Kalau boleh beropini, sayuran paling enak di dunia adalah brokoli. Setuju gak? Setuju ajalah yak! Gak heran kalau harganya lebih mahal dari jenis sayuran-sayuran lainnya. Selain enak, brokoli juga kaya akan gizi yang terkandung di dalamnya.

Menurut sebuah penelitian, bukan hanya vitamin C yang dikandung sayuran hijau tersebut, melainkan senyawa glukorafanin yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Bukan cuma itu, brokoli mengandung senyawa isotiosianat yang ditengarai memiliki aktivitas antikanker.

Advertisement

Di kehidupan sehair-hari, brokoli biasanya hanya jadi salah satu bagian pelengkap sup. Tapi siapa bilang brokoli cuma bisa dipakai buat sup doang. Mending baca deh resep-resep kreasi berbahan brokoli di bawah ini. Bisa banget lho dicoba sebagai menu buka puasa nanti.

1. Jajal deh kreasi camilan sehat satu ini. Brokoli crispy yang pastinya so crunchy

Mantapppp

Mantapppp via resep82.blogspot.com

Makanan berbahan utama brokoli ini cocok lho buat jadi cemilan. Buat kamu yang doyan streaming nonton film atau nonton bola, mending masak cemilan ini sebentar. Gak susah kok.

Jangan lupa siapkan saus cabai dan saus mayonaisenya. Biar tambah nampol!

Bahan yang kamu perlukan:

  • 250 gram brokoli bersih yang sudah dicuci bersih.
  • 2 siung bawang putih
  • Garam secukupnya
  • 100 gram tepung terigu
  • 50 gram tepung beras
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Saus mayonaise
  • Saus cabeCara membuat:
Advertisement

Cara membuat:

  1. Haluskan bumbu seperti garam, merica dan bawang putih.
  2.  Masukan tepung terigu dan beras ke dalam sebuah wadah.
  3. Lalu, masukan bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya. Kemudian campurkan secara merata.
  4. Setelah tercampur, ambil satu per lima calon adonan lalu pisahkan pada wadah lain. Pada wadah yang berisi 1/5 adonan tersebut, tambahkan sedikit air.
  5. Brokoli yang telah dipotong-potong sesuai keinginan, lalu gulingkan ke dalam adonan yang berisi air.
  6. Setelah cukup basah, lalu gulingkan pada wadah lainnya yang berisi adonan tanpa air. Ulangi terus menerus sampai semua badan brokoli tertutup adonan.
  7. Jangan lupa buat memanaskan minyak pada wajan dengan api sedang.
  8. Kira-kira cukup panas, lalu goreng brokoli tersebut sampai berwarna keemasan.

2. Jajal resep Mac and Cheese Broccoli. So creamy deh buat menu buka puasamu nanti.

Ngiler nihhh

Ngiler nihhh via farm8.staticflickr.com

Buat kamu yang doyan makanan-makanan yang creamy, makanan satu ini cocok banget deh. Cara pembuatannya pun enggak susah-susah amat. Bahan-bahan tambahannya bisa kamu beli di minimarket terdekat. Buat bareng abang yuk!

Bahan-bahan:

  • 250 gram makaroni
  • 1 buah wortel
  • 1 kuntum ukuran kecil brokoli
  • 1/2 kotak keju biasa
  • 1/2 kotak keju quick melt
  • 3 susu cair dus kecil
  • 2 sdm mentega
  • 1 sdm butter
  • 2 sendok makan tepung terigu
  • garam secukupnya
  • merica secukupnya
  • bawang putih bubuk
  • minyak goreng

Cara membuat:

  1. Rebus makaroni sampai lunak dengan sedikit garam dan minyak goreng agar tidak menempel. Lalu tiriskan.
  2. Cincang kasar brokoli dan wortel yang sudah dicuci bersih. Untuk wortel bisa juga di parut. Tumis sebentar dengan diberi bumbu garam dan bubuk bawang putih. Lalu sisihkan.
  3. Panaskan mentega dan butter kemudian masukan tepung terigu, aduk rata. Masukan susu bear brand, aduk terus sampai tidak menggumpal. Berikan bumbu garam dan merica.
  4. Masukan makaroni yang sudah direbus serta brokoli dan wortel yang sudah ditumis. Aduk rata.
  5. Tambahkan parutan keju cheddar dan quick melt dan sedikit oregano. Aduk rata. Masak sampai keju meleleh. Kurang lebih 5 menit.

3. Ayam Brokoli Saus Bombay ini emang spesial. Lauk sempurna yang sehat dan kaya gizi!

Sehat dah setiap hari makan ini

Sehat dah setiap hari makan ini via img-global.cpcdn.com

Selain makanan sebelumnya, ada makanan kebarat-baratan lainnya, yang bisa kamu coba resepnya. Ahhh yakin deh makanan ini bikin kamu gak sabar buat mencobanya. Yuk langsung ke dapur!

