Tuhan sudah menyiapkan bahan-bahan alami yang kaya akan manfaat untuk merawat tubuh kita, termasuk wajahmu yang cantik jelita. Jangan buru-buru termakan iklan produk perawatan wajah yang terbuat dari bahan kimia. Apalagi jika produk tersebut menawarkan cara instan untuk mendapatkan wajah bening nan terawat.

Masih ingat tulisan Hipwee Tips tentang bahaya krim wajah? (BACA LAGI: 7 Dampak Negatif Dari Pemakaian Krim Malam. Yakin, Masih Mau Langganan?). Sekarang kita belajar dari kisah nyata yang dialami Asmida, hmm… siapakah dia?

1. Perkenalkan Asmida, gadis 19 tahun asal Malaysia yang baru-baru ini viral di dunia maya

Akun instagram Asmida via instagram.com

Asmida adalah mahasiswa sebuah politeknik di Melaka, Malaysia. Foto wajahnya yang rusak beberapa minggu ini viral di dunia maya. Tak hanya orang Malaysia yang ramai-ramai mencari Instagramnya untuk mengonfirmasi berita ini. Banyak pula akun-akun asal Indonesia yang ikut komentar di instagram @asmidawahab.

Secara mendadak, Asmida pun menjadi gadis yang sedikit-banyak menginspirasi banyak kaum hawa, karena kejujurannya mengenai krim-krim wajah berbahan kimia itu tak selalu aman untuk digunakan.

2. Wajah Asmida terus berubah, dari cantik jelita sampai tidak ada mulus-mulusnya, kok bisa?

Advertisement

Perubahan wajah Asmida dari waktu ke waktu via instagram.com

Dalam posting-an Instagramnya, kita dapat melihat perubahan wajah Asmida. Foto paling kiri diunggah sekitar 20 minggu yang lalu. Sementara yang tengah diunggah 7 minggu kemudian, kita bisa melihat sudah ada semacam jerawat yang tampak disana. Dan yang paling kanan diunggahnya sekitar 2 minggu lalu. Parah banget, ya?

3. Kerusakan pada wajah Asmida disebabkan oleh produk perawatan wajah yang digunakannya

Postingan Asmida di medsos via instagram.com

Asmida menjelaskan bahwa kerusakan pada wajahnya disebabkan oleh penggunaan produk kecantikan yang selama ini rutin ia pakai. Di beberapa posting-an sebelumnya dia sempat menduga juga bahwa kerusakan ini justru disebabkan karena ia berhenti memakai kosmetik itu.

Sayangnya, Asmida tidak menyebutkan apa nama produk itu demi keselamatannya.

4. Lewat foto-foto yang diunggahnya, dia ingin kita berhati-hati memilih produk kecantikan

Postingan 3 minggu lalu via instagram.com

Kepercayaan diri Asmida untuk mengunggah foto-fotonya meski wajahnya tak lagi jelita adalah karena pesan yang ingin dibawanya. Dia ingin kita lebih berhati-hati saat memilih produk perawatan wajah.

Ada beberapa bahan kimia dalam produk kecantikan yang perlu kita waspadai: merkuri (hg), hidrokinon, asam retinoat/ tretionin/ retionic acid, resorsinol, DEG, Timbal (Pb), bahan pewarna, aluminimu, DEA, TEA, MEA, SLS/ALS, paraben, propylene glycol, isopropyl alcohol, DBP, parfum sintesis, petrochemicals.

Duh banyak banget, ya? Hati-hati aja pokoknya, guys 🙁

5. Mulai sekarang mending pakai yang alami-alami aja deh, jelas nggak ada efek sampingnya

Perawatan wajah alami dengan mentimun via wedding.kazan.ru

Sekarang kamu paham ‘kan kenapa Hipwee Tips lebih sering memberikan tips perawatan wajah alami? Meskipun agar ribet dikit dan prosesnya lumayan lama, tapi efeknya luar biasa. Yang perlu digarisbawahi, efek sampingnya jauh lebih rendah dibandingkan produk berbahan kimia.

BACA LAGI: 6 Bahan Alami Pengganti Sabun Cuci Muka, Anti Jerawat dan Komedo Juga

6. Terima kasih sudah berbagi Asmida, semoga segera disembuhkan dan bisa kembali cantik mempesona!

Sudah menjalani masa pengobatan via instagram.com

Kini Asmida sudah dirawat oleh ahli penyakit kulit di rumah sakit Pemerintah Malaysia. Dokternya mengatakan bahwa wajahnya bisa sembuh namun membutuhkan waktu. Tetap kuat dan semoga disegerakan kesembuhannya ya, Asmida 🙂

Semoga do’a-do’a terbaik dari pengguna Instagram ini juga terkabul, ya. Amiiin…

Amiiin @asmidawahab via www.instagram.com

Memang tak seharusnya kita menggantungkan keadaan wajah kita sepenuhnya kepada produk-produk berbahan kimia. Selain harganya yang tergolong ‘mencekik’, produk-produk tersebut juga lebih banyak risiko jika digunakan dalam waktu yang lama. Selama kita rajin menjaga kebersihan serta pola hidup, wajah atau tubuh yang sehat takkan mustahil untuk didapatkan. Cheers!

Suka artikel ini? Yuk follow Hipwee di mig.me!