Hampir setiap orang di dunia ini punya warna favorit. Uniknya, warna favorit ini juga bisa menunjukkan karakter kita yang sebenarnya. Bukan cuma itu, warna favorit juga bisa memengaruhi mood kita. Karena itulah, jika mau mengubah mood jadi lebih baik, bermain-main dengan warna bisa jadi satu jawaban.

Nggak perlu ribet kok kalau ingin mengangkat mood dengan bermain warna. Cukup praktikkan beberapa tips dari Hipwee di bawah ini saja! 😀

1. Warna biru menunjukkan kepribadian yang kalem. Tambahkan saja ornamen warna biru dalam kamarmu agar mood lebih adem

Cukup dengan menghiasi meja dengan ornamen berwarna biru

Cukup dengan menghiasi meja dengan ornamen berwarna biru via decorbycolor.com

Advertisement

Warna biru umumnya diasosiasikan dengan ketenangan, kebijaksanaan, perlindungan, dan kesetiaan. Penyuka warna ini biasanya terlihat kalem, tenang dalam menghadapi persoalan, dan cenderung stabil. Hasil penelitian juga menunjukkan kalau ruangan dengan warna biru dapat meningkatkan produktivitas karyawannya. Karena warna biru dipercaya dapat menenangkan dan meningkatkan daya imajinasi.

“Terus kalau mau produktif ngerjain tugas kuliah tapi nggak punya ruangan yang warna biru gimana?”

Nggak perlu khawatir, karena mendominasi warna ruangan itu nggak harus melulu dengan mengecat ulang. Kalian bisa mencoba bermain warna di bagian pernak-pernik dan ornamen lain yang ada di sekitar kalian. Ini bisa dilakukan dengan mengumpulkan barang-barang yang berwarna biru dan meletakkannya di sekitar meja kerja/meja belajar kalian. Gampang ‘kan?

2. Pecinta warna hijau menyukai alam dan kesejukan. Cat dinding kamarmu jadi hijau untuk tidur yang lebih tenang.

Cat jadi hijau

Cat jadi hijau via www.giesendesign.com

Advertisement

Hijau itu erat kaitannya dengan alam dan kesejukan. Pengagum warna ini biasanya selalu berusaha untuk tampil alami, apa adanya. Mereka juga biasanya tipikal orang yang santai dan nggak neka neko.

Untuk memberikan kesan adem, memakai outfits warna hijau juga layak dipertimbangkan. Apalagi di tengah musim kemarau yang panasnya berasa di gurun sahara seperti sekarang. Selain itu, kalian yang mungkin merasa kecapaian dan sulit tidur karena kepikiran banyak tugas dan ujian, mendekorasi kamar jadi serba hijau juga patut dicoba. Misalnya, dengan mengecat dinding jadi hijau dan mengganti gorden/sprei dengan warna hijau. Niscaya tidurmu akan lebih lelap dan tenang.

3. Warna merah identik dengan sifat optimis dan dominan. Cocok menghias dapur, warna ini juga bisa menambah nafsu makan!

Warna merah di dapur

Warna merah di dapur via design-homes.ru

Berani itu merah. Katanya sih para pengagum warna merah itu identik dengan optimis dan kuat. Warna ini juga ternyata memiliki efek yang memeriahkan dan membangkitkan semangat. Dominasi warna merah akan sering kali kita temui pada tempat makan. Mereka mengecat dan mendesain tempat mereka dengan warna ini bukan tanpa sebab. Alasannya warna merah juga ternyata dapat membangkitkan selera makan lho. Nah, karena itu coba deh menambah aksen warna merah di dapur atau ruang makanmu. Niscaya, bisa menambah nafsu! Berani mencoba?

4. Mereka yang suka warna pink punya sifat penyayang. Bantal warna pink dalam kamar bikin suasana jadi tenang

Degradasi dari warna merah ini emang katanya warna cewek banget. Tapi belum tentu lho… Ada juga cowok yang tertarik dengan warna ini karena memang warna ini melambangkan ketenangan dan juga kasih sayang. Penyuka warna ini biasanya tutur katanya halus dan paling nggak bisa lihat ada orang susah di sekitar dia. Mereka tipikal orang-orang penyayang dan gampang kasihan.

Efek “penyayang” ini bisa bikin kamu merasa lebih tenang. Jadi, gak ada salahnya menaruh bantal atau boneka yang berwarna pink di tempat tidurmu. Daripada disimpan di lemari? Lebih baik dimanfaatkan supaya suasana kamarmu jadi tenang.

