Penggunaan internet saat ini memang makin menggila. Bukan hanya masyarakat di kota-kota besar saja, tapi di daerah terpencil juga. Mereka pun berselancar di dunia maya tidak lagi melalui satu gadget. Karena kini ponsel, laptop, dan jam tangan pun memakai internet. Jika mengandalkan paket data dari ponsel sendiri pasti bikin boros, maka dari itu kamu dengan penuh senang hati memanfaatkan wifi gratis deh.

Namun, penggunaan wifi gratis sering bikin kamu cemas lantaran keamanannya yang nggak terjamin. Yah namanya juga gratis dan tersedia di tempat umum, tentu ada kemungkinan datamu kenapa-napa. Supaya kamu bisa dengan tenang memakai wifi gratis, tips ini wajib kamu simak. Aman dan nggak bikin kamu was-was.

1. Ketahui nama wifi gratis dengan menanyakan kepada petugasnya

tanyakan ke petugas kafe via possector.com

Ketika berada di tempat umum, biasanya kamu akan menemukan cukup banyak nama wifi gratis yang tersedia. Hal ini membuatmu tergiur untuk menggunakan, terutama wifi yang tak memerlukan password. Jika kamu berada di kafe atau restoran, sebaiknya kamu tanyakan ke pelayan untuk mengetahui nama wifi dan password. Dengan begitu, gadget kamu dapat terhindar dari wifi gratis yang berbahaya.

2. Hindari mengakses informasi-informasi penting. Tahan dulu ya untuk mengakses layanan perbankan dan belanja online

hindari akses pribadi via developerscourt.com

Advertisement

Satu hal penting yang harus kamu tahu saat memakai wifi gratis yaitu tidak mengakses situs yang memerlukan informasi penting. Misalnya saja membuka surel, layanan perbankan, dan belanja online yang membutuhkan nomor telepon atau transaksi perbankan. Oleh karena itu, disarankan kamu hanya browsing saja supaya gadget kamu aman.

3. Pilih situs yang menggunakan https aman karena sudah terenskripsi

gunakan yang ada https via www.greengeeks.com

Situs yang https-nya aman berarti segala informasi yang kamu kirim dan diterima sudah terenkripsi dengan baik. Oleh karena itu, kamu harus pastikan kalau website yang dikunjungi ada https-nya. Jika https tidak aman, maka bisa saja orang jahat mengambil informasi penting darimu untuk keuntungannya.

4. Tidak mengganti password selama gunakan wifi gratis untuk mengindari kemungkinan terburuk

jangan ganti password sembarangan via www.entrepreneur.com

Untuk menjaga keamanan gadget dan akun kamu, sebaiknya pilih pergantian password tidak menggunakan wifi gratis. Karena rawannya pencurian data di tepat umum, apalagi kamu menggunakan wifi gratis yang rentan tercuri berbagai informasi penting. Jika ingin mengganti, pilihlah wifi pribadi atau kantor yang keamanannya terjamin.

5. Jangan mengatur otomatis gadget dengan wifi agar tidak mudah terkena virus dan terakses oleh orang lain

jangan pasang otomatis via www.huffingtonpost.com

Keamanan gadget kamu dan berbagai informasi yang diakses bisa tetap aman dengan tidak secara otomatis terhubung wifi. Hal ini untuk mencegah akun kamu diretas dan mudah terkena virus. Lebih baik kamu buat pengaturannya manual saja biar lebih aman dan terkendali. Untuk lebih amannya, klik forget supaya nggak muncul atau terhubung lagi ya.

6. Biasakan untuk log out akun kamu, hingga remove akun

log out dulu via personal.natwest.com

Sesibuk-sibuknya kamu, sebisa mungkin untuk tidak pernah melupakan log out akun pribadi. Hal ini untuk mencegah mudah diretasnya akun kamu sehingga berbagai informasi tersebar dan didapat para hacker.

7. Matikan wifi jika sudah selesai memakainya. Biasakan dari sekarang yuk

matikan wifinya via www.pcworld.com

Kamu bisa mematikan wifi jika sudah tidak memakainya lagi. Hal ini berguna untuk melindungi laptop atau ponsel kamu, sekaligus menghemat daya baterai. Koneksi internet yang masih tetap berjalan juga bisa membuatmu terlacak, sehingga keberadaanmu mudah diketahui.

Memakai wifi gratis bukan lagi jadi soal karena kamu bisa dengan aman menggunakannya. Namun, kamu tetap harus waspada agar tak sembarang mengunjungi berbagai situs yang membutuhkan informasi penting pribadi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya