Amplop itu seperti hal ghaib. Waktu punya se-pack, eh nggak ada keperluan buat dipake. Buat bayar kost gak guna toh Ibu kos udah nyuruh kirim via transfer. Buat ngirim surat ijin sakit, nggak bisa. Badan lagi sehat dan fit banget. Mau ngirim surat romantis? Nggak ada pacar atau gebetan? Hehehehe.

Lain cerita saat kita membutuhkannya. Dia lebih sering gak ada Eits tapi jangan khawatir! FYI aja nih, ternyata amplop bisa kamu bikin sendiri lho. Dan gampang banget sebenernya. Yang kamu siapkan adalah kertas, gunting, lem, dan niat. Hipwee sudah menyiapkan beberapa amplop yang bisa kamu bikin sendiri dengan cepat dan mudah. Yuk kita simak.

1. Amplop berbahan dasar kertas kado aja bisa kamu sulap jadi luar biasa. Lipat, lipat, lem, viola!

Kertas kado ada bisa jadi kece kayak gini. via www.poppytalk.com

Advertisement

Sebenernya mau bikin amplop sendiri itu gampang banget. Asalkan kamu buang jauh-jauh males yang melanda. Hehehehe. Untuk amplop ini, kita cuma perlu bikin polanya di atas kertas kado yang nggak kepake di kamarmu. Gunting sesuai pola, lalu lipat. Setelah lipat-melipat, kamu bisa langsung lem. Mudah sekali, kan, guys? Daripada amplop polos-polos kurang berkesan, mending bermotif colorful. Ya nggak?

2. Biar si penerima surat akan semakin sumringah, coba deh tambahin liner di dalam amplopmu

Kasih hiasan di dalem amplop, atuh. via www.bonjourberry.com

Stok amplop kamu masih ada, tapi kamu nggak pingin ngasih sesuatu yang polos-polos tanpa sentuhan unik apa-apa. Kamu bisa banget lho ngasih liner di dalam amplopmu. Selain terlihat lebih penuh persiapan, amplopmu akan terlihat rapi dan berkesan memberi sedikit kejutan. Yang menerima suratmu pasti akan dibuat senyum-senyum saking lucunya nih amplop.

3. Manfaatkan mangkuk untuk cetakannya. Tambahkan pita biar amplopmu kelihatan beda

Pake mangkok buat cetakan leh uga. via theyuppielifestyle.blogspot.co.id

Nggak pingin amplop yang mainstream kayak yang dipake orang-orang kantoran? Kenapa nggak bikin sendiri aja pake kertas yang kamu punya? Ada teknik yang agak berbeda, lho.

Advertisement
  • Siapkan 4 lingkaran yang sudah dipotong dari kertasmu. Biar ga rempong, kamu bisa pinjam sebentar mangkuk yang ada di dapur untuk membuat pola lingkaran ini. Hehehehe.
  • Setelah itu, kamu tinggal satukan 4 bagian ini jadi satu, dan rekatkan satu sama lain. Lipat pinggirannya hingga membentuk persegi.
  • Jangan lupa tambahkan pita untuk membuat amplopmu lebih manis saat dibuka.

Cantik kan hasilnya.

4. Atlas atau peta yang gak kepake bisa kamu manfaatkan. Selain unik juga bikin orang lain terkenang

Atlas jaman sekolah tuh dipake. via apairandasparediy.com

Waktu jaman sekolah dulu, kamu pasti pernah disuruh bawa atlas atau buku peta lainnya buat pelajaran IPS. Setelah udah selesai masa-masa sekolah, atlasnya kamu apain? Daripada nggak kepake, peta-peta yang ada di dalamnya bisa banget lho kamu pake buat jadi bahan dasar amplopmu.

Mungkin aja kamu pingin ngirim sesuatu buat temenmu yang punya hobi travelling. Akan lebih berkesan, kan.

5. Cuma ada kertas kado? Bisa banget lho kamu kreasiin jadi amplop unyu nggemesin. Kayak gini, nih.

Kertas aja bisa jadi keren gini via id.pinterest.com

Jangan pernah sekali-sekali kamu meremehkan eksistensi kertas ini, guys. Selain buat jadi bungkus kado, ada juga kreasi amplop yang bisa kamu kreasikan. Bahkan, kamu bisa sulap kertas kado ini tanpa menggunakan lem. Cocok nih buat kamu yang punya peralatan tulis yang nggak selengkap anak sekolah.