5. Kamu penyuka warna oranye adalah pribadi yang penuh energi. Coba deh isi energimu dengan background laptop/HP warna ini

Laptop oranye

Laptop oranye via wallpapercave.com

Warna ini sering diidentikkan dengan buah jeruk Sunkist atau matahari. Nggak heran kalau warna ini selalu memberikan kesan cerah, fresh, meningkatkan energi. Penggila warna oranye biasa supel dan selalu tampil ceria dalam tiap suasana.

Yang lagi ngerasa buntu karena kehabisan ide untuk mengerjakan sesuatu, bisa nyobain ganti background laptop dan HP kalian dengan dominasi warna oranye. Karena penelitian juga menunjukkan kalau warna ini dapat meningkatkan kreativitasmu. Meskipun begitu, pengaplikasian warna oranye yang terlalu dominan tidak disarankan di dalam kamar, karena warna ini akan cenderung membuat kita jadi ‘awas’. Hal ini tentu saja akan membuat kita sulit tidur dengan nyenyak.

6. Mereka yang suka cokelat adalah pribadi mapan. Furnitur berwarna ini akan di dalam kamar akan memberi kesan awet dan elegan

Warna coklat pada perabotan memberikan kesan modern

Warna coklat pada perabotan memberikan kesan modern via prisluga.net

Penggemar warna coklat biasanya orangnya praktis. Warna ini juga melambangkan keamanan dan kestabilan. Nggak heran kenapa hampir semua tas ataupun dompet cewek atau cowok warnanya coklat. Karena warna ini netral dan digemari semua kalangan usia.

Nah kamu yang lagi bosan dengan kamar atau rumahmu dan ingin memberikan kesan yang lebih modern, bisa coba mengganti perabot atau furniture-mu dengan warna ini. Perpaduan warna coklat yang terdiri dari gradasi warna gelap dan terang ini dapat memberikan kesan elegan dan modern.

7. Warna kuning efektif bikin semangat. Kalau akhir-akhir ini kamu sedang sulit konsentrasi, kembalikan saja mood-mu dengan highlighter warna ini

Highlight kuning

Highlight kuning via poetsandwriters.tumblr.com

Warna kuning melambangkan semangat dan jiwa muda. Itulah kenapa penyuka warna ini biasanya selalu terlihat muda dan tampil mempsona. Terang aja, karena warna ini memang cenderung menarik perhatian orang.

Warna ini juga dipercaya dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi saat bekerja dan belajar. Jadi kalau kamu lagi ngerasa sulit konsentrasi akhir-akhir ini, bisa nyobain menandai atau men-highlight tugas dan catatanmu dengan  spidol atau highlighter warna kuning. Agar memudahkanmu untuk memusatkan fokusmu pada hal-hal yang penting sewaktu membaca atau mengerjakan tugasmu.

7. Misterius dan sulit ditebak? Itu sifat si penyuka warna hitam. Warna ini juga memberikan kesan yang elegan dan netral

Baju hitam

Baju hitam via taaasty.com

Orang-orang penggemar warna hitam memang terkesan misterius dan sulit ditebak. Namun di sisi lain mereka juga sederhana dan apa adanya. Warna ini memang memberikan kesan elegan dan netral. Tapi warna ini juga sering dikaitkan dengan suasana duka dan kesedihan.

Nah untuk kamu yang pengen pergi ke satu acara terus jadi BT gara-gara kelihatan gendutan, sebelnya jangan lama-lama ya.. Karena kamu bisa banget menggunakan trick dengan outfit warna hitam. Hanya dengan mengganti penampilanmu dengan pakaian warna ini, kamu langsung terlihat lebih langsing dan elegan. Nggak percaya? Sok, langsung dicoba..

 

8. Warna putih melambangkan sifat innocent. Warna putih juga mengangkat mood secara instan dan membuat kamarmu terlihat lebih lapang

Kamar sempitmu jadi terkesan luas dengan cat warna putih

Kamar sempitmu jadi terkesan luas dengan cat warna putih via alatkitchen.tk

Semua orang akan setuju kalau warna putih ini melambangkan ketulusan, kemurnian dan kesucian.  Penggemar warna ini cenderung kalem, tulus, dan penyuka kebersihan.

Nah kalau kamu ngerasa ruangan atau kamarmu terlihat sempit, mungkin sekarang waktunya kamu bermain-main dengan warna putih. Kalau ada dana lebih, sesekali alokasikan untuk mengecat ulang kamarmu dengan warna ini. Karena selain memberikan efek lapang dan luas, warna putih juga netral jadi gampang dikombinasikan dengan dekorasi dan ornamen warna lain.

Ternyata warna menyimpan banyak makna dan manfaatnya ya. Selain menunjukkan siapa kita, warna juga bisa dijadikan trick instan untuk mengubah mood kita. Daripada terus-terusan penasaran, kenapa nggak segera dicoba aja? 😀

Advertisement