Bahan-bahan:

  • 3 buah fillet ayam
  • kecap asin
  • 1 telur kocok
  • secukupnya tepung
  • 1/2 bawang bombay
  • 1 kuntum brokoli
  • daun bawang
  • kaldu bubuk (sesuai selera)
  • garam secukupnya
  • 3 sdm air yang dicampur tepung sagu
  • 50 ml air
  • lada hitam bubuk scukupnya

Cara membuat:

  1. Potong ayam filet sesuai selera, tusuk dengan garpu dan rendam dalam kecap asin selama 15 menit.
  2. Biar renyah dan tetap cantik, rebus brokoli selama 2 menit pada air yang mendidih.
  3. Hal yang dilakukan selanjutnya adalah iris bawang bombay dan daun bawang.
  4. Panaskan 1-2 sdm minyak goren pada wajan. Kemudian tumis bawang bombay dan daun bawang kurang lebih 1/2 menit pada api sedang.
  5. Masukan air, dan air campuran sagu. Aduk rata, masukan kaldu bubuk (jika pakai), sedikit garam, lada hitam bubuk.
  6. Tes rasa. Jika sudah pas, masukan brokoli, aduk rata. Matikan api.
  7. Keluarkan ayam dari kecap asin, celupkan ke dalam telur lalu balurkan ke tepung. Lakukan pada semua fillet ayam.
  8. Panaskan wajan datar dan panggang 5 menit tiap sisi ayam. Masak dengan api sedang hingga matang merata.
  9. Susun ayam dan tuangkan kuah bawang bombay dan brokoli diatasnya. Simple banget resepnya, sajikan dengan nasi panas. Enak, enak, enak!

4. Brokoli juga bisa loh dicampur untuk bahan adonan pempek. Pas banget ‘kan kalau nunggu bedug sambil coba resep ini…

Tinggali digoreng deh..

Tinggali digoreng deh.. via img-global.cpcdn.com

Makanan ini cocok buat jadi salah satu sajian buat siapa aja yang gak suka sama sayuran nih. Kamu bisa mengkreasikan brokoli jadi salah satu bahan adonan pempek. Pempekmu bakal lebih berwarna deh. Segarrr!

Bahan-bahan:

Bahan kuah:

  • 1/2 liter air
  • 225 gram gula merah
  • 100 gram gula pasir
  • Cabe rawit hijau
  • 25 gram bawang putih
  • 10 gram garam
  • 2 sdm cuka

Bahan adonan:

  • 1/4 kg ikan tenggiri yang telah digiling
  • 5 sendok makan tepung terigu protein tinggi
  • 10 tangkai brokoli yang telah direndam air garam dan dicincang
  • 1 butir telur
  • 2 cm jahe kemudian diparut
  • 3 siung bawang merah yang sudah digoreng
  • 35 gram keju
  • 1 siung bawang putih di ulek

Cara membuatnya:

Kuah Pempek:

  1. Untuk kuah pempek, pertama masak air, gula jawa, gula pasir, garam sampai mendidih dan gula jawa mencair.
  2. Setelah mendidih, uleg bawang putih dan cabe rawit.
  3. Beri cuka dan diamkan selama 1 jam.
  4. Setelah 1 jam, panaskan lagi air gula sampai mendidih
  5. Setelah mendidih tuangkan ke tempat bawang putih dan cabe yang telah diuleg.

Pempek:

  1. Masukan semua bahan ikan tenggiri yang sudah digiling ke dalam sebuah wadah.
  2. Kemudian, masukan tepung terigu, telur, parutan jahe dan keju.
  3. Setelah itu, masukan bawang putih dan bawang goreng, lalu aduk sampai merata semua.
  4. Apalabila dirasa adonan tersebut sudah merata.
  5. Masukan ke dalam wadah yang bersih dan tahan panas kukus.
  6. Setelah dirasa matang, sajikan dari kukusan dan potong sesuai selera.
  7. Kemudian goreg potongan pempek tersebut dengan api sedang.
  8. Tiriskan dan sajikan dengan kuah yang telah dibuat sebelumnya.

5. Brokoli untuk isian kreasi makanan berbahan kentang? Beuh, dijamin gak kuat deh pengen buru-buru mencicipi!

Aduduhhh ga kuat

Aduduhhh ga kuat via static.flickr.com

Kalau dilihat dari bentuknya, makanan ini kayaknya bakal agak sulit. Tapi begitu kamu coba dan berhasil membuatnya, pasti gak bakal terlalu sulit. Dijamin kamu bakal merasakan mouthgasm yang tak terhingga. :))

Bahan yang kamu perlukan:

  • 2 buah kentang yang telah dikukus dan dikupas
  • 1 siung bawang bombay kecil yang telah diiris
  • 1 siung bawang putih yang telah dicincang halus
  • 3 buah sosis dan diiris
  • 1 kuntum brokoli
  • 200 mlsusu cair
  • 1 sdm munjung tepung terigu
  • 3 butir telur ayam yang telah dikocok
  • 50 gram keju parut
  • kaldu bubuk secukupnya
  • garam secukupnya
  • gula secukupnya
  • merica secukupnya

Cara membuat:

  1. Iris tipis kentang dan tata dengan rapi pada sebuah piring
  2. Tumis bawang bombay dan bawang putih dengan margarin, masukkan sosis dan brokoli tumus sampai harum, sisihkan.
  3. Campur susu, telur, keju, merica, pala, kaldu bubuk, garam dan gula.
  4. Tambah 1 sdm tepung terigu
  5. Tata kentang yang sudah di iris, isian sosis dan brokoli siram saus + taburan keju + parsley kering + tepung roti diatasnya
  6. Panggang slm 30 mnt suhu 180 derajat (sesuaikan dgn oven masing2)
  7. Panggang hingga matang dan coklat keemasan, angkat, tunggu hingga hangat baru potong
  8. Sajikan dgn saus sambal … Enak dan ngenyangin

Nah, gimana? Mulai dapat rekomendasi resep makanan buat buka puasa ‘kan? Kali ini nggak cuma lezat aja, tapi juga enak dan banyak gizinya! Selamat mencoba, ya! 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya