Bagi masyarakat Indonesia, terlebih mereka yang hidup di daerah pedesaan tentunya berbagi sembako dengan para tetangga atau orang lain bukanlah hal yang baru. Hal tersebut merupakan pemandangan biasa yang bisa dengan mudah kita temui. Bahkan, di beberapa daerah di Indonesia, berbagai sembako sudah seperti budaya yang dilestarikan.

Selain sebagai kebutuhan primer rumah tangga, ternyata sembako juga memiliki andil besar dalam membangun hubungan bermasyarakat lo. Nah, bagi kalian yang mungkin baru saja melihat fenomena ini, masyarakat seringkali berbagi sembako dalam acara-acara seperti di bawah ini, kita simak yuk!

1. Sembako menjadi barang penting untuk dibagikan ketika masyarakat tengah melakukan gotong royong

Kegiatan gotong royong via www.kbknews.id

Advertisement

Dalam kegiatan gotong royong, masyarakat sekitar sering menyumbang sembako seperti teh, gula, beras, dan makanan instan untuk kemudian dikonsumsi bersama-sama. Hal tersebut nantinya akan dimasak dan diolah bersama, dan biasanya dilakukan oleh para ibu-ibu.

2. Selain gotong royong, acara pernikahan juga menjadi salah satu momen yang paling sering untuk berbagi sembako antar masyarakat

Sembako juga sering disumbangkan saat acara pernikahan via www.banyumasekspres.id

Menyumbang kepada keluarga yang sedang berbahagia nggak selalu dengan uang lo, beberapa masyarakat di Indonesia menggunakan sembako sebagai sumbangan untuk keluarga mempelai yang tengah menikah. Nantinya sumbangan tersebut akan diolah dan dinikmati bersama dengan para tamu undangan.

3. Ternyata, sunatan juga salah satu acara di mana masyarakat sering berbagi dan menyumbang sembako sebagai bentuk perhatian mereka terhadap tetangga

Masyarakat seringkali menyumbang sembako di acara sunatan via regional.kompas.com

Siapa sangka jika ternyata sembako juga menjadi barang penting yang disumbangkan di acara sunatan. Nggak main-main, bentuk sembako yang disumbangkan begitu beragam lo mulai dari teh hingga beras dan minyak goreng.

4. Dalam momen duka, sembako juga menjadi bantuan nomer satu yang disumbangkan oleh masyarakat kepada keluarga yang tengah berduka

ilustrasi suasana duka via www.sesorah.com

Advertisement

Mungkin bagi beberapa orang, menyumbang sembako di momen duka merupakan hal baru dan asing. Namun bagi masyarakat pedesaan, fenomena semacam ini merupakan hal yang wajar terjadi. Sembako yang disumbangkan biasanya berbentuk teh, gula, telur, dan beras.

5. Menjelang hari raya lebaran, sembako menjadi hantaran untuk berkunjung ke rumah sanak saudara

Sembako seperti barang wajib dibawa untuk berkunjung ke rumah saudara saat lebaran via www.onlinepantura.com

Bagi masyarakat yang menjunjung tinggi adat lokal, tentunya hal semacam ini merupakan hal yang biasa. Membawakan sembako sebagai hantaran saat berkunjung ke rumah sanak saudara ketika momen lebaran juga merupakan bentuk perhatian antar keluarga besar.

6. Kalau kalian juga memperhatikan, di dalam acara pengajian masyarakat juga sering bantu-membantu dalam bentuk sembako lo

Ilustrasi acara pengajian via jatman.or.id

Dalam acara yang bersifat melibatkan banyak orang seperti pengajian, sembako terkadang merupakan hal yang wajib disumbangkan per kepala keluarga. Biasanya nanti sudah terdapat bagian-bagiannya sendiri siapa yang harus membawa minuman ataupun makanan.

7. Masyarakat juga sering menikmati hasil sembako bersama pada acara selamatan, kompak banget kan, dari warga kembali lagi ke warga

Berbagi sembako di acara selamatan via disparbud.gresikkab.go.id

Acara selamatan juga momen yang paling sering ditemukan fenomena di mana masyarakat saling menyumbang sembako dalam berbagai bentuk untuk dinikmati bersama para warga sekitar. Ibarat dari masyarakat kembali kagi ke masyarakat sendiri, begitulah budaya berbagi sembako dalam acara selamatan ini.

8. Pada acara hiburan masyarakat, makanan yang dihidangkan biasanya juga berasal dari sumbangan sembako oleh warga sendiri

Hiburan masyarakat via tribratanewstuban.com

Dalam acara hiburan masyarakat, sebenarnya tak terlalu banyak jenis sembako yang disumbangkan. Namun beberapa barang seperti teh dan gula menjadi hal yang bisa dengan mudah kita temukan.

9. Pada waktu-waktu tertentu, sembako menjadi kebutuhan utama yang disalurkan sebagai bentuk bantuan sosial terhadap sesama

Sembako sebagai bantuan sosial via www.lintasrakyatntb.com

Yang paling utama dan paling sering, sembako dapat menjadi bantuan sosial utama bagi mereka yang membutuhkan selain pakaian layak pakai. Jenis yang disumbangkannya pun begitu bermacam-macam, mulai dari air mineral, makanan cepat saji, hingga bahan-bahan pokok. Biasanya dapat kita jumpai pada bantuan-bantuan bagi korban bencana.

Nah, ternyata banyak banget kan kegunaan sembako di masyarakat kita ini. Semoga dengan artikel ini kalian lebih membuka mata dengan fenomena sosial yang ada di sekitar ya!

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya