Kesehatan adalah investasi masa depan. Tak melulu hanya menjaga kesehatan badan dengan olahraga dan konsumsi makanan yang sehat, kamu juga kudu merawat otakmu agar tetap segar. Gak jarang masalah, hidup yang monoton, dan stres seringkali bikin sel-sel otak jadi terdegradasi. Bahkan juga bisa berakibat kamu menjadi cepat pikun.

Tentu kamu gak mau ‘kan hal ini terjadi? Nah, demi otak yang lebih sehat dan segar, 7 tips ini bisa menjadi andalan untuk perawatannya. Simak baik-baik ya.

1. Berduaan dengan buku-buku memang bikin otakmu makin cerdas, tapi jangan lupa untuk mulai berbincang dengan orang agar otakmu bisa menjadi sigap.

Biar otak sehat, ngobrol sama orang asing via mirrorshow.blogspot.com

Bacaan dan informasi baru adalah makan lezat bagi otak. Seringkali kamu mengandalkan baca buku dan berduaan dengan gawai menjadi andalan untuk menyerap berita baru. Sehingga lupa untuk menyapa orang-orang di sekitar.

Padahal berinteraksi pada orang baru bisa bikin otakmu lebih bugar lho. Otak yang sudah lelah dengan banyaknya tugas kuliah atau pekerjaan bikin pikiran tak fokus dan stres. Nah, berbincang dengan orang asing bikin kamu lebih fokus karena ada upaya “penyelidikan” dari otak kalau lawan bicaramu memang aman. Tak hanya itu, keterlibatan otak dalam upaya mengambil kesimpulan dari percakapan dengan orang baru juga bikin otakmu lebih aktif. Jadi, jangan malu ngobrol sama orang asing di sebelahmu ya, misalnya di kereta, bus, atau pesawat. Yah, kalau masih jomblo, siapa tahu juga ketemu jodoh.

2. Tak melulu harus traveling jarak jauh, pergi ke tempat baru membuat otakmu tak lagi jenuh.

Advertisement

Cara agar otak encer dan kreatif via drewbrown.photoshelter.com

Mengunjungi tempat-tempat baru adalah obat stress yang manjur. Gak harus pergi ke tempat jauh dan mengeluarkan banyak uang kok. Kamu bisa berkunjung ke taman kota atau rumah saudara. Jalan-jalan dan nikmatilah pemandangan baru. Lupakan sebentar soal pekerjaan dan tugas-tugas. Beranjaklah dari meja kerja. Kebiasaan ini ampuh untuk menghilangkan rasa depresi. Selain itu, suasana baru dan atmosfer di luar ruangan bikin otakmu  menjadi lebih produktif.

3. Layaknya anak-anak, kadang otak kita juga bosan mendengar kata “jangan”, “tidak”, dan hal negatif lainnya. Kalimat positif bikin otakmu berkembang baik.

Cara agar otak encer dan cerdas via unsplash.com

Apa yang kamu lakukan saban hari bisa menjadi kebiasaan karena kerja otak. Namun, banyak orang yang justru menanam benih yang tidak baik pada kebiasaan. Misalnya dengan kata tidak, jangan, gak boleh, dan kalimat negatif lainnya. Meski sepele, hal ini rentan bikin otak lebih sering bikin kesimpulan aku gagal dan aku gak bisa. 

Jadi, gak ada salahnya kamu mulai mengubah kebiasaan agar otakmu lebih produktif. Gunakan kata ganti lain untuk hal-hal negatif, kayaknya lebih baik begini deh, risiko lebih besar, kemungkinan berhasil lebih kecil. Ketika kamu bisa reframing dan menjadi kebiasaan, otakmu tak mudah gegabah untuk menyimpulkan kalau kamu gak bisa. Otakmu pun bisa menjadi lebih positif dan sigap lagi.

4. Berdoa atau meditasi bukan hanya bikin hati lebih tenang, otakmu juga bisa lebih tajam dan fokus. Setidaknya lakukanlah minimal 12 menit dalam sehari.

Cara agar otakmu encer dan cerdas via unsplash.com

Olahraga agar otak tetap sehat itu ada banyak cara, salah satunya adalah meditasi. Kamu bisa melakukan sembari sembahyang atau berdoa harian. Ternyata hal ini bukan hanya bikin kamu lebih dekat dengan Tuhan, otakmu juga bisa jadi lebih tajam. Duduk, menghela napas, melakukan gerakan, lalu membaca doa atau membayangkan tempat kesukaan bisa bikin otakmu jadi lebih relaks. Kondisi ini bikin oksigen ke otak jadi lebih lancar dan pikiran tenang. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih ketajaman ingatan dan kerja otak yang fokus lho.

5. Jangan terlalu buang waktu untuk berlama-lama di ruangan negatif, di lingkungan yang positif kamu akan makin kreatif.

Cara agar otak sehat dan encer via www.fellowfollow.in

Tak dipungkiri  kondisi lingkungan di sekitar kita tak bisa dikontrol, tapi kamu bisa memilihnya mana yang kondusif. Nah, jika kamu ingin otakmu ingin tetap sehat dan berpikir kreatif, gak ada salahnya kamu coba pilih lingkungan yang positif. Bukan berarti lingkungan yang gak pernah melakukan kesalahan, tapi lingkungan yang mempunyai semangat dan optimis dalam suatu hal inilah yang jadi poin utama. Dengan cara ini, otakmu bisa lebih “terangsang” untuk lebih positif dan kreatif.

6. Rasa marah memang selalu ada. Agar otakmu gak terlalu tertekan, salurkan dengan cara yang tepat, curhat misalnya.

Cara bikin otak cerdas dan encer via favim.com

Banyaknya masalah seringkali bikin kamu marah atau stres. Tak dipungkiri hal ini bikin otakmu menjadi tak sehat. Nah untuk menghindarinya kamu bisa coba menyalurkan rasa marah atau energi negatifmu dengan cara yang tepat. Misalnya, curhat pada teman dekat, menangis, atau olahraga. Tanpa harus menunggu rasa marah bikin pembuluh darah di otak kencang, cara ini lebih baik kamu terapkan.

Otak adalah salah satu organ penting yyang harus kita jaga. Selain makan-makan yang bergizi, kebiasaan ini bisa kamu terapkan sekarang juga.

Selamat menerapkan ya.