjamaah hanya diikuti satu makmum laki-laki, maka disunahkan untuk berdiri di samping kanan imam dengan posisi tumit tak mendahului tumit kaki imam. Pengaturan saf ini berbeda dengan baris untuk sholat berjamaah suami istri. Karena makmum ialah perempuan, maka ia harus berdiri di belakang imam. Nah, pengaturan saf ini juga berlaku jika makmum lebih dari 1 orang atau banyak.

Advertisement

Jika tak ada laki-laki, satu perempuan boleh dimandatkan sebagai imam. Kalau jumlahnya dua orang, maka posisinya sama dengan cara sholat berjamaah dua laki-laki, yakni makmum berdiri di samping imam. Namun jika jumlah perempuan lebih dari dua orang, maka imam harus berada di tengah jamaah atau di antara dua makmum.

3. Tapi pengaturan saf ini bisa lebih fleksibel kalau sholatnya di tempat sempit

safnya bisa fleksibel | credit: FS-Stock via id.depositphotos.com

Posisi makmum boleh disesuaikan lagi jika imam nggak memungkinkan berada di tempat ideal. Aturan ini termuat dalam riwayat Al-Aswad bin Yazid pada hadis Muslim dan Nasaโ€™i. Hadis tersebut pun menyebutkan bahwa pengertian sholat berjamaah sebenarnya cukup fleksibel karena Allah SWT ialah yang Maha Baik.

4. Imam harus melaksanakan beberapa kewajibaan saat memimpin jamaah sholatnya

Advertisement

kewajiban imam | credit: Tirto via tirto.id

Bedanya sholat berjamaah dan munfaridย yakni pada kewajiban pelaksaannya. Untuk imam, ia punya kewajiban sendiri yang mesti diikuti, berikut di antaranya.

  • Sebelum sholat, imam harus menunggu ikamahย dari masjid terdekat sebagai tanda sholat berjamaah akan dimulai.
  • Sebagai imam, ia harus hafal dan fasih dalam membaca surah Quran.
  • Imam wajib berdiri di barisan paling depan dan memastikan bahwa sebelum jamaah dimulai, makmum sudah siap serta rapi safnya.
  • Pada beberapa sholat, imam harus membaca surah dengan lantang agar makmum dapat mendengarnya.
  • Setelah surah Al Fatihah, baiknya imam berhenti dan memberi jeda untuk makmum membaca Al Fatihah.

5. Makmum pun punya kewajiban yang mesti dilakukan saat menjadi jamaah sholat

kewajiban makmum | credit: Liputan6 via www.liputan6.com

Supaya mendapatkan hikmah shalat berjamaah, makmum juga harus menunaikan kewajibannya. Berikut beberapa kewajiban makmum saat sholat jamaah mengutip dari laman Muslim Okezone:

  • Merapikan saf meski makmum cuma sedikit, misalnya istri dan anak.
  • Bacalah surah dengan nada rendah atau tanpa mengeluarkan suara.
  • Setelah imam membaca Al Fatihah, makmum disunahkan mengucap โ€˜aminโ€™ โ€” saat sholat Subuh, Magrib, dan Isya.
  • Makmum harus mengikuti gerakan imam tanpa mendahului atau memperlambatnya. Termasuk ketika membaca doa Qunut saat sholat Subuh.
  • Saat imam lupa ayat, makmum wajib mengucap ayat tersebut dengan nada yang agak keras agar imam mendengarnya.
  • Kalau tiba-tiba imam batal sholat, salah satu makmum harus langsung menggantikannya, yakni dengan maju beberapa langkah ke depan.

6. Sholat berjamaah adalah salah satu ibadah yang cukup banyak pahalanya, apalagi jika setelahnya mau membaca doa berikut

doa setelah sholat | credit: Rawpixel via id.depositphotos.com

Doa ini bisa dijadikan doa keselamatan untuk meminta pertolongan Allah agar selamat di dunia dan akhirat. Berikut bacaannya:

ู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุณู’ุฆูŽู„ููƒูŽ ุณูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู‹ ููู‰ ุงู„ุฏูู‘ูŠู’ู†ู ูˆูŽุงู„ุฏู‘ูู†ู’ูŠูŽุง ูˆูŽุงู’ู„ุขุฎูุฑูŽุฉู ูˆูŽุนูŽุงูููŠูŽุฉู‹ ููู‰ ุงู„ู’ุฌูŽุณูŽุฏู ูˆูŽุตูุญู‘ูŽุฉู‹ ููู‰ ุงู„ู’ุจูŽุฏูŽู†ู ูˆูŽุฒููŠูŽุงุฏูŽุฉู‹ ููู‰ ุงู„ู’ุนูู„ู’ู…ู ูˆูŽุจูŽุฑูŽูƒูŽุฉู‹ ููู‰ ุงู„ุฑูู‘ุฒู’ู‚ู ูˆูŽุชูŽูˆู’ุจูŽุฉู‹ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ูˆูŽุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ูˆูŽู…ูŽุบู’ููุฑูŽุฉู‹ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู. ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ู‡ูŽูˆูู‘ู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ููู‰ู’ ุณูŽูƒูŽุฑูŽุงุชู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุชู ูˆูŽุงู„ู†ู‘ูŽุฌูŽุงุฉูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุนูŽูู’ูˆูŽ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู’ุญูุณูŽุงุจู. ุฑูŽุจู‘ูŽู†ูŽุง ู„ุงูŽุชูุฒูุบู’ ู‚ูู„ููˆู’ุจูŽู†ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงูุฐู’ู‡ูŽุฏูŽูŠู’ุชูŽู†ูŽุง ูˆูŽู‡ูŽุจู’ ู„ูŽู†ูŽุง ู…ูู†ู’ ู„ูŽุฏูู†ู’ูƒูŽ ุฑูŽุญู’ู…ูŽุฉู‹ ุงูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุงูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ู’ูˆูŽู‡ู‘ูŽุงุจู

Hukum sholat berjamaah memang tidak wajib, tapi kalau di rumah ada lebih dari satu orang, sebaiknya dijalankan. Dengan mengerjakan sholat berjamaah, kamu akan mendapatkan banyak keutamaan seperti pahala yang berlipat dan dijauhkan dari api neraka. Yuk, giatkan jamaah~

Gelombang resesi mulai menghampiri, bagaimana kalian mempersiapkan diri menghadapinya? Isi survei berikut ini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Helga-nya Arnold!

Editor

salt of the earth, light of the world

CLOSE