6. Bahkan, dari pola kertas berbentuk hati, amplop bisa dibuat. Penuh perasaan nih amplopnya.

Amplop atas nama cinta. via pinterest.com

Ada sebuah kreasi unik nih yang terbuat dari kertas biasa. Yang membuat ga biasa adalah bentuknya yang berbentuk heart. Dan yang lebih unik adalah, setelah melewati proses lipat-melipat, ternyata bisa lho diubah jadi amplop yang unyu. Nggak sabar buat nyoba bikin, ya?

7. Kertas Doily atau yang biasa jadi alas piring, bisa kamu manfaatin jadi amplop. Unyu-unyu maksimal~

Alas meja aja bisa jadi amplop. via www.ohhidiy.com

Perlengkapan yang ada di meja makan kadang dipandang sebelah mata. Banyak lho ternyata yang bisa dimanfaatkan buat kerajinan tangan yang kece dan punya nilai jual tinggi. Kamu punya kertas doily? Yes, kertas yang biasanya dipakai buat jadi alas piringmu wakut makan. Dengan tekstur yang mudah untuk dilipat dan motif yang klasik bisa kamu pake buat jadi amplop. Apalagi buat kamu yang suka banget sama barang yang berbau vintage, wah cocok banget nih.

8. Amplop hitam bagus juga lho. Kamu bisa banget nambahin tulisan dengan spidol putih untuk kesan seperti papan tulis

Black always be the simplicity. via pinterest.com

Kesan klasik dan nostalgia dari menulis di blackboard bisa kamu bawa lho untuk tema di amplopmu. Setelah kamu bisa buat melipat-lipat kertas menjadi amplop, kamu hanya perlu mendapatkan kertas berwarna hitam. Setelah itu, tonjolkan kesan blackboard itu dengan menulis menggunakan spidol warna putih. Bisa kamu dapatkan di toko alat tulis mana aja. Nggak kalah bagus, kan, guys.

9. Ada buku yang sekiranya udah nggak kepake? Coba deh bikin amplop. Vintage abis.

Daripada sobek-sobek ga jelas, sulap! via pinterest.com

Sebagai salah satu insan yang hidup di dunia yang semakin kreatif, kamu juga harus bisa memanfaatkan barang-barang tak terpakai yang ada di sekitarmu. Selain untuk menghemat, kreatifitasmu makin oke juga dong pastinya. Buat amplop dari buku bekas nggak mustahil lho, guys. Dengan motif tulisan-tulisan akan membuat amplopmu beda daripada yang lain. Tambahan buat para pecinta hal-hal vintage, kamu akan dibuat bahagia dengan kreasi amplop ini.

10. Kertas coklat yang biasanya kamu pake buat bungkus paket, bisa jadi amplop juga, guys.

Yang ga funsi punya nilai jual tinggi via pinterest.com

Kalau mau ngirim paket, biasanya banyak nih yang pake kertas coklat untuk bungkusnya. Kalau ada kertas-kertas sisa, jangan dibuang. Kamu bisa pakai kertas yang terkesan biasa banget ini jadi amplop yang nggak kalah keren, lho. Kamu perlu menyiapkan alat untuk melubangi kertas buat memberi lubang di tepiannya. Kalau kamu kirim surat pakai amplop ini, pasti pak Pos atau kurir pengirimnya nggak akan membiarkan kirimanmu ini lecet. Hehehehe.

11. Kertas lipat banyak sisa? Pake aja, bisa disulap jadi amplop lucu dengan origami a la jepang

Origami lucu eh jadi amplop. via origami.lovetoknow.com

Pernah hobi berkreasi dengan origami? Wah, ini patut buat kamu coba nih. Kalau kamu punya banyak stok kertas lipat, manfaatkan kertas berbentuk persegi ini sebagai amplopmu. Nggak perlu banyak lem untuk merekatkan sisi-sisi tepiannya. Cukup kasih selotip di bagian depan untuk merekatkan permukaan amplopnya. Taraaa! Jadi deh. Kertas lipatmu bisa kepake lagi.

Dari 11 kreasi amplop yang bisa dibikin sendiri ini, mana nih yang pingin segera kamu bikin, guys?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya