Aktivitas padat sehari-hari pasti membuatmu kerap kali bertemu orang baru, namanya juga makhluk sosial, ‘kan? Ini nih yang bikin deg-degan karena khawatir ketika berkenalan, kerap kali kamu sulit mengatasi kecanggunan dan bingung mencari pembicaraan yang pas saat bertemu orang baru. Maklum, hati biasanya was-was lantaran takut nggak bisa berikan kesan baik. Atau paling tidak, momen pertemuan kalian nggak awkward banget lah.

Untuk itu sebelum berkenalan, sebaiknya kamu sudah pikirkan langkah-langkah seperti apa yang akan dilakukan saat berkenalan sama orang baru. Hal ini sebagai antisipasi supaya nggak ada lagi momen awkward yang kamu alami, hehe. Simak 8 langkah berikut ini yang bisa kamu terapkan ketika bertemu orang baru.

1. Berikan senyuman manis sebelum mulai percakapan kepada orang baru supaya kesan ramah dirimu akan melekat

disenyumin ya via www.instagram.com

Advertisement

Senyum adalah bahasa universal dunia untuk memberikan kesan ramah saat perkenalan. Jadi sebelum memulai percakapan, kamu bisa tersenyum manis dulu ketika berpapasan dengan orang baru. Karena dengan sebuah senyuman, kamu sukses berikan kesan ramah, sehingga momen perkenalan kalian selanjutnya akan terasa nyaman.

2. Sapalah dengan kata-kata hangat yang mengandung perhatian kepadanya, seperti ‘Halo, gimana kabarmu?’. Lambat laun dia akan nyaman bicara denganmu

sapa dengan kata-kata hangat via www.wowamazing.com

Hal selanjutnya yang wajib kamu lakukan setelah tersenyum yaitu ucakan kalimat sapa. Kamu bisa menyapanya menggunakan kata-kata hangat seperti: ‘Halo, gimana kabarmu?’. Dengan interaksi awal yang penuh kehangatan, maka nggak cuma dia saja yang bakal nyaman, tapi kamu juga.

3. Perhatikan tinggi-rendahnya suara. Biasakan untuk pelan, namun tetap terdengar dan terkesan menyenangkan

perhatikan nada suara via www.soompi.com

Selama percapakan dilakukan, cobalah untuk mengatur nada suara. Kamu perlu perhatikan tinggi-rendahnya suara selama berbicara. Biasakan bersuara pelan, tapi tetap bisa terdengar lawan bicara. Jangan lupa untuk sedikit tersenyum sambil mengobrol agar pembicaraan kalian terkesan menyenangkan.

4 Gunakan topik-topik ringan yang tetap berisi setelah saling menyapa. Lama-lama obrolan kalian pasti seru

bahas topik-topik ringan via unsplash.com

Advertisement

Pilih topik-topik ringan selama mengobrol, namun bukan bahas yang receh juga. Kalian bisa membicarakan tentang makanan kantin kantor, film, atau diskon yang lagi diadakan online shop maupun pusat perbelanjaan. Dijamin, lama-lama obrolan kalian pasti seru.

5. Cobalah perhatikan saat dia berbicara dan hindari sibuk dengan ponsel supaya dia merasa keberadaannya dihargai

perhatikan dia berbicara via www.yogajournal.com

Salah satu cara bisa sukses berikan kesan positif saat pertama kali bertemu yaitu perhatikan lawan bicara ketika sedang mengobrol. Kamu pun disarankan sekali untuk tidak sibuk dengan ponsel. Karena orang yang sedang bicara, lalu orang-orang di sekitarnya malah sibuk sama ponselnya, maka dia akan merasa nggak dihargai.

6 Jangan mulai duluan bahas tentang hal pribadi karena tak semua orang mau terbuka tentang hal ini

jangan singgung hal pribadi via www.theverge.com

Namanya juga pertemuan pertama, maka kamu sebaiknya hindari menyinggung pembicaraan ke hal-hal pribadi. Selain karena belum tahu karakter orangnya, toh nggak semua orang terbuka tentang hal itu. Makanya, sebelum dia yang mulai duluan, kamu mendingan jangan menyebut hal-hal pribadi selama percakapan terjadi. Hehe.

7. Pikirkan kesamaan yang kira-kira kalian miliki. Kalau sudah tahu, suasana pasti akan lebih cair

cari kesamaan kalian via skyevon.com

Jangan lupakan untuk kepoin orang baru yang akan kamu temui. Karena siapa tahu dia punya kesamaan denganmu. Nah, kalau sudah tahu apa saja kesamaan kalian, hal ini tentu menjadi lebih gampang untuk mencairkan suasana pertemuan. Semisal obrolin tentang sepak bola, kuliner atau buku.

8. Ucapkan ‘terima kasih’ dan ‘sampai bertemu lagi ya’ saat mau berpisah. Kalau beruntung, kamu bisa minta kontaknya biar perkenalannya bisa semakin akrab

minta kontaknya via www.moneycrashers.com

Kalau kamu merasa nyaman dengan orang baru tersebut, nggak ada salahnya minta kontaknya ya. Tapi, hal itu bisa kamu lakukan setelah ucapkan ‘terima kasih’ dan ‘sampai bertemu lagi ya’. Hal ini agar kesan pertemuan kalian benar-benar positif dan semakin akrab.

Mau kamu orangnya pemalu atau gampang sekali canggung, nggak ada salahnya coba terapkan 8 hal tadi. Karena untuk bertemu orang baru pertama kali itu memang sebaiknya ketahui tips dan triknya biar nggak mengalami momen awkward lagi.